Sukses

Gaun Putri Diana Akhirnya Terjual Setelah Gagal Dilelang

Liputan6.com, Jakarta - Gaun yang dikenakan Putri Diana ketika berdansa dengan John Travolta di Gedung Putih telah dibeli lebih dengan harga lebih dari 280 ribu dolar AS atau Rp3,9 miliar oleh badan amal yang merawat bekas istananya.

Gaun biru tua off shoulder merupakan karya Victor Edelstein sempat disiapkan untuk dijual oleh rumah lelang Kerry Taylor di London pada Senin lalu, 9 Desember 2019, dengan perkiraan harga 250 ribu-300 ribu pound sterling.

Namun, selama penawaran berlangsung gagal mencapai angka yang diinginkan. Kemudian, badan amal bergerak setelah acara lelang.

"Itu dijual pasca-lelang ... dengan harga lebih dari 220 ribu pound sterling. Penjual senang karena ia berharap akan tinggal di Inggris," kata rumah lelang dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Reuters, Kamis, 12 Desember 2019.

Badan amal Royal Palaces - yang merawat Hampton Court Palace dan Tower of London serta bagian-bagian umum dari bekas rumah Putri Diana, Kensington Palace - mengatakan bahwa pihaknya telah membeli gaun bersejarah itu.

"Gaun 'Travolta' tidak hanya merupakan contoh fantastis dari pakaian couture yang dirancang untuk mempesona pada acara kenegaraan, itu merupakan momen kunci dalam kisah mode kerajaan abad ke-20," kata Eleri Lynn, kurator di Historic Royal Palaces, dalam sebuah pernyataan.

“Kami senang telah memperoleh gaun malam ikonik ini untuk Royal Ceremonial Dress Collection - koleksi yang ditunjuk untuk kepentingan nasional dan internasional - lebih dari dua puluh tahun sejak pertama kali meninggalkan Istana Kensington," tambahnya.

2 dari 3 halaman

Gagal Dilelang

Sebelumnya, gaun beludru biru tua yang dikenakan Putri Diana ketika ia berdansa dengan John Travolta pada jamuan makan malam kenegaraan Gedung Putih pada 1985 gagal dijual saat pelelangan pada hari Senin, 9 Desember 2019.

Gaun Victor Edelstein itu salah satu yang paling dikenal yang dikenakan Putri Diana, yang meninggal pada 1997. Sebelum penjualan berlangsung, juru lelang Kerry Taylor sempat mengungkapkan bahwa ada minat pembeli dari Inggris dan Amerika Serikat.

Kerry mengatakan telah membeli gaun itu pada 2013 seharga 200 ribu pound sterling atau Rp3,6 miliar. Ia membelinya dari seorang pria romantis yang pada dasarnya hanya ingin menghibur sang istri.

Melansir dari Daily Mail, Selasa (10/12/2019), Edelstein membuat gaun untuk Putri Diana selama periode 11 tahun. Ia sering mampir ke tokonya di Kensington, London barat, untuk melihat-lihat koleksi, sementara penjaga keamanannya menunggu di luar.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Pangeran Harry Lepas Takhta Kerajaan Inggris Mengikuti Jejak Putri Diana?
Artikel Selanjutnya
Sebelum Pangeran Harry, 4 Bangsawan Inggris Ini Lepaskan Gelar Kerajaan