Sukses

Manfaat Membungkus Makanan dengan Daun Jati

Selain dapat dibuat sebagai ekstrak cairan antiseptik, daun jati juga bermanfaat untuk membungkus makanan.

Liputan6.com, Jakarta - Daun jati rupanya kaya manfaat. Selain bisa dibuat sebagai ekstrak cairan antiseptik, daun jati juga bermanfaat untuk membungkus makanan.

Nasi, tape ketan, bahkan aneka lauk bisa dibungkus dengan daun jati. Umumnya makanan tradisional seperti nasi pecel dan nasi jamblang disajikan dengan dibungkus daun jati.

Dibandingkan dengan penggunaan plastik, kertas minyak, atau styrofoam untuk membungkus makanan, daun jati jelas lebih ramah lingkungan. Dirangkum dari Fimela.com, berikut manfaat daun jati sebagai pembungkus makanan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menjaga Kehangatan Makanan

Nasi akan hangat dalam waktu lebih lama jila dibungkus dengan menggunakan daun jati. Karena tekstur daun jati yang tebal dan lebar, kehangatan makanan bisa terjaga dengan lebih baik. Nasi yang dibungkus rapat dengan daun jati bisa bertahan dalam waktu cukup lama dalam keadaan masih hangat.

Aroma yang Khas

Selain itu, makanan yang dibungkus dengan daun jati akan mengeluarkan aroma yang khas. Aroma daun jati ini bahkan bisa menambah nafsu makan. Aneka menu nasi tradisional yang dibungkus dengan daun jati akan terasa lebih istimewa karena aromanya yang menggugah selera. Aroma tape ketan akan lebih kuat jika menggunakan daun jati sebagai pembungkusnya.

Terhindar dari Bahan Kimia Berbahaya

Dibandingkan menggunakan pembungkus dari plastik atau styrofoam, dikhawatirkan ada bahan kimia berbahaya yang ikut bercampur pada makanan dan terkonsumsi. Sedangkan bila menggunakan daun jati, kita bisa terhindar dari bahan kimia berbahaya. Selain itu, membuat makanan lebih aman untuk dikonsumsi. (Endah Wijayanti/Fimela.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.