Sukses

Catatan Akhir Pekan: 6 Tempat Liburan Seru dan Edukatif

Liputan6.com, Jakarta - Masa liburan menjadi momen yang sangat dinantikan oleh berbagai kalangan mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Saat ini anak-anak terutama yang sudah sekolah sedang menikmati masa liburan.

Usai libur lebaran, mereka bakal kembali menjalani liburan kenaikan kelas yang cukup lama. Sebagai orangtua, Anda tentu suka bingung untuk menentukan kegiatan apa yang seru untuk dilakukan bersama anak-anak di masa liburan panjang?

Selain jalan-jalan ke mal atau tempat hiburan, rasanya tidak ada lagi yang menarik dikunjungi Padahal, banyak tempat yang bisa dikunjungi. Bahkan bukan sekadar bisa menghibur atau untuk bermain, tapi juga mendidik serta menambah wawasan.

Berkunjung ke sebuah tempat wisata biasanya menjadi salah satu agenda menghabiskan masa liburan. Anak-anak sampai orang dewasa pun bisa menikmatinya lho.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut enam tempat wisata di Indonesia yang bukan hanya menghadirkan keceriaan dan kesenangan tapi juga edukatif dan inspiratif serta menambah wawasan.

Taman Pintar

Sesuai dengan namanya, Taman Pintar menyuguhkan beragam wahana yang akan membuat kita memahami berbagai pengetahuan. Wahana wisata yang terdapat di pusat Kota Yogyakarta, tepatnya di Jalan Panembahan Senopati, di kawasan Benteng Vredeburg. Taman ini memadukan tempat wisata rekreasi maupun edukasi dalam satu lokasi.

Taman Pintar memiliki arena bermain sekaligus sarana edukasi yang terbagi dalam beberapa zona. Akses langsung kepada pusat buku eks Shopping Centre juga menjadi nilai lebih Taman Pintar. Tempat rekreasi ini sangat baik untuk anak-anak pada masa perkembangan.

Taman ini, khususnya pada wahana pendidikan anak usia dini dilengkapi dengan teknologi interaktif digital serta pemetaan video yang akan memacu imajinasi anak serta ketertarikan mereka terhadap teknologi. Tak hanya wisatawan local, wisatawan mancanegara juga banyak yang bekunjung ke tempat ini.

Planetarium

Planetarium dan Observatorium Jakarta adalah satu dari tiga wahana simulasi langit di Indonesia selain di Kutai, Kalimantan Timur, dan Surabaya, Jawa Timur. Di Jakarta, Planetarium berlokasi di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat.Bagi

Anda yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, tentu tempat wisata edukatif ini bisa jadi pilihan menarik untuk mengisi masa liburan. Sebagaimana nama yang diusungnya, Planetarium menjadi salah satu tempat wisata edukasi yang memungkinkan kita untuk mempelajari dunia astronomi.

Di Planetarium, Anda akan melihat bagaimana meteor jatuh di hadapan mata. Anda juga bisa menambah wawasan tentang Bumi dan benda di Tata Surya lainnya melalui fasilitas yang disuguhkan. Planetarium Jakarta buka setiap hari kecuali Senin.

2 dari 4 halaman

Jatim Park

Taman permainan yang yang berlokasi di Malang, Jawa Timur ini sebenarnya ada tiga. Masing-masing punya keistimewaan tersendiri. Jatim Park memiliki konsep yang memadukan edukasi serta hiburan.Ada beberapa atraksi unggulan mereka, seperti Superman Coaster, Waterboom, Science Center dan Volcano Coaster, dan lain sebagainya.

Sedangkan Jatim Park 2 lebih menyuguhkan keindahan berbagai macam satwa.Tempat wisata edukasi tersebut dibagi ke dalam tiga area, yaitu Batu Secret Zoo, Museum Satwa, dan Eco Game Park. Berbeda lagi dengan Jatim Park 3, Anda dan anak bisa bermain sambal belajar tentang kehidupan hewan purbakala seperti Dinosaurus.

