Sukses

6 Alasan Anda Harus Makan Bawang Putih Setiap Hari

Liputan6.com, Jakarta - Bawang putih memiliki citra rasa dan bau khas yang dijadikan sebagai bumbu masak. Selain rasanya yang nikmat, ternyata bawang putih memiliki manfaat alternatif untuk tubuh.

Sudah bukan rahasia lagi di zaman sekarang, bumbu yang masuk dalam umbi-umbian ini bisa dipercaya untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Melansir dari research.org Rabu, 10 April 2019, berikut alasan mengapa Anda harus mengonsumsi bawang putih.

1. Membangun Stamina

Orang Mesir kuno, Romawi, dan Yunani memberi makan bawang putih untuk para pekerja, atlet Olimpiade, tentara, dan pelaut. Hal itu dianggap sebagai penambah kinerja (terutama untuk pria) dan meningkatkan kapasitas kerja.

Efek positif terbesar ditunjukkan pada orang yang memiliki penyakit jantung. Minyak bawang putih yang dikonsumsi selama enam minggu dapat mengurangi denyut jantung yang terlalu kencang dan meningkatkan kapasitas olahraga.

2. Melawan Bakteri dalam Tubuh

Ternyata virus, bakteri, dan parasit tidak menyukai bawang putih. Bumbu masak yang satu ini dapat membantu Anda melawan virus flu sebesar 63 persen. Bawang putih dipercaya dapat mempercepat penyembuhan flu dari tujuh hari menjadi satu setengah hari.

Bawang putih sudah sejak lama digunakan untuk mengobati parasit dan keluhan paru-paru. Bawang putih kaya akan nutrisi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Jika Anda masuk angin, tambahkan bawang putih ke tubuh Anda.

2 dari 3 halaman

3. Anti Racun (Logam Berat ) untuk Tubuh

Zat berbahaya untuk tubuh yaitu merkuri dapat dilawan dengan makan bawang putih setiap hari. Racun berbahaya dari logam berat tersebut dapat menyebabkan kerusakan organ dan otak dan bahkan menyebabkan kematian.

Jika Anda bekerja di sekitar logam berat atau tinggal di rumah tua, pertimbangkan untuk menambahkan bawang putih ke dalam diet Anda. Berhati-hatilah untuk menambahkan terlalu banyak pada makanan bayi –bicaralah dengan dokter anak Anda.

Pekerja pabrik aki mobil mengurangi kadar timbal sebesar 19 persen dan mengurangi efek samping seperti sakit kepala dengan bawang putih. Itu sangat efektif karena bawang putih bekerja lebih cepat dari obat  sakit kepala biasa. 

4. Membersihkan Peredaran Darah

Bawang putih telah terbukti mempengaruhi lemak darah. Jika Anda memiliki masalah dengan kolesterol, cobalah untuk mengonsumsi bawang putih. Suplemen bawang putih bisa menurunkan kolesterol total dan LDL sebesar 10 sampai 15 persen.

Dokter kuno merekomendasikan bawang putih untuk membersihkan arteri jauh sebelum tujuan sebenarnya dari arteri ditemukan. 

3 dari 3 halaman

5. Obat Penyakit Liver

Jika Anda khawatir tentang penyakit jantung, serangan jantung dan stroke, bawang putih adalah ramuan baru Anda. Umbi dengan nama latin Allium sativum ini dapat menurunkan tekanan darah.

Anda harus membuat resep khusus untuk menyembuhkannya. Siapkan kurang lebih empat siung sehari untuk dikonsumsi, Anda bisa mencampurkannya dalam bentuk apa saja atau bisa dimakan secara langsung jika Anda menyukainya. 

6. Bawang Putih Menghentikan Demensia

Demensia seperti penyakit Alzheimer disebabkan oleh radikal bebas dan aksi oksidatifnya. Bawang putih penuh dengan antioksidan yang menghilangkan radikal bebas.

Ketika Anda menggabungkan sifat antioksidan dengan membersihkan arteri dan menurunkan tekanan darah, hal ini juga berkerja pada risiko penyakit otak umum termasuk demensia berkurang. (Adinda Kurnia Islami)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Mendag Pastikan Persediaan Bawang Putih Cukup
Artikel Selanjutnya
Pemerintah Pakai Stok Bawang Putih Importir buat Stabilkan Harga