Sukses

4 Alasan Bijak Menyegerakan Renovasi Rumah

Renovasi rumah bukan hanya untuk menghadirkan sesuatu yang baru, tetapi juga memperpanjang usia tempat tinggal Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Rumah tak selamanya berbentuk proporsional dan indah. Seiring waktu berjalan, rumah pun juga bertambah tua dan usang. Perubahan cuaca, iklim, hingga cara penggunaan yang salah bisa menjadi alasan rumah makin butuh renovasi.

Dengan renovasi, fungsi rumah untuk melindungi penghuninya dari cuaca luar kembali maksimal. Anda dan keluarga juga bisa lebih aman dan nyaman beraktivitas di dalam rumah.

Kapankah Anda harus mulai merenovasi rumah? Dekoruma membagikan empat alasan tepat yang harus dipertimbangkan sebagai sinyal renovasi harus dilaksanakan secepatnya.

Timbul Tanda-Tanda Kerusakan

Rumah tidak akan jauh dari kerusakan-kerusakan kecil seperti atap bocor dan dinding yang retak. Namun bila dibiarkan terlalu lama, kerusakan kecil ini akan akan besar dan parah. Celakanya, rumah jadi tidak aman.

Saat Anda sudah melihat kerusakan kecil, segera renovasi dengan skala kecil. Selain menghemat tenaga, Anda juga bisa menghemat pengeluaran. Jangan lupa untuk terus merawatnya secara berkala, misalnya dengan melapisi cat dinding lagi dan lapisan anti-air pada atap.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rumah Akan Dijual

Meski Anda ingin menjual rumah dan pindah ke rumah lainnya, rumah lama perlu direnovasi. Mengapa demikian? Rumah tua yang masih dalam kondisi apik akan meningkatkan nilai jual properti. Tentu, hal ini sangat menguntungkan Anda, bukan?

Lakukan renovasi dengan merombak desain atau cat dinding yang sesuai dengan selera pasar. Cek juga bagian-bagian penting di dalamnya, seperti pipa saluran air, kekokohan dinding, atap, hingga bagian-bagian rumah yang sudah terserang rayap.

Kehadiran Anggota Baru di Dalam Rumah

Saat si kecil sudah lahir, Anda perlu menyiapkan satu kamar khusus untuk dirinya saat sudah beranjak dewasa nanti. Jika rumah yang Anda beli tidak memiliki ruang tambahan, tentu Anda perlu merenovasinya. Tak hanya kehadiran si kecil, kehadiran anggota keluarga lain seperti asisten rumah tangga yang menginap juga perlu kamar tidur. Tambahkan satu area kecil sebagai tempat ia beristirahat.

Ingin Membuka Usaha di Rumah

Bekerja menghasilkan uang tidak perlu harus ke kantor. Ada beberapa orang yang memutuskan bekerja di rumah dengan membuka usaha sendiri, baik online shop hingga membuka toko fisik.

Keduanya membutuhkan area baru untuk gudang penyimpanan dan area penjualan. Jika rumah Anda tidak memiliki area lagi, renovasi perlu dilakukan dengan menambah ruang atau memberi sekat tambahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.