Sukses

4 Langkah Penting Memasang Lampu Natal di Rumah

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang Natal, ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Persiapannya dimulai dari hati untuk menyambut dan memaknai Natal bagi yang merayakan, hingga mempersiapkan sejumlah ornamen dan dekorasi Natal, seperti memasang kaus kaki Natal, pohon Natal, hingga lampu Natal di rumah.

Di antara semua ornamen, lampu Natal merupakan ornamen paling pas untukmemeriahkan suasana kudus tersebut. Tak hanya di dalam rumah, benda itu juga bisa dipasang di luar rumah sehingga orang-orang yang melewati rumah Anda juga bisa merasakan suasana damai.

Saat memasangnya haruslah berhati-hati. Ada beberapa langkah aman untuk memasang lampu Natal agar terhindar dari segala hal buruk yang mungkin terjadi, seperti korsleting listrik hingga terjadi kebakaran. Berikut ini, Dekoruma akan membahas empat langkah aman memasang lampu Natal di rumah.

1. Pastikan kabel lampu Natal tidak kusut

Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum memasang lampu pohon Natal di rumah adalah memastikan kabel lampu dalam keadaan baik atau tidak kusut. Kabel yang kusut dapat menghambat proses perangkaian dan membuat tampilan hiasan lampu Natal jadi kurang menarik.

Jika ternyata lampu Natal yang akan digunakan kusut, cobalah untuk mengurainya secara perlahan. Mungkin hal ini akan memakan waktu yang cukup lama, tapi lakukanlah dengan tenang dan bersabar agar terurai dengan baik.

2. Pastikan semua lampu Natal berfungsi dengan baik

Setelah mengurai kabel Natal yang kusut, pastikanlah semua lampu Natal dalam satu rangkaian dapat berfungsi dengan baik. Coba sambungkan kabel lampu Natal ke stop kontak, lalu cek satu per satu apakah semua lampu menyala atau mungkin ada yang mulai redup atau mati.

Jika ada lampu yang redup atau mati, Anda bisa mengakalinya dengan menyembunyikan bagian lampu yang mati tersebut ke area yang tidak terlihat. Dengan begitu, tampilan lampu Natal di rumah tetap menarik. Kalau Anda tidak mau repot, cara mudah yang bisa Anda lakukan ialah mengganti lampu Natal secara keseluruhan.

 

 

2 dari 3 halaman

3. Pastikan listrik mengalir dengan baik

Hal terpenting yang dapat membuat lampu Natal dapat menyala adalah sumber aliran listrik. Namun, Anda harus memastikan bahwa sumber listrik tersebut mengalir dengan baik agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Lakukanlah pengecekan secara berkala untuk memastikannya mengalir dengan baik. Selain itu, bersihkan juga stop kontak yang kotor karena hal ini dapat mengundang serangga seperti semut dan laba-laba untuk bersarang dan dapat menyebabkan korsleting listrik.

4. Jauhkan dari benda atau bahan berbahaya

Anda membutuhkan perhatian ekstra jika ingin memasang lampu Natal dengan melilitkannya pada pohon Natal. Biasanya, pohon Natal dihias dengan ornamen atau dekorasi Natal yang terbuat dari berbagai macam material, seperti bahan plastik, kaca, keramik, kayu, atau karet.

Pastikan lampu Natal berada jauh dari ornamen Natal yang terbuat daribahan yang mudah terbakar, seperti bahan karet, kayu, dan plastik. Suhu panas yang dikeluarkan oleh lampu dapat memicu bahan-bahan berbahaya tersebut jadi terbakar.

Selain langkah-langkah di atas, hal penting lainnya yang juga perlu Anda perhatikan adalah memilih lampu Natal yang berkualitas agar keamanan rumah Anda lebih terjamin.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Cara Mudah Mengatasi dan Merawat Kulit Kering
Loading