Sukses

Minuman Kolang Kaling Indonesia Sudah Mendunia

Minuman Kolang Kaling Indonesia Sudah Mendunia

Liputan6.com, Jakarta - Kolang-kaling identik dengan bulan puasa atau bulan Ramadan. Buah yang dipetik dari pohon aren itu memang laris manis saat bulan puasa. Kolang-kaling biasanya dijadikan campuran dalam kolak, es campur dan lainnya. Faktanya, kolang-kaling baik untuk dikonsumsi saat buka puasa.

Hasil dari penelitian menjelaskan buah kolang kaling sangat kaya akan kandungan serat pangan yang dapat membantu mempertahankan dan memelihara saluran pencernaan.

Kandungan vitamin C dalam kolang kaling juga sangat penting untuk pembentukan dan memelihara jaringan tubuh. Dengan beragam manfaat yang menyehatkan, Mustika Ratu pun meluncurkan minuman ready-to-drink (RTD) Kolang Kaling yang pertama di Indonesia.

Dalam siaran pers yang diterima Kamis, 23 Mei 2019, sejak dirilis pada Juni 2017, permintaan pada minuman kolang kaling telah meningkat hingga 40 persen.

Pencapaian itu berkontribusi sebanyak 7 persen pada pendapatan Mustika Ratu di bidang produk kesehatan. Peningkatan permintaan tak cuma di Asia tapi juga Amerika Utara. Seperti beberapa bulan lalu, produk ini sampai di beberapa titik distribusi di Kanada.

Distribusi produk minuman sehat Indonesia secara resmi masuk ke pasar pantai Barat Kanada pada Selasa, tanggal 6 November 2018 di melalui distributor AFOD Ltd yang berlokasi di wilayah Delta, Provinsi BC.

Peresmian tersebut dilakukan oleh Konsulat Jendral Republik Indonesia di Vancouver, Dr. Tuti Wahyuningsih Irman dan disaksikan oleh Kepala ITPC Vancouver, Rafika Arfani, Wakil dari PT Mustika Ratu, Tbk, Julie Wahono dan Manager/Pemilik AFOD Ltd, Hongbing Xia.

"Peresmian ini merupakan momentum penting yang mengakhiri perjalanan panjang upaya produk minuman sehat Indonesia masuk pasar Pantai Barat Kanada," terang Konsul Jenderal RI di Vancouver, Dr. Tuti Wahyuningsih Irman.

Sedangkan perwakilan PT Mustika Ratu Tbk di Kanada, Julie Wahono mengatakan, produk mereka yang dikirim ke Kanada adalah minuman Kokal (palm fruit/kaong), baik original dan less sugar, serta produk minuman sehat siap saji yaitu Red Ginger dan Red Ginger Turmeric.

PT Mustika Ratu Tbk melalui Taman Sari Spa Heritage, yang berlokasi di Whistler, melihat peluang yang besar untuk produk-produk minuman sehat dan affordable bagi pasar domestik Kanada.

Harapannya adalah menciptakan produk sehat dengan harga terjangkau, memenuhi kebutuhan konsumen dan sesuai selera pasar domestik khususnya wilayah Kanada.  Manager AFOD Ltd, Hongbing Xia berharap kerjasama dengan Indonesia dapat semakin ditingkatkan mengingat produk-produk Indonesia.

Terutama untuk minuman Kolang kaling Mustika Ratu yang ternyata disuka dan mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat setempat, khususnya di bulan ramadhan ini. Masyarakat banyak membeli minuman Kolang kaling untuk berbuka puasa, tapi banyak juga masyarakat non muslim yang membeli untuk minuman kebugaran dan kesehatan sehari hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.