Jatim Park 3 punya atraksi unggulan berupa Dino Park yang terdiri dari Museum Dino, The Rimba, dan Live with Dino.Faunaland Pecinta binatang pasti senang dengan salah satu wahana baru di Ancol ini. Ya, Faunaland namanya. Faunaland merupakan sebuah taman satwa mini yang terletak di area Allianz Ecopark.

Memiliki area seluas 5 hektar, ada sekitar 109 biota unik. Beberapa di antaranya adalah kakatua jambul kuning, nuri, pelikan, flamingo, bebek Mandarin, elang, burung hantu, cendrawasih, tapir, keledai, kucing emas, kura-kura aldabra hingga singa putih.Si kecil pasti senang karena sebelumnya belum pernah melihat makhluk menggemaskan ini.

Lokasinya yang rimbun dan teduh membuat lokasi ini nyaman untuk dikunjungi. Cukup merogoh kocek sebesar Rp 50 ribu saja, Anda dan anak sudah bisa masuk untuk berinteraksi dengan semua binatang termasuk menyaksikan bird show.

Agrowisata Bhumi Merapi

Yogyakarta punya banyak wisata permainan yang menarik untuk dikunjngi saat liburan. Salah satunya adalah Agrowisata Bhumi Merapi.Terletak di Desa Hargobinangun, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, ini bisa membuat anak-anak belajar mengenai budidaya peternakan kambing jenis Ettawa.

Pengunjung diberi kesempatan untuk memberi pakan ternak, mencoba memerah susu kambing dan memberi minum susu dot pada anakan kambing ettawa. Di tempat ini juga belajar teknologi pengolahan hasil susu kambing menjadi yoghurt dan es krim, belajar teknologi pengolahan pakan ternak, pengolahan limbah kambing menjadi pupuk organik dan biogas serta pemanfaatan pupuk organik untuk tanaman jahe dan pisang organik.

Mereka juga menyediakan wisata edukasi kelinci. Tempat ini juga menyediakan taman reptile. Ada pemandu yang akan menjelaskan bagaimana sebaiknya memegang ular dan reptil lainnya agar aman. Tempat wisata alam di jalan Kaliurang ini buka setiap hari.

3 dari 4 halaman

Kuntum Farmfield

Kuntum Farmfield terletak di kawasan Bogor Jawa Barat. Tempat wisata alam ini bisa menjadi salah satu cara untuk mengenalkan kehidupan binatang dengan cara yang seru dan menarik melalui beragam kegiatan wisata.

Di sini, kita bisa mengenalkan beragam binatang seperti kambing, kelinci hingga kuda. Anak-anak pun bisa berinteraksi langsung dengan berbagai binatang, mulai dari kegiatan menangkap ikan, berinteraksi dengan memberikan makan kepada kelinci dan marmut, menunggang kuda hingga belajar menanam sayuran secara organik.

Bandung Science Center

Anak-anak umumnya punya rasa ingin tau yang besar, termasuk tentang berbagai hal yang terjadi di alam semesta. Ilmu pengetahuan memang selalu menarik untuk diketahui, bahkan beberapa di antaranya bisa membuat takjub. Anda bisa membuktikan da merasakannya di Bandung, Jawa Barat.

Nama tempatnya Bandung Science Centre di Jalan Sinargalih No. 15 Bandung. Lokasinya sangat mudah dicapai dari pusat kota. Buka dari Selasa hingga Minggu, wisata bernuansa edukatif ini siap menyambut para pengunjung mulai pukul sembilan pagi hingga lima sore. Kita bisa melihat 17 tema display dengan atraksi interaktif.

Suasana belajar pun jadi terasa lebih menyangkan dan mudah dimengerti, karena alat peraga yang mumpuni.Ada juga mesin Van De Graff. Bagi penggemar film Mr. Bean, pastinya sudah kenal dengan benda satu ini. Masih banyak hal menarik lainnya, seperti keberadaan robot, ilusi optic, dan sebagainya.

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Cerita Akhir Pekan: Libur Segera Tiba, Kamu Mau ke Mana?
Artikel Selanjutnya
Kota Mati Chernobyl Mendadak Jadi Kawasan Wisata, Apakah Aman?