Sukses

4 Manfaat Minum Jamu Kunyit Asam Saat Menstruasi

Liputan6.com, Jakarta - Ada beragam gejala yang dapat ditimbulkan ketika perempuan dihadapkan dengan siklus menstruasi. Hal yang umum terjadi mulai dari kram perut, pegal, sakit kepala, hingga suasana hati yang berantakan.

Gejala tersebut biasanya terjadi seminggu hingga menstruasi berakhir. Salah satu cara untuk mengurangi gejala itu adalah dengan mengonsumsi jamu kunyit asam, sebuah resep tradisional yang turun temurun.

Fimela.com merangkum dari berbagai sumber, ada beberapa manfaat minum jamu kunyit asam saat menstruasi. Apa saja? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Melawan PMS

Kunyit asam ampuh melawan Premenstrual syndrome (PMS) dengan memperkuat daya tahan tubuh. Semua gejala ini seperti sakit kepala, lemas, hingga jerawat yang bisa diminimalisir bahkan dihindari.

2. Mengatasi Kram Perut dan Nyeri Haid

Otot-otot rahim mengalami kontraksi saat menstruasi dan membuat terasa menyakitkan. Bahkan bagi beberapa perempuan, hal ini dapat mengganggu aktivitas.

Untuk mengurangi kram, ada baiknya mencoba minum jamu kunyit asam menjelang menstruasi. Kandungan aktif kurkumin berfungsi sebagai inflamasi yang mampu menenangkan kontraksi.

Selain perut, tubuh juga akan terasa nyeri. Sifat analgesik pada kunyit dapat mengurangi nyeri pada bagian tubuh. Kandungan kurkumin akan menghambat produksi prostaglandin, hormon penyebab peradangan dan nyeri.

2 dari 3 halaman

3. Mengatasi Perubahan Suasana Hati

Perubahan hormon yang terjadi dapat mempengaruhi suasana hati dengan sangat drastis. Anda mungkin sangat emosional saat dan selama menstruasi, mudah marah, atau sedih. Kurkumin mampu menyeimbangkan zat kimia pada otak hingga terhindar dari perubahan suasana hati tersebut.

4. Memperlancar Siklus

Jika dikonsumsi secara rutin dan berkala, jamu kunyit asam dapat membantu memperlancar siklus haid. Siklus yang tidak teratur dapat membuat gejala yang dirasakan lebih parah. Kunyit dikenal sebagai sumber estrogen alami yang dapat memicu haid dengan aman. (Fitri Andiani/Fimela.com)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
6 Tahun Mengira Kejang karena Menstruasi, Wanita Ini Ternyata Alami Kanker Otak
Artikel Selanjutnya
Ada Gumpalan pada Darah Menstruasi, Normalkah?