Sukses

Rumah Panggung Berunsur Modern nan Memukau, Bikin Leyeh-Leyeh Makin Nyaman

Liputan6.com, Jakarta - Rumah panggung makin jarang ditemui di berbagai tempat di Indonesia. Padahal, desain rumah ini jadi andalan leluhur untuk tinggal dalam harmoni bersama alam.

Sebuah rumah bertajuk Darmohill di Surabaya menerapkan konsep rumah panggung sebagai gambaran besarnya. Rumah karya arsitek Michael Lauw Studio itu menawarkan pesona desain rumah etnik modern dengan kayu sebagai material utama.

Lantas apa yang membuat rumah etnik modern ini begitu memukau? Berikut detail penjelasan yang disusun tim Arsitag.

Ruang Bawah yang Nyaman

Lantai rumah panggung diangkat cukup tinggi sehingga menciptakan ruang bawah luas yang bermanfaat untuk banyak aktivitas. Penghuni bisa bersantai atau sebagai ruang bermain anak.

Area bersantai di bawah terhubung langsung ke teras atas melalui anak tangga yang juga dari bahan kayu. Berkat sirkulasi udara yang baik, ruang bawah ini tak kalah nyaman dengan ruangan-ruangan di dalam rumah panggung. Kesan etnik semakin menonjol dengan penggunaan material bebatuan pada permukaan lantai.

Teras Atas Bernuansa Alami

Menyiasati terik panas matahari saat siang, pepohonan rindang sengaja ditanam di sekitar rumah. Elemen kayu dengan warna cokelat mengkilap di teras atas berpadu serasi dengan dahan-dahan dan dedaunan yang rimbun menghijau sebagai latar belakang.

Berkat pepohonan ini pula, sirkulasi udara di teras atas semakin sejuk dan segar. Pemandangan alami yang kental begitu terasa di area teras atas rumah panggung.

2 dari 5 halaman

Ruang Keluarga Etnik Modern

Perpaduan unsur etnik dan modern yang memukau tampak jelas di ruang keluarga. Material kayu mendominasi mulai dari langit-langit, dinding, lantai, pintu, jendela, hingga furniturnya.

Warna dan motif serat kayu dipertahankan khas alami sehingga mampu memberi kesan hangat. Ditambah karpet tebal, dudukan sofa yang empuk, bantal-bantal duduk, lampu meja minimalis, serta lukisan di dinding, semua memberi kesan mewah dan nyaman.

Nuansa modern semakin kental berkat gorden jendela tipe eyelet warna abu-abu. Gorden tipe eyelet yang menggunakan gantungan ring memang sangat cocok untuk ruangan hendak menampilkan gaya modern. Begitu pula dengan pilihan warna abu-abu yang identik dengan nuansa modern.

Pemasangan gorden floor to ceiling telah membuatnya menjuntai di lantai. Cara itu membentuk efek visual ruangan tampak lebih tinggi dan lebar.

3 dari 5 halaman

Dapur Kering Terbuka

Penerapan konsep interior terbuka atau open plan adalah menggabungkan ruang keluarga dan dapur kering di bagian belakang. Konsep interior terbuka menegaskan kesan ruangan lebih luas. Selain itu, memudahkan penghuni secara leluasa beraktivitas antar-ruang.

Dapur kering bergaya modern menyatukan fungsi menyiapkan makanan, area makan, hingga berkumpul. Sebuah meja island multifungsi diletakkan di bagian tengah area dapur kering.

Meja besar bermanfaat sebagai meja makan sekaligus meja bar. Beberapa kursi kayu model bar melengkapi meja warna putih berlapis permukaan kayu. Model dapur island ini dilimpahi cahaya alami dari jendela-jendela besar di dua sisi sehingga tampak terang dan nyaman.

4 dari 5 halaman

Kamar Tidur Super Nyaman

Kenyamanan jadi unsur utama yang wajib ada agar kamar tidur benar-benar jadi ruang istirahat. Di dalam kamar tidur bergaya etnik modern ini, dominasi elemen kayu telah menghadirkan kehangatan dan kenyamanan, bahkan memancarkan kemewahan yang sudah langka di masa sekarang.

Elemen serba kayu di kamar tidur berpadu cantik dengan ranjang simpel bermaterial senada yang dilengkapi kasur putih tebal dan bed sheet kombinasi putih abu-abu yang memperkuat kesan modern. Kemudian, sama seperti ruangan lainnya, jendela-jendela berukuran besar membuat kamar tidur mendapat penerangan alami.

Kelebihannya lagi, jendela ini jadi sumber udara segar yang membuat kamar tidur lebih sejuk. Tanaman-tanaman hijau di sekeliling area kamar tidur menyajikan pemandangan yang segar dari dalam kamar. Benar-benar nyaman, bukan?

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: