Sukses

Tips Mengolah dan Memanaskan Sayuran dengan Microwave

Liputan6.com, Jakarta - Kehadiran microwave memang sangat membantu kerja di dapur. Masakan bisa disajikan dengan lebih mudah dengan hadirnya alat masak yang satu ini.

Microwave kini makin banyak digunakan, karena menghangatkan atau memasak makanan dengan perabotan dapur yang satu ini dinilai lebih sehat, dan lebih mudah. Salah satunya adalah memasak sayuran.

Siapa sangka, sayuran juga bisa diolah dengan microwave. Berikut ini ada beberapa tips untuk mengolah sayur dengan benar menggunakan microwave. Apa saja?

Untuk memasak sayur dengan microwave sangat disarankan untuk menggunakan wadah berbahan gelas, keramik, atau plastik yang sudah mempunyai label 'for microwave-oven use'.

Anda juga sebaiknya tahu sayur apa saja yang bisa dimasak dengan microwave dan mana yang tidak. Untuk memanaskan sayur dengan microwave pastikan suhu yang digunakan adalah 165 ┬░ F atau sekitar 73.8 ┬░ C.

Lalu aduk sayuran dan setelah itu tutupi karena panas lembap akan menghancurkan bakteria. Untuk mencairkan sayuran harus benar caranya. Kalau proses mencairkannya tidak benar, rasa makanan bisa saja berubah.

Mencairkan makanan dengan microwave memang cepat, tapi hasil pencairannya kurang merata. Kalau hasil pencairan dari microwave kurang merata, maka bisa berpotensi memicu pertumbuhan bakteri.

Sebaiknya segera masak makanan yang dicairkan dengan microwave meskipun makanan tersebut belum mencair sempurna. (Ivana Okta/Fimela.com)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Manfaat Merawat Kulit dan Rambut Menggunakan Shea Butter
Artikel Selanjutnya
Inovasi dan Eksplorasi Koleksi Tangan di Plaza Indonesia Fashion Week 2019