Sukses

5 Instalasi Kece untuk Wisata Selfie Terbaru di Jakarta, Bisa Slow-Mo Juga

Mengedepankan tema kompleksitas pikiran wanita, mereka berharap lima instalasi kece itu bisa memajukan pariwisata Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Wisata selfie kini kian marak di Indonesia, terutama di kota-kota besar. Di Jakarta sendiri, sudah terdapat beberapa museum khusus selfie seperti Museum Macan, Baluun, dan Haluu.

Satu lagi yang baru dibuka, yaitu POZE x Mario Photographie. Instalasi swafoto ini akan menemani liburan akhir tahun di Jakarta karena dibuka mulai 16 November 2019 hingga 15 Februari 2020 di lantai 3 Mal Neo Soho, Jakarta Barat.

Berbeda dari yang biasanya, instalasi ini menghadirkan teknologi kamera imersif yang biasa digunakan pada karpet merah Hollywood, yakni slow-motion camera, motion selfie dan light painting. Di sini, terdapat lima booth yang bisa dikunjungi untuk sekadar berswafoto atau menikmati teknologi yang tersedia.

"Kita pengen membuat sesuatu yang ada maknanya. Bukan cuma spot instagrammable yang ngasal," ujar Marvin Julian, project director POZE saat pre-launching yang dilaksanakan pada Selasa (12/11/2019) di Neo Soho.

Lebih jauh, mereka mengusung tema khusus kompleksitas isi otak wanita dalam setiap instalasinya. Terinspirasi dari banyaknya wisatawan wanita yang gemar melakukan swafoto di tempat-tempat wisata, pihak POZE dan fotografer Mario Ardi berpikir untuk memanfaatkannya.

Selain itu, instalasi selfie ini diharapkan dapat menunjang pariwisata Jakarta, mengingat kota ini dikenal sebagai kota metropolitan yang minim tempat wisata, selain mal. "Bingung di Jakarta mau kemana, ke sana mahal, ke situ mahal, jadi ke sini aja," terang Mario kepada Liputan6.com.

Pengunjung bisa menikmati seluruh instalasi yang ada dengan harga mulai dari Rp90 ribu untuk regular pass, Rp180 ribu untuk paket VIP hingga Rp550 ribu untuk paket keluarga yang dapat digunakan empat orang. Lantas, seperti apa visualisasi kerumitan dan keindahan otak wanita yang dihadirkan di instalasi POZE x Mario Photographie ini? Berikut ulasannya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Womanhood

Booth pertama yang dihadirkan adalah 'Womanhood'. Dinamakan demikian karena instalasi ini terinspirasi dari peran wanita yang dapat mengerjakan banyak hal, mulai dari menjadi ibu rumah tangga, pekerja kantoran, peneliti hingga atlet.

Di sini, Anda bisa melihat banyak patung figur wanita dengan nuansa pink yang sedang mengerjakan tugas-tugasnya yang beragam. Lalu, titik utama kampanyenya adalah #KelihatanCerdasnya yang dikatakan ingin mengubah pandangan dunia bahwa wanita itu lemah, melainkan wanita sangat kuat dan cerdas dengan karakter uniknya masing-masing.

3 dari 6 halaman

2. Intution Space

Berkonsep luar angkasa, instalasi kedua ini terinspirasi dari pikiran wanita yang kerap lebih luas imajinasinya dibandingkan laki-laki. "Kalau cowok kan lebih logis gitu, kalau cewek biasanya lebih suka imajinasi," jelas Marvin.

Menghadirkan booth yang warna-warni, booth ini ingin menggambarkan berbagai kompleksitas mood yang dirasakan wanita. Luar angkasa dianalogikan sebagai pikiran yang luas dan ekspresif.

4 dari 6 halaman

3. Puzzle Mind

"Pikiran kita adalah sesuatu yang luar biasa, tapi misterius. Kompleks, namun tertata, terkadang ribut namun tetap indah," kalimat tersebut adalah sepotong narasi yang ditampilkan di instalasi ketiga ini. Bertajuk 'Puzzle Mind', booth ini ingin menggambarkan kerumitan pikiran wanita yang suka acak, tapi menghasilkan sesuatu yang indah.

Berbeda dari dua instalasi sebelumnya, nuansa yang dihadirkan di Puzzle Mind lebih gelap dan metalik. Menggunakan banyak unsur kaca dan ornamen segitiga, membuat booth ini terlihat seperti tempat kumpulan pecahan puzzle.

5 dari 6 halaman

4. Mind Sanctuary

Instalasi keempat ini ingin menghadirkan nuansa pikiran yang tenang. Mengedepankan warna-warna pastel dan banyak ruang yang kosong, diharapkan dapat menggambarkan suasana pikiran saat sedang relaks. Selain itu, instalasi ini juga berukuran lebih besar dibanding yang lainnya karena ingin memberikan suasana yang nyaman dan tenang bagi orang yang mengunjunginya.

6 dari 6 halaman

5. Dynamic Chemical

Instalasi terakhir yang dapat dikunjungi bertajuk 'Dynamic Chemical'. Di sini, Anda bisa menikmati salah satu teknologi kamera imersif yang disediakan, yakni light painting. Teknologi ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan foto bergerak dengan hiasan lampu-lampu yang hanya bisa tertangkap kamera.

Filosofinya, booth ini menggambarkan dalam otak manusia yang mampu membuat keputusan, meskipun lingkungan sekitar tidak mendukung. Tapi, tetap akan ada percikan cahaya dari diri sendiri yang menguatkan kita.

Selain fitur light painting, Anda juga bisa berfoto dengan hiasan lampu neon bertuliskan "Selfie, Post, Repeat. #KenapaEnggak?" yang cocok untuk anak muda masa kini. Lampu-lampu tumblr juga akan menjadikan foto-foto Anda lebih estetik. (Novi Thedora)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.