Sukses

3 Tips Memanfaatkan Momen Puasa untuk Menurunkan Berat Badan

Liputan6.com, Jakarta - Bulan Ramadhan merupakan bulan suci bagi umat Islam. Tiap Ramadhan, umat muslim diwajibkan berpuasa selama sebulan penuh. Hal ini bertujuan agar umat muslim merasakan hal yang dirasakan oleh kaum yang tidak mampu.

Selain itu berpuasa ternyata juga punya banyak manfaat termasuk dari segi kesehatan. Hal itu membuat orang non-muslim pun banyak yang berpuasa untuk tujuan kesehatan.

Puasa memang bisa membuat tubuh kita lebih sehat kalau dijalankan dengan benar.Seperti melalukan santap sahur dan berbuka sesuai dengan anjuran agama. Jangan kalap makan terutama saat berbuka.

Melalui pusasa, kita juga bisa mendapatkan tubuh yang sehat. Dilansir dari brilio.net, ada tiga tips bagaimana cara memanfaatkan momen Ramadan untuk menurunkan berat badan sekaligus membuat tubuh kita sehat.

1. Banyak Minum Air Putih

Minum delapan gelas air putih selama Ramadhan bisa mengembalikan kebutuhan kadar air dalam tubuh kita. Tapi ingat, minumlah air sesuai waktunya.

Seperti segelas sebelum tidur, setelah bangun tidur, sebelum sahur, setelah sahur, saat berbuka, setelah berbuka, sebelum tarawih, dan setelah tarawih. Bisa juga ditambahkan segelas saat berbuka karena kita butuh banyak cairan setelah seharian berpuasa.

Kebiasaan itu bisa membuat kebutuhan kadar air dalam tubuh akan tercukupi. Dengan begitu tubuh akan tetap fit selama menjalani puasa.

2 dari 3 halaman

2. Menyantap Makanan Rendah Kalori

Saat sahur maupun berbuka puasa, orang Indonesia banyak yang memakan nasi dengan berbagai lauk. Tapi sebenarnya kita harus selalu makan nasi untuk mendapatkan energi maupun membuat perut kita kenyang.

Disarankan makan dua butir telur dan beberapa buah atau minum air kelapa dan daging pada buah kelapa sebagai pengganti nasi. Selain lebih sehat, berat badan juga bisa turun.

3. Jangan Lupa Olahraga

Banyak yang beranggapan dengan menerapkan pola makan sehat selama berpuasa, akan membuat berat badan turun. Banyak juga yang melupakan olahraga.

Alasannya, badan terasa lemas saat berpuasa sehingga tak perlu melakukan olahraga. Padahal kita harus tetap berolahraga. Sebaiknya menjelang berbuka usahakan olahraga sekitar 10 menit setiap hari. Hal ini bertujuan agar beberapa kalori dalam tubuh terbakar.

Tak perlu olahraga berat. lakukan beberapa olahraga yang ringan, agar tidak kehilangan ion tubuh secara berlebihan. Untuk olahraga ringan selama puasa, Anda bisa melakukan olahraga yang dianjurkan di beberapa vlogger youtube.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Irfan Hakim Dapat Berkah Ramadan di Hari Ke-20
Artikel Selanjutnya
Waspada Trek Lurus Tol Solo - Ngawi Saat Mudik