Sukses

3 Bahan Pembersih Ramah Lingkungan yang Ramah di Kantong

Liputan6.com, Jakarta - Produk pembersih yang tersedia di pasaran memberikan kemudahan pembelinya saat menggunakannya untuk membersihkan area-area tertentu di rumah. Namun, apakah produk pembersih tersebut ramah lingkungan dan aman?

Daripada memakai produk pembersih yang tidak ramah lingkungan, mulailah beralih menggunakan produk-produk pembersih ramah lingkungan. Dekoruma merangkum tiga bahan pembersih alami dan ramah lingkungan yang bisa didapatkan dengan mudah dan harganya terjangkau, berikut ini.

1. Cuka

Selain berguna sebagai bahan masak, cuka bisa Anda gunakan untuk mengilapkan peralatan dapur serta peralatan rumah lain yang berbahan metal, stainless steel, perak, dan metal. Rendam kain dalam cuka dan gunakan untuk mengelap peralatan tersebut.

Apakah pakaian Anda atau si kecil memiliki noda membandel? Sebelum dicuci menggunakan detergen, semprotkan cuka ke noda dan diamkan selama 10 menit. Tekan dengan lembut dengan kapas sampai noda hilang atau memakai sikat.

Tak hanya itu, cuka juga mampu menghilangkan bau pakaian. Rendam pakaian selama 10 menit dalam air panas dan 500 mililiter cuka putih. Setelahnya, bilas dengan detergen.

2. Soda Kue

Kehebatan soda kue selain untuk keperluan memasak tak perlu ditanyakan lagi. Soda kue mampu menghilangkan noda membandel hingga noda gosong yang sulit lepas dari alat masak. Cukup oleskan soda kue menggunakan spons di bagian yang kotor, lalu rendam dengan air hangat semalaman.

Soda kue juga bisa digunakan untuk membersihkan area dapur yang kotor setelah Anda selesai memasak, seperti pada counter top dan backsplash dapur. Taburkan soda kue secukupnya dan lap dengan kain bersih.

Saat Anda membersihkan kerak membandel pada lantai atau dinding keramik kamar mandi, taburkan soda kue secukupnya dan sikat sampai bersih.

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Lemon

Buah yang kaya akan vitamin C ini bisa digunakan untung menyegarkan talenan kembali usai digunakan untuk memotong aneka bahan makanan seperti daging ikan, ayam, bawang putih, dan bahan lainnya. Potong lemon menjadi dua dan gosokkan pada talenan hingga bau tak sedap hilang.

Sisi lemon lainnya bisa Anda gunakan untuk membuat bak cuci piring jadi lebih berkilau. Celupkan lemon pada garam dan gosok permukaan bak cuci sampai kembali bersih.

Selain di area dapur, sari lemon cocok sebagai pembersih kaca jendela. Semprotkan sari lemon yang sudah diperas ke jendela. Kemudian, bersihkan dengan kertas koran untuk hasil yang lebih maksimal.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Cara Halau Tungau dari Kasur Tanpa Jasa Profesional
Artikel Selanjutnya
Simak, Barang yang Boleh dan Tidak Dimasukkan ke Dalam Garasi