Sukses

Daftar 7 Maskapai yang Batalkan Penerbangan ke Korea Selatan Gara-Gara Corona

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah maskapai telah membatalkan penerbangan ke Korea Selatan. Hal tersebut menyusul kian merebaknya wabah virus corona yang meningkat di Negeri Ginseng baru-baru ini.

Menurut South China Morning Post, Kamis (27/2/2020) pagi, di Korea Selatan telah ada lebih dari 1.500 kasus virus corona dan merenggut korban jiwa sebanyak 13 orang.

Dilansir dari Business Traveller, pada 24 Februari 2020 pemerintah Hong Kong memberlakukan pembatasan perjalanan orang-orang yang datang dari Korea Selatan mulai pukul enam pagi pada 25 Februari 2020. Setiap traveler yang telah ke Korea Selatan dalam 14 hari terakhir juga akan dilarang memasuki Hong Kong.

Sementara, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit dari AS mengeluarkan peringatan perjalanan level 3 untuk Korea Selatan, yang memperingatkan untuk menghindari semua perjalanan tidak penting ke negara tersebut.

Terkait dengan beberapa kebijakan untuk mencegah penyebaran virus corona kian meluas, beberapa maskapai asing memilih membatalkan penerbangan ke Korsel. Simak rangkuman selengkapnya berikut ini.

1. Singapore Airlines

Singapore Airlines dan anak perusahaannya, Silkair telah membuat penyesuaian sementara tambahan untuk memilih rute di jaringan mereka karena penurunan permintaan setelah wabah virus corona.

Maskapai ini pertama kali mengumumkan mereka akan mengurangi layanan ke beberapa tujuan di seluruh jaringannya, termasuk Seoul, pada 18 Februari. Singapore Airlines juga memberikan daftar terbaru tentang penerbangan yang dibatalkan pada 24 Februari.

Singapore Airlines akan mengurangi penerbangan antara Singapura dan dua tujuannya di Korea Selatan--Seoul (SQ602 / 603, SQ611 / 612) dan Busan (SQ615 / 616), pada hari tertentu dari Februari hingga Mei 2020.

2. Air New Zealand

Air New Zealand mengumumkan pada 24 Februari di mana mereka akan menangguhkan rute Auckland--Seoul Incheon dari 8 Maret hingga 30 Juni 2020. Maskapai ini mengatakan telah melihat penurunan pemesanan pelanggan antara Auckland dan Seoul (Incheon) sebagai akibat dari dampak global virus corona.

Menurut maskapai ini, pelanggan dengan penerbangan yang terdampak akan dihubungi langsung dengan opsi perjalanan alternatif dalam beberapa minggu mendatang. Sementara, mereka yang telah memesan melalui agen perjalanan, termasuk agen perjalanan online akan dihubungi oleh agen pemesanan asli.

2 dari 4 halaman

3. Cathay Pacific

Pada Rabu, 26 Februari 2020, Cathay Pacific membatalkan layanan Hong Kong--Seoul dari Maret 2020 hingga 28 Maret 2020 karena larangan pemerintah Hong Kong terhadap semua penduduk non-Hong Kong yang memasuki Hong Kong dari Korea Selatan.

Maskapai ini mengatakan akan secara aktif memberi tahu pelanggan jika penerbangan mereka terdampak. Sebelumnya, Cathay mengatakan pada 22 Februari bahwa mereka akan menangguhkan sementara penerbangan ke Jeju dan Busan hingga 28 Maret.

Menurut maskapai, biaya pemesanan ulang, rerouting, dan pengembalian uang akan dibebaskan untuk semua tiket yang dikeluarkan di seluruh dunia (terlepas dari jenis tarif) pada atau sebelum 24 Februari untuk perjalanan dengan Cathay Pacific atau Cathay Dragon antara Hong Kong dan Korea Selatan mulai 25 Februari hingga 31 Maret .

4. Bamboo Airways

Maskapai Vietnam Bamboo Airways mengumumkan pada 24 Februari 2020 bahwa mereka akan menangguhkan dua layanan hariannya antara Vietnam dan Korea Selatan, yaitu Da Nang-Seoul Incheon dan Nha Trang-Seoul Incheon, mulai 26 Februari 2020.

Maskapai ini menyebut pembatalan dua rute ini adalah tindakan yang sangat penting dan perlu untuk secara aktif berkontribusi dalam mencegah penyebaran wabah. Belum diumumkan kapan akan melanjutkan penerbangan ke Korea Selatan, dan hanya mengatakan akan mengoperasikan kembali penerbangan ke negara itu "sampai wabah terkendali".

 
3 dari 4 halaman

5. Hong Kong Airlines

Hong Kong Airlines mengumumkan pada 22 Februari bahwa mereka akan membatalkan penerbangan antara Hong Kong dan Bandara Incheon Seoul dari 22 Februari hingga 28 Maret dan akan menawarkan keringanan khusus untuk penerbangan Seoul ke Seoul mulai 2 Maret 2020.

6. Japan Airlines

Pada 21 Februari 2020, perusahaan penerbangan berbendera Jepang itu mengatakan akan menghentikan sementara penerbangannya ke Seoul dan Busan mulai 1 Maret hingga 29 Maret, meskipun akan mengoperasikan penerbangan ke kota-kota itu pada hari tertentu selama periode ini.

7. Thai Airways

Maskapai Thailand ini mengumumkan pengurangan layanan ke Korea Selatan pada 15 Februari 2020. Maskapai juga akan mengurangi penerbangan pada rute Bangkok-Busan pada 27 Februari dan dari 5 Maret hingga 26 Maret 2020.

Thai Airways biasanya menawarkan lima penerbangan pulang-pergi per minggu antara kedua kota. Terlebih, itu juga akan memotong penerbangan pada rute Bangkok-Seoul dari lima penerbangan per hari menjadi empat per hari antara 26 Februari dan 29 Maret.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading