Sukses

Seluruh Penerbangan dari Bandara Adisucipto Siap Dialihkan ke YIA, Mulai Kapan?

Hingga kini, YIA telah melayani 13 rute penerbangan domestik dari Yogyakarta ke Denpasar, Jakarta, Halim Perdanakusuma, Banjarmasin, Palembang, Samarinda, Makassar, Medan, Palangkaraya, Tarakan, Balikpapan, Batam, dan Pontianak.

Liputan6.com, Jakarta - Seluruh penerbangan domestik dan internasional dari Bandar Udara (Bandara) Internasional Adiscipto Yogyakarta bakal dipindahkan ke Yogyakarta International Airport (YIA) mulai 29 Maret 2020. Bandara Adisutjipto nantinya hanya akan melayani pesawat baling-baling dengan rute-rute pendek. 

"Proses pemindahan tersebut akan melibatkan banyak pemangku kepentingan, sehingga serentak atau tidaknya proses pemindahan penerbangan juga bergantung pada kesiapan masing-masing maskapai penerbangan," begitu bunyi keterangan resmi dari Instagram @bandarayogyakarta dilansir Sabtu (15/2/2020). 

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI mengkonfirmasi langsung mengenai pemindahan rute penerbangan tersebut, di mana dalam prosesnya bakal melewati tahap evaluasi lebih dulu. 

Saat ini, YIA telah melayani 13 rute penerbangan domestik dari Yogyakarta ke Denpasar, Jakarta, Halim Perdanakusuma, Banjarmasin, Palembang, Samarinda, Makassar, Medan, Palangkaraya, Tarakan, Balikpapan, Batam, dan Pontianak.

Rute-rute tersebut di-cover maskapai Lion Air, Garuda Indonesia, Citilink, dan Batik Air. YIA sendiri merupakan proyek bandara di Indonesia dengan masa pengerjaan hanya 20 bulan.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alternatif Transportasi

Meski baru akan beroperasi pada 29 Maret mendatang, YIA telah menyediakan berbagai fasilitas penunjang kebutuhan penumpang, mulai dari ruang tunggu hingga moda transportasi.

Saat ini, YIA telah memiliki dua ruang tunggu Kereta Api (KA) Bandara yang terletak di Stasiun Tugu Yogyakarta dan Stasiun Wates. Ruang tunggu tersebut dilengkapi AC, charging station, dan toilet. Khusus di Stasiun Tugu Yogyakarta, tersedia pula fasilitas eksta layer bagasi berbayar yang dioperasikan Angkasa Pura Logistik. 

Untuk mencapai YIA, tersedia beragam pilihan transportasi yang telah disediakan, seperti DAMRI, SatelQu, dan kereta. KA Bandara berangkat setiap jam dari Stasiun Tugu dan KA Prameks berangkat dari Stasiun Maguwo dengan waktu tempuh sekitar 45--50 menit ke Stasiun Wojo. 

Setelah sampai di Stasiun Wojo, penumpang tinggal naik shuttle bus DAMRI seharga Rp20 ribu dengan perkiraan waktu sekitar 10 menit. 

Untuk tiket KA Bandara, harga aslinya, yaitu Rp30 ribu, namun sekarang terdapat potongan harga jadi Rp15 ribu. "Saya akan cek kembali (sampai kapan promo berlangsung), " ujar Corporate Communication Department Head Angkasa Pura 1 Awaluddin lewat pesan pada Liputan6.com, Sabtu (15/2/2020). 

Selain pilihan kereta, penumpang juga bisa naik bus DAMRI dan shuttle bus SatelQu dari pusat kota Yogyakarta yang akan berangkat setiap 30 menit mulai pukul 03.00-- 20.30 WIB dengan harga Rp70 ribu. (Tri Ayu Lutfiani)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.