Sukses

Ada Dian Sastrowardoyo di Aksi Rampok Plastik di Jakarta

'Rampok Plastik' yang ikut dilakukan Dian Sastrowardoyo adalah bagian dari acara menyambut Hari Bumi Sedunia.

Liputan6.com, Jakarta - Dian Sastrowardoyo dikenal sebagai aktris yang cukup peduli pada lingkungan hidup maupun kegiatan sosial lainnya. Seperti baru-baru ini, ia ikut meramaikan aksi ramah lingkungan.

Acara bertajuk "Rampok Plastik" yang diikuti Dian itu diadakan oleh Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP) dan label tekstil Sejauh Mata Memandang (SMM) di Car Free Day di Jakarta, Minggu, 14 April 2019.

‘Rampok Plastik’ merupakan aksi meminta kantong plastik sekali pakai yang dibawa oleh publik untuk ditukarkan dengan tas pakai ulang ramah lingkungan yang telah disediakan oleh penyelenggara.

Dilansir dari Antara, 16 April 2019, aksi ini juga didukung oleh Plaza Indonesia, Pertemanan Sehat, Mata Studio diikutsertai oleh #SahabatDisas.

Dengan titik kumpul di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, dalam waktu 40 menit berhasil terkumpul 1000 kantong plastik yang telah ditukarkan dengan 450 tas pakai ulang. Selain Dian Sastro, aksi ini juga dilakukan oleh Creative Director dan Founder SMM Chitra Subyakto serta Direktur Eksekutif GIDKP Tiza Mafira.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lebih ramah lingkungan

"Kesadaran akan menjaga bumi dari sampah berlebih harus dilakukan lewat pendekatan personal. Tujuannya untuk mengubah pola konsumsi setiap pribadi agar lebih ramah lingkungan," terang Tiza Mafira dalam.

Semua kantong plastik yang terkumpul akan menjadi bagian dari pameran ‘Sejauh Mata Memandang’ yang akan diselenggarakan mulai hari ini, Senin (22/4/2019) di Plaza Indonesia, berkaitan dengan Hari Bumi Internasional atau Hari Bumi Sedunia tiap tanggal 22 April.

"Rencananya Aksi Rampok Plastik ini akan dilakukan secara berkala dan menjadi bagian dari kegiatan kami, yaitu pameran dan peluncuran koleksi," terang Chitra Subyakto.

Kedepannya, GIDKP dan SMM akan mengadakan berbagai kolaborasi yang bertujuan mengubah pola konsumsi masyarakat untuk mengurangi sampah plastik yang semaki membahayakan kesehatan bumi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.