Sukses

6 Manfaat Air Rebusan Sarang Semut, Bisa Bantu Lancarkan Menstruasi

Liputan6.com, Jakarta - Sejak dulu kala, nenek moyang kita mengambil bahan dari alam untuk mengobati berbagi penyakit. Salah satunya adalah sarang semut.

Bukan sarang semut asli, melainkan benalu yang tumbuh di pohon lain. Sarang semut ini banyak ditemukan di Papua. Bentuknya yang unik seperti labirin banyak ditinggali oleh semut karena mirip dengan sarang semut asli.

Dilansir dari berbagai sumber, di dalam sarang semut terdapat zat flavonoid dan tanin. Flavonoid mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh, sementara tanin bermanfaat sebagai antioksidan dan antibakteri.

Berikut enam Manfaat Sarang Semut yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber.

Saksikan video pilihan di bawah ini :

2 dari 4 halaman

1. Mengobati Kanker

Mengidap kanker bukanlah keinginan banyak orang. Apalagi ketika harus mengeluarkan banyak uang untuk berobat ke dokter dengan berbagai pengobatannya.

Sarang semut mengandung antioksidan yang mampu melawan berbagai penyakit kanker. Sebut saja kanker kulit, kanker paru-patu, kanker prostat, bahkan kanker darah.

Selain kanker, sarang semut juga bisa mengobati tumor. Dengan mengonsumsi air rebusan sarang semut secara teratur bisa menyembuhkan penyakit ini.

2. Mengatasi Rematik

Salah satu penyakit yang sering menyerang orang berusia lanjut ialah rematik. Kandungan flavonoid yang terkandung dalam sarang semut dapat menghambat enzim xanthine sehingga baik untuk mengobati rematik.

Apalagi, kandungan antioksidan dan tokoferol atau vitamin E yang bekerja sangat baik untuk mengobati penyakit rematik. Anda tak perlu bingung lagi bila rematik menyerang. Cukup minum rebusan sarang semut dan rasakan manfaatnya.

3 dari 4 halaman

3. Meningkatkan Stamina

Banyaknya aktivitas sering kali membuat stamina Anda terkuras. Anda harus banyak mengonsumsi makanan yang tinggi energi untuk menggantikan stamina yang terkuras.

Salah satu sumber energi penambah stamina ialah sarang semut. Kandungan di dalamnya terbukti dapat memaksimalkan penyerapan kalsium dan mampu membentuk energi yang besar.

Tak lagi harus minum minuman energi yang banyak mengandung pemanis buatan lagi. Anda bisa minum air rebusan sarang semut untuk memenuhi stamina saat melakukan aktivitas yang berat dan banyak.

4. Mengobati Penyakit Jantung

Salah satu organ yang sangat penting ialah jantung. Dari organ tersebut, banyak penyakit berbahaya seperti hipertensi, stroke, dan jantung koroner. Sarang semut mengandung mineral, kalium, dan kalsium yang tinggi mampu menangani berbagai gejala penyakit jantung. Cukup mengonsumsi air rebusan sarang semut secara rutin dua kali sehari.

4 dari 4 halaman

5. Benjolan di Payudara

Benjolan di area intim seperti payudara seringkali sangat menakutkan bagi wanita. Bagaimana tidak, benjolan tidak wajar tersebut umumnya merupakan gejala munculnya tumor bahkan kanker payudara.

Benjolan tumor pada payudara itu sendiri berupa cairan getah bening dan sel darah putih. Dengan kandungan flavonoid dalam sarang semut, benjolan di payudara perlahan bisa disembuhkan.

6. Melancarkan Menstruasi

Bagi wanita, kesuburan organ reproduksi dapat ditandai dengan menstruasi yang lancar. Nah, sarang semut dapat membantu mengatasi permasalahan menstruasi yang tidak teratur dan tidak lancar.

Tak hanya itu, manfaat mengejutkan lainnya sarang semut dapat membantu mengatasi permasalahan organ intim wanita lainnya. Mengonsumsi air rebusan sarang semut dapat membantu mengatasi keputihan bagi wanita.(Fairuz Fildzah)