Sukses

Traveloka Dukung Pariwisata yang Bertanggung Jawab dan Ramah Lingkungan

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai perusahaan teknologi penyedia layanan perjalanan, gaya hidup dan jasa keuangan berbasis digital terkemuka di Asia Tenggara, Traveloka ikut mendukung gerakan pariwisata yang bertanggung jawab dan ramah lingkungan di Indonesia. Salah satunya diwujudkan dengan menjalin kerja sama dengan WWF-Indonesia.

Bersama WWF Indonesia, Traveloka akan menjalankan beberapa inisiatif kolaborasi melalui program responsible ecotourism. Penandatanganan kerja sama tersebut berlangsung di Greenhouse, Multivision Tower, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (21/11/2019).

"Pemerintah ikut terdukung dengan adanya lembaga yang mau bertanggung jawab untuk menjalankan program ecotourism ini," kata Tenaga Ahli Menteri Pariwisata Bidang Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Valerina Daniel.

Dalam kesempatan itu, Public Relations Director Traveloka, Sufintri Rahayu mengungkapkan program tersebut tak hanya meningkatkan pariwisata, tapi juga kesadaran wisatawan terhadap lingkungan.

 "Ada tiga program yang kami galakkan yaitu Signing Blue, My Baby Tree, dan edukasi mengenai pariwisata yang bertanggung jawab," kata Sufintri.

Penandatanganann kerjasama Traveloka dan WWF-Indonesia ini dihadiri perwakilan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia dan perwakilan dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

2 dari 3 halaman

3 Program

Pertama, Signing Blue. Program ini memberikan dukungan terhadap hotel-hotel yang ada di seluruh Indonesia dalam meningkatkan praktik konservasi lingkungan, kelestarian hayati laut, dan memastikan pemberdayaan masyarakat setempat.

Dalam program ini, Traveloka memiliki fitur khusus di aplikasinya yang mana para turis bisa menilai hotel yang mereka tempati tentang fasilitas ramah lingkungan di hotel tersebut. Sebaliknya, pihak hotel juga bisa memberikan nilai untuk pengunjung, yang akan menjadi poin dan bisa ditukarkan dengan voucher-voucher menarik di Traveloka.

Kedua, My Baby Tree. Program ini merupakan inisiatif dari WWF-Indonesia untuk melindungi hutan di Indonesia. Para pengguna akun Traveloka bisa menanam pohon secara virtual lewat penukaran poin reward yang ada di aplikasi Traveloka. Program ini akan meningkatkan 25 persen manfaat pengelolaan hutan di dunia.

Ketiga, edukasi tentang pariwisata ramah lingkungan. Traveloka dan WWF-Indonesia berkolaborasi untuk melakukan kampanye mengenai pariwisata ramah lingkungan di berbagai kanal komunikasi dan jejaring media Traveloka.  (Ossid Duha Jussas Salma)

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Usai Liburan Seru, Saatnya Balik ke Ibu Kota Tanpa Hambatan
Artikel Selanjutnya
6 Wisata Cisarua Bogor Paling Seru dan Pilihan Villa yang Nyaman Buat Keluarga