Sukses

Pesawat Ubah Rute karena Penumpang Terjebak di Dalam Toilet

Liputan6.com, Jakarta - Biasanya, pesawat akan melakukan pengalihan rute bila ada kejadian tak terduga dan tak terkontrol, seperti kondisi cuaca, masalah teknis, atau karena masalah pada penumpang. Ya, baru-baru ini, pesawat dari maskapai United Airlines melakukan pengalihan rute karena penumpangnya terjebak di dalam toilet.

Dilansir dari Independent, Sabtu (28/9/2019), penerbangan bernomor 1554 seharusnya dijadwalkan berangkat dari Washington ke San Fransisco. Tapi, karena ada insiden, pesawat harus dialihkan untuk mendarat ke Denver.

Hal ini dilakukan karena ada seorang penumpang yang tak bisa keluar dari toilet selama penerbangan. Petugas kabin telah mencoba membuka pintu, namun tak bisa terbuka hingga pilot memutuskan untuk menyelamatkan penumpang tersebut.

Juru bicara dari Bandara Denver mengonfirmasi kejadian ini pada salah satu stasiun TV lokal. Ia menjelaskan, penyebab insiden ini adalah pintu toilet yang macet. Mengapa sampai macet masih diselidiki pihak maskapai.

Petugas pemadam kebakaran akhirnya dipanggil untuk membuka pintu dan menyelamatkan penumpang tersebut. Setelah diselamatkan, perjalanan dilanjutkan dengan pesawat lain.

"Penumpang yang terjebak itu telah berhasil diselamatkan setelah mendarat dan seluruh penumpang melanjutkan perjalanan mereka dengan pesawat baru," tulis United Airlines pada surat pernyataannya.

Maskapai yang bermarkas di Chicago, Amerika Serikat, ini menambahkan, pihak mereka telah meminta maaf pada seluruh penumpang, termasuk penumpang yang terjebak dalam toilet.

2 dari 3 halaman

Pengalihan Rute Kedua Kali dalam Seminggu

Perubahan rute mendadak ini menandakan United Airlines telah melakukan pengalihan sebanyak dua kali dalam satu minggu. Pada Selasa, 24 September 2019, penerbangan menuju Minnesota dari Arizona juga dialihkan.

Pesawat dengan nomor 2408 ini mendarat di Colorado karena ada penumpang yang menyalakan rokok dalam perjalanan. Penumpang tersebut juga berteriak ‘Anda semua kacau’. Akhirnya, pilot memutuskan untuk menurunkan penumpang yang mengganggu tersebut.

Menurut saksi mata, penumpang lelaki ini tiba-tiba berlari menuju toilet dan mulai memukul tembok dan berteriak. Bau rokok juga tercium dari arah toilet.

Saat pesawat berhasil didaratkan di Bandara Colorado, pilot meminta penumpang yang duduk di 13 baris terdepan untuk keluar lebih dulu. Setelah itu, polisi masuk dan memborgol lelaki tersebut.

Dalam kejadian ini, penumpang tersebut tidak dijatuhi hukuman dan ia dibawa ke rumah sakit untuk pengobatan.

(Novi Thedora)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: