Sukses

Momen Haru Saat SBY Menabur Bunga Kesukaan Ani Yudhoyono

SBY menabur dua jenis bunga kesukaan Ani Yudhoyono saat berziarah ke makam istrinya.

Liputan6.com, Jakarta - Kenangan tentang Ani Yudhoyono masih terekam jelas di ingatan banyak orang, terlebih bagi sang suami, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Untuk menepis rasa rindu yang tiada henti, SBY pun kerap berziarah ke makam Ani di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

"Mawar merah dan melati putih kesukaan sang Flamboyan yang kini terkenang dalam hati kita semua, Pepo persembahkan kembali saat berziarah ke peristirahatan terakhir Memo tersayang," bunyi keterangan diunggahan @kibcentre pada Selasa, 18 Juni 2019.

Dalam keranjang yang dipegang SBY, terdapat bunga mawar merah dan melati untuk ditaburi di atas makam. SBY memegang mawar yang berada di depan pusara.

Selama hidup, Ani Yudhoyono banyak mengunggah foto bunga yang tumbuh di pekarangannya. Hal itu terlihat dari Instagram @aniyudhoyono. Bunga-bunga itu meliputi teratai, anggrek, lantana, wijayakusuma, hortensia, piladang, dan sepe.

Dari sekian banyak bunga, Ani ternyata paling menyukai bunga mawar merah dan bunga melati. Dilansir dari berbagai sumber, bunga mawar merah berarti cinta, rindu, dan keinginan.

Sedangkan bunga melati memiliki arti kesucian, sederhana, dan ketulusan. Keduanya memiliki wewangian yang khas ketika waktunya bermekaran.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berziarah Bersama Keluarga

Setelah melawan penyakit kanker darah selama empat bulan, Ani Yudhoyono mengembuskan napas terakhir di National University Hospital, Singapura pada 1 Juni 2019. Sejak itu, banyak pihak mengenang Ani dalam sederet potret.

Dilansir dari Instagram @kibcentre, terlihat SBY menggelar ziarah bersama keluarga dan keluarga besar Komunitas Indonesia Bersatu (KIB) ke makam Ani. Terlihat SBY menyampaikan doanya di depan pusara pujaan hatinya.

"Kami semua menjadi saksi Ya Allah, almarhumah ingin berbuat yang terbaik untuk bangsa dan negaranya, untuk saudara-saudaranya rakyat Indonesia, dan tentu untuk keluarga yang disayanginya," jelas SBY dalam video yang diunggah Rabu, 19 Juni 2019. (Fairuz Fildzah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.