Sukses

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Kopi

Benarkah minum kopi bisa menurunkan berat badan?

Liputan6.com, Jakarta - Selama ini minum kopi sering dikaitkan dengan masalah kesehatan, terutama karena kandungan kafein di dalamnya. Banyak yang menilai kalau terlalu banyak minum kopi bisa memengaruhi kerja jantung atau bikin kepala pusing.

Tapi ternyata kopi ada kaitannya dengan penurunan berat badan.  Dilansir dari Men’s Health, penulis Bob Arnot, M.D., dalam bukunya ‘The Coffee Lover’s Diet’ (sekarang dikenal sebagai The Coffee Lover’s Bible) menulis manfaat dan sisi lain dari kopi.

Menurut Bob, minum tiga cangkir kopi sehari, tak hanya mencegah penyakit, tetapi juga membantu membakar lemak.

"Jumlah minum kopi ini akan meningkatkan metabolisme dan fungsi kardiovaskular Anda, dan juga bisa memacu penurunan berat badan," ucap Arnot yang juga seorang dokter penyakit dalam.

Tak hanya minum tiga cangkir kopi hitam sehari, Anda juga harus membatasi kalori maksimal 1.500 per hari. Kalori tersebut biasanya harus berasal dari protein tanpa lemak, biji-bijian, banyak buah dan sayuran.

Sejumlah penelitian menunjukkan, tiga cangkir kopi setiap hari menawarkan manfaat kesehatan. Namun harus diingat, yang terbaik adalah kopi hitam saja. Tanpa krim. Tanpa gula maupun pemanis lainnya.

Hal itu juga tidak berlaku bagi varian selain kopi hitam, seperti mocha latte macchiato dengan marshmallow atau camilan. Dan bukan kopi instan maupun botolan yang sekarang banyak dijual.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Meningkatkan Daya Ingat

Meski begitu, bukan berarti cukup minum kopi tanpa bergerak. Hal itu bisa efektif kalau diseimbangkan dengan olahraga. Hanya saja, jangan berharap itu semua akan berhasil secara instan untuk membakar lemak dalam waktu cepat.

Selain itu, tiap orang memproses kopi dengan cara yang berbeda. Sebuah klinik kesehatan punya kesimpulan lain. Mereka merekomendasikan seseorang membatasi asupan kafein pada 400 miligram setiap hari. Itu sama dengan empat cangkir kopi.

Sekadar informasi, ilmuwan pada 1970-an dan 1980-an merasa khawatir kalau kopi dapat menyebabkan masalah kesehatan. Namun seiring berjalannya waktu, para peneliti menemukan antioksidan, senyawa yang dapat mencegah atau menunda kerusakan sel di dalam kopi.

Jadi selain menurunkan berat badan, kopi hitam yang diseduh penuh dengan antioksidan dapat meningkatkan kewaspadaan. Bahkan bisa mencegah batu ginjal, meningkatkan daya ingat, meningkatkan suasana hati Anda, dan diyakini dapat menghambat peradangan gusi. Nah, Anda sudah siap menurunkan berat badan dengan minum kopi?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.