Sukses

Dufan Resmikan Wahana Kereta Misteri, Indoor Coaster Terbesar di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Jakarta kali ini bakalan lebih seru dan menarik. Dunia Fantasi Taman Impian Jaya Ancol sebagai destinasi populer wisatawan yang datang ke Jakarta telah resmi meluncurkan Wahana Kereta Misteri, sebuah kereta seluncur atau indoor coaster terbesar di Indonesia.

Predikat terbesar pertama di Indonesia ini bukan asal-asalan, wahana ini berdiri di atas lahan seluas 5.500 meter persegi. Banyak hal unik dan menarik dari Wahana Kereta Misteri yang memacu adrenalin ini. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang meresmikan wahana ini dan sudah mencoba langsung pun dibuat terkagum-kagum.

Berikut ulasan peresmian Wahana Kereta Misteri dan keunikan menaiki indoor coaster yang punya kecepatan 64km/jam.

Suasana Misteri Hutan Serigala Abad 19 di Amerika

Wahana Kereta Misteri Dufan ini bernuansa misteri Amerika abad ke-19, dimana setiap pengunjung akan berupaya untuk menyelamatkan diri dari serangan monster yakni kawanan manusia serigala. Dijamin akan seru dan memacu adrenalin karena kereta akan meluncur di kegelapan. Suasana ini pun hadir saat launching wahana Kereta Misteri pada Sabtu (21/12) malam.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol, Teuku Sahir Syahali dan beberapa direksi yang hadir berkostum ala koboy. Cerita mengenai hutan misteri juga digambarkan melalui penampilan spesial magician, The Sacred Riana. Dimana Riana mampu mengeluarkan puluhan orang yang seolah-olah terjebak dalam rumah di hutan misterius.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Anies Baswedan juga membubuhkan tanda tangan di atas prasasti sebagai simbolis diresmikannya wahana Kereta Misteri dan dibuka untuk umum. Gubernur Anies didampingi para direksi PT Pembangunan Jaya Ancol pun langsung memasuki pintu Kereta Misteri dan mencoba wahana. Diikuti dari belakang para pengunjung Dufan yang sudah setia mengikuti acara launching dan menanti dibukanya wahana Kereta Misteri.

Indoor Coaster Terbesar di Indonesia

Wahana Kereta Misteri ini sudah dipersiapkan sejak 1,5 tahun lalu. Dipesan secara khusus dari salah satu supplier wahana terbaik di dunia. Wahana ini disebut sebagai indoor coaster terbesar pertama di Indonesia karena memiliki panjang track 596 meter, ketinggian kereta tertinggi 15 meter dan berdiri di lahan seluas 5.500 meter persegi. Terdapat tiga rangkaian kereta yang berjalan bersamaan. Satu kereta terdiri dari 5 kendaraan yang berkapasitas masing-masing 4 orang. Sehingga dalam 1 kali perjalanan, wahana ini dapat menampung 60 orang sekaligus dengan kapasitas 1000 orang per jam.

Gelap gulita dan menegangkan

Keunikan kereta misteri ini yang utama adalah suasananya yang gelap gulita membuat pengunjung tidak tahu apa yang terjadi di dalamnya. Apakah kereta akan ke kanan atau kiri? Maju atau mundur? Kecepatan kereta dan tingkat kecuramannya menjadi pemicu adrenalin. Hal ini pun dirasakan oleh Gubernur Anies Baswedan yang mencoba wahana bersama para direksi PT Pembangunan Jaya Ancol.

"Saya sudah sering naik roller coaster, bukan hanya di Indonesia tapi juga di beberapa tempat di dunia. Tapi, baru kali ini saya naik roller coaster, tidak tau apa yang akan dihadapi. Gelap gulita, kita tidak tau apa yang ada di depan kita? Tidak tau naik atau turun? Tau-tau jatuh, tau-tau naik, tau-tau mundur. Yang menarik tempat ini karena gelap gulita. Jadi, di dalam itu gak perlu merem karena sudah gelap," ujar Anies Baswedan.

Syarat masuk Kereta Misteri

Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol, Teuku Sahir Syahali mengatakan wahana Kereta Misteri ditujukan untuk keluarga, anak-anak dan orang dewasa diperbolehkan masuk selama memenuhi batas minimal ketinggian dan dalam kondisi sehat.

"Wahana ini aman untuk semua kalangan, asal memiliki ketinggian minimal 120 cm, sehat dan tidak memiliki riwayat penyakit jantung. Keamanan sudah tentu menjadi nomor 1, kalau punya keberanian dan dalam keadaan sehat, bisa mencoba wahana ini," ujar Teuku Sahir Syahali.

Andalan kawasan Amerika Dufan

Kehadiran Kereta Misteri semakin menambah koleksi wahana permainan yang ada di Dunia Fantasi. Kereta Misteri menjadi wahana baru kedelapan tahun ini setelah sebelumnya kawadan Dunia Kartun dengan 7 wahana barunya. Total Dufan saat ini memiliki 39 wahana permainan yang bisa dinikmati berbagai kalangan dan usia. Pilihan wahana seru yang makin dapat mengurangi kepadatan dan memecah antrian.

"Kehadiran wahana ini (Kereta Misteri) tentu menambah value dari kawasan Amerika. Sehingga empat kawasan Dufan dari barat, timur, utara, selatan ini ada ancor-nya. Kalau di timur-selatan ada dunia kartun, utara-timur ada halilintar, barat-utara ada tornado dan istana boneka. Selatan ini ada kereta misteri. Sehingga kalau traffic-nya lagi padat, pengunjung bisa tersebar dan bisa mengurangi antrian dengan adanya wahana baru," ujar Teuku Sahir Syahali.

Pemantik Imajinasi dan Inspirasi

Gubernur Anies Baswedan mengapresiasi segala inovasi yang terus menerus dihadirkan Taman Impian Jaya Ancol, khususnya Dunia Fantasi.

"Alhamdulillah, Jakarta semakin hari makin menjadi tempat yang menarik. Untuk akhir tahun, Jakarta menjadi tempat kunjungan nomor satu di Indonesia. Sebelumnya Bali, sekarang Jakarta. Ancol punya kontribusi besar untuk itu, munculnya wahana baru ini tepat sekali," ujar Anies.

Lebih lanjut, Anies berharap indoor coaster terbesar ini dapat memberikan inspirasi dan mendorong anak-anak muda Indonesia untuk terus berimajinasi.

"Tanpa ada imajinasi sulit sekali muncul kreativitas. Kreativitas muncul dari sebuah imajinasi. Jika ingin generasi masa depan kreatif, maka hatus dipancing untuk berimajinasi," lanjut Anies sembari mengingatkan bahwa keselamatan dalam wahana permainan tetap menjadi nomor satu agar pengunjung datang dengan perasaan bahagia, pulang dengan penuh kepuasan dan yang datang ke Ancol, ingin kembali lagi ke Ancol.

Promo Spesial Tiket Dufan

Teuku Sahir Syahali mengatakan tidak ada kenaikan tiket Dufan di musim liburan kali ini. Harga tiket masuk Dufan tetap sama sejak Dunia Kartun diresmikan Mei lalu hingga wahana Kereta Misteri ini diluncurkan. Bahkan menyambut libur Natal 2019 dan Tahun 2020, Dunia Fantasi menawarkan promo spesial pembelian Annual Pass gratis setahun senilai RP 325.000 hanya dari 16  Desember hingga 12 Januari 2020 dan khusus pada musim liburan kali ini, Dufan buka mulai pukul 10.00 sampai 20.00 Wib.

Kehadiran wahana Kereta Misteri, indoor coaster terbesar di Indonesia ini semakin mendukung visi Taman Impian Jaya Ancol untuk menjadi Brand of Indonesia. Menyambut tahun 2020, Taman Impian Jaya Ancol terus berinovasi, sebelum launching Kereta Misteri, Ancol telah merilis Mola-Mola Jet Spinner di Ocean Dream Samudera, Istana Pinguin, Cinema 5 Dimensi, Live Feeding Shark, Asta Tirta di Atlantis dan The New Bidadari Island serta Symphony of The Sea Ancol.

Atas inovasi yang terus-menerus dihadirkan, Taman Impian Jaya Ancol sepanjang tahun 2019 telah menerima penghargaan nasional dan internasional. Termasuk dua penghargaan bergengsi, yakni Brand of The Year dalam ajang World Branding Awards 2019 di Kensington Palace – London dan Annual Report Award (ARA) di Jakarta pada bulan November lalu.

Ayo kembali ke Ancol dan bermain ke Dunia Fantasi.