Sukses

Gaun Putri Diana Saat Menari dengan John Travolta Gagal Dilelang

Liputan6.com, Jakarta - Gaun beludru biru gelap yang dikenakan Putri Diana ketika ia berdansa dengan John Travolta pada jamuan makan malam kenegaraan Gedung Putih tahun 1985 gagal dijual saat pelelangan pada hari Senin, 9 Desember 2019.

Gaun Victor Edelstein itu salah satu yang paling dikenal yang dikenakan Putri Diana, yang meninggal pada 1997.

Gaun yang ditawarkan sebagai bagian dari penjualan "Passion for Fashion" oleh Kerry Taylor Auctions di London, memiliki banderol harga sekitar 250 ribu-300 ribu pound sterling atau Rp4,6 miliar - Rp5,5 miliar. Namun, selama penawaran langsung tak mencapai angka-angka tersebut, seperti dilansir dari Reuters, Selasa, 10 Desember 2019.

Sebelum penjualan berlangsung, juru lelang Kerry Taylor sempat mengungkapkan kepada Reuters bahwa ada minat pembeli dari Inggris dan Amerika Serikat.

Kerry mengatakan telah membeli gaun itu pada 2013 seharga 200 ribu pound sterling atau Rp3,6 miliar. Ia membelinya dari seorang pria romantis yang pada dasarnya hanya ingin menghibur sang istri.

Gaun tersebut menghabiskan sebagian besar waktunya berada di dalam lemari yang terkunci. Suami istri itu kemudian menyisihkan gaun Putri Diana tersebut hingga akhirnya dibeli Kerry.

2 dari 3 halaman

Diana Senang

Sementara itu, melansir dari Daily Mail, Selasa (10/12/2019), Edelstein membuat gaun untuk Putri Diana selama periode 11 tahun. Ia sering mampir ke tokonya di Kensington, London barat, untuk melihat-lihat koleksi, sementara penjaga keamanannya menunggu di luar.

Diana melihat model ini di studio Edelstein dalam warna burgundy dan memintanya dibuat untuknya dengan warna biru gelap. 

Fiting gaun itu berlangsung di apartemen pribadi Putri Diana di Istana Kensington. Pada fiting terakhir, Diana sangat senang dengan hasil tersebut sehingga ia kemudian bergegas menunjukkannya kepada Pangeran Charles.  Ia tampak cantik dengan gaun itu dan akan sempurna bila dilengkapi dengan perhiasan.

Pada jamuan makan malam yang diadakan oleh Presiden AS Ronald Reagan, ibu negara Nancy Reagan mengatakan telah membawa Travolta dan menyampaikan kepadanya bahwa Putri Diana ingin berdansa dengan Travolta.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: