Sukses

Nikmati Lezatnya Pisang Luan Sambal Tomat di Konser Musik Malaka 2019

Liputan6.com, Betun Banyak cara bisa dilakukan untuk menikmati Konser Musik Perbatasan Malaka dan Kefamenanu (KMP-MK) yang digelar pada 24-25 April 2019. Salah satu cara yang patut dicoba adalah sambil menikmati kuliner khas dan kuliner yang direkomendasikan adalah Pisang Luan Sambal Tomat. 
 
Pisang Luan Sambal Tomat adalah kuliner yang memadukan pisang godok plus sambal tomat khas Malaka. Kuliner ini menjadi teman yang pas untuk hadir di Lapangan Paroki Kamanasa (MISI), Betun, Malaka, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang menjadi venue Konser Musik Malaka 2019.
 
“Pastikan akhir bulan ini semuanya berkumpul di Malaka. Ada aksi Maria Vitoria dan Bondan Prakoso. Untuk itu, kami mengundang masyarakat Timor Leste untuk hadir di Malaka. Dan, saat berada di Malaka nanti, jangan lewatkan kuliner khasnya. Namanya Pisang Luan Sambal Tomat,” ungkap Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional III Kemenpar Muh. Ricky Fauziyani, Senin (15/4).
 
Pisang Luan adalah produk khas Malaka. Pisang jenis ini konon tidak dijumpai di daerah lain. Sepintas, Pisang Luan ini mirip dengan Pisang Ambon. Namun, setelah digigit rasanya berbeda. Pisang Luan terasa lebih nikmat dengan teksturnya yang sangat lembut.
 
Pisang Luan kerap digunakan sebagai bahan pangan pokok alternatif. Pisang ini biasanya disajikan dengan cara direbus, dikukus, atau dibakar. Sebagai pendamping, biasanya berupa sambal tomat. Sambalnya ini terbuat dari irisan tomat dan cabai. Untuk menikmatinya, Pisang Luan dicocolkan pada sambal tomat.
 
“Pisang Luan ini direbus setengah matang. Cita rasanya unik, apalagi kelegitan Pisang Luan bercampur dengan rasa asam tomat dan pedasnya cabai. Dijamin mata langsung berbinar. Oleh masyarakat di sana, Pisang Luan Sambal Tomat ini biasanya digunakan untuk sarapan,” terang Ricky lagi.
 
Pisang memang menu sarapan ideal. Pisang memiliki kandungan vitamin, mineral, serat, protein, karbohidrat, dan lemak. Dengan kandungan terbaiknya, pisang menjadi penambah nutrisi dan energi bagi para atlet. Pisang mudah dicerna, lalu kandungan gulanya bisa diubah cepat. 
 
Ricky pun menambahkan, pisang bagus bagi tubuh.
 
“Pisang Luan dan semua jenis pisang pada hakikatnya sangat baik untuk tubuh. Kandungan nutrisi dari buah ini besar. Tubuh akan lebih kuat bila rutin mengonsumsi pisang. Nah, untuk itu, sembari berpesta di KMP-MK 2019, para pengunjung bisa menikmati keunikan cita rasa Pisang Luan Sambal Tomat ini,” kata Ricky.
 
Sesuai dengan kandungan nilai gizinya, ada banyak manfaat yang didapat bagi tubuh. Pisang atau selai ini dipercaya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebab, terdapat kandungan vitamin A, B, dan C. Kandungan buah ini juga bisa mencegah hipertensi. Kandungan kalium pada pisang bisa mengatur keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Hasilnya, aliran darah menjadi lebih stabil.
 
Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya memaparkan, Tanah Timor ini memiliki beagam kuliner unik terbaik.
 
“Pisang Luan Sambal Tomat ini menambah daftar kekayaan kuliner di Indonesia. Dengan beragam suku dan budayanya, Indonesia memiliki varian kuliner yang luar biasa. Menariknya, kuliner ini juga menjadi ikon dan identitas sebuah wilayah. Ayo warga Tiles, silahkan bergabung di Konser Musik Perbatasan Malaka 2019 dan nikmati keunikan dari olahan jenis Pisang Luan ini,” tutup Menpar.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Datang Lagi ke Pulau Dewata Bali, Ini Dia Keseruan Liburan Kim Kardashian
Artikel Selanjutnya
Olahan Sagu Sentani, Poros Kuliner Terbaik Festival Crossborder Skouw 2019