Sukses

Tips Mengolah dan Memanaskan Sayuran dengan Microwave

Microwave kini makin banyak digunakan untuk memasak karena dinilai lebih sehat, salah satunya untuk memasak sayuran. Bagaimana caranya?

Liputan6.com, Jakarta - Kehadiran microwave memang sangat membantu kerja di dapur. Masakan bisa disajikan dengan lebih mudah dengan hadirnya alat masak yang satu ini.

Microwave kini makin banyak digunakan, karena menghangatkan atau memasak makanan dengan perabotan dapur yang satu ini dinilai lebih sehat, dan lebih mudah. Salah satunya adalah memasak sayuran.

Siapa sangka, sayuran juga bisa diolah dengan microwave. Berikut ini ada beberapa tips untuk mengolah sayur dengan benar menggunakan microwave. Apa saja?

Untuk memasak sayur dengan microwave sangat disarankan untuk menggunakan wadah berbahan gelas, keramik, atau plastik yang sudah mempunyai label 'for microwave-oven use'.

Anda juga sebaiknya tahu sayur apa saja yang bisa dimasak dengan microwave dan mana yang tidak. Untuk memanaskan sayur dengan microwave pastikan suhu yang digunakan adalah 165 ° F atau sekitar 73.8 ° C.

Lalu aduk sayuran dan setelah itu tutupi karena panas lembap akan menghancurkan bakteria. Untuk mencairkan sayuran harus benar caranya. Kalau proses mencairkannya tidak benar, rasa makanan bisa saja berubah.

Mencairkan makanan dengan microwave memang cepat, tapi hasil pencairannya kurang merata. Kalau hasil pencairan dari microwave kurang merata, maka bisa berpotensi memicu pertumbuhan bakteri.

Sebaiknya segera masak makanan yang dicairkan dengan microwave meskipun makanan tersebut belum mencair sempurna. (Ivana Okta/Fimela.com)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.