Sukses

DIY Masker Kunyit yang Bantu Kulit Lawan Stres

Liputan6.com, Jakarta - Menghabiskan waktu lebih lama di rumah, Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk membuat sendiri masker wajah yang membantu kulit melawan stres. Bahan utamanya sangat sederhana, yakni kunyit.

Melansir laman video People, Jumat, 27 Maret 2020, langkah-langkah pembuatan masker berbahan dasar bumbu dapur ini diungkap ahli dermatologi Dr. Marina Peredo. Ia menyebut, masker satu ini jadi salah satu yang selalu diandalkan.

"Kunyit adalah rempah yang sangat luar biasa. Saya coba memasukkannya ke dalam smoothie, tapi rasanya ternyata kurang cocok. Jadi, saya memanfaatkannya sebagai masker wajah," ucapnya di rekam gambar tersebut.

Dr. Peredo mengatakan, asisten rumah tangganya lah yang pertama memperkenalkan masker kunyit tersebut. "Yang kalian butuhkan sangat sederhana," ucapnya. Bahan-bahannya berupa:

- bubuk kunyit

- yoghurt tanpa rasa

- madu

Dr. Peredo menjelaskan, masker kunyit biasanya cocok digunakan ketika kulit sedang breakout. "Stres juga bisa sebabkan breakout, makanya masker ini sangat cocok," ucapnya.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Langkah Pembuatan Masker

1. Masukkan empat sdm yoghurt ke dalam wadah.

2. Tambahkan 1/2 sdt bubuk kunyit

3. Masukkan 1 sdt madu

"Setelah semua bahan dimasukkan ke wadah, tinggal aduk rata," tutur Dr. Peredo. Setelahnya, masker bisa langsung diaplikasikan ke wajah yang sudah lebh dulu dibersihkan dan dikeringkan.

Dr, Perede mengatakan, tunggu 15--20 menit sebelum membilas masker dengan air bersih. "Setelah masker dibilas, Anda akan meihat kulit glowing dan merasakan sensasi segar dari kulit bersih," tuturnya.

Selain kunyit, sambung Dr. Perede, rempah lain yang bisa dimanfaatkan dengan kombinasi bahan ini adalah bubuk jahe maupun oatmeal.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut: