Sukses

Bikin Makanan Crispy hingga Panggang Kue, Ini 5 Fungsi Tersembunyi Microwave

Liputan6.com, Jakarta - Selama ini, kita hanya mengetahui fungsi microwave sebagai alat memanaskan makanan dingin yang disimpan dalam lemari es. Dalam waktu singkat, Anda sudah bisa menikmatinya.

Namun tahukah Anda bahwa kegunaan microwave tak sebatas menghangatkan makanan saja.

Sejumlah fungsi memasak pun kini sudah melengkapi alat yang mudah ditemukan di toko elektronik ini. Apa saja?

Seperti dikutip dari laman Metalfloss.com, Rabu (26/12/2018), berikut lima fungsi tersembunyi microwave yang sudah dilengkapi fitur tersebut:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

2 dari 6 halaman

1. Memanggang Kue

Sepertinya, peran oven akan sedikit tergantikan oleh microwave yang bisa dipakai memanggang kue. Bahkan, waktu yang diperlukan juga cukup singkat.

Bolu coklat dengan tingkat kematangan sempurna bisa Anda dapatkan dengan benda ini. Untuk membuat kue bolu dalam ukuran kecil (adonan dalam gelas) Anda hanya membutuhkan waktu 90 detik.

3 dari 6 halaman

2. Mengukus Sayuran

Selama ini kita hanya mengenal panci sebagai alat mengukus makanan yang sempurna. Lazimnya, panci akan dilapisi dengan satu penyanggah dengan ukuran lubang kecil-kecil sebagai jalur keluarnya uap.

Namun, microwave juga bisa berperan demikian. Sayuran dalam porsi kecil seperti asparagus, bok choy, dan lainnya bisa dikukus dengan alat ini.

Masukan sayuran ke dalam mangkuk yang diisi sedikit air, maka makanan Anda bisa lembut dengan tekstur seperti sayur yang direbus.

4 dari 6 halaman

3. Makanan Crispy

Makanan crispy identik dengan metode penggorengan. Selain itu, makanan krispi pun juga dinilai banyak mengandung minyak sehingga tak akan sehat.

Ternyata, microwave juga bisa membuat makanan crispy seperti kripik, kentang hingga ayam goreng.

Caranya, potong-potong tipis singkong hingga kentang lalu letakkan di atas piring yang dilapisi kertas minyak. Lalu masak dengan microwave, maka kentang dan singkong itu bisa menjadi crispy.

5 dari 6 halaman

4. Mengupas Bawang

Mengupas bawang putih adalah salah satu tugas paling membosankan. Belum lagi mengupas kulitnya akan terkena sedikit dagingnya dan membuat uapnya naik sehingga mata jadi perih.

Dengan microwave maka hal ini dapat diatasi. Cukup masukan bawang ke dalam alat ini beberapa menit, lalu mulai kupas.

Anda akan merasakan kemudahan saat mengupas bawang yang telah dimasukkan ke dalam microwave.

6 dari 6 halaman

5. Mengupas Jagung

Sama seperti bawang, Anda juga pasti akan kerap menemukan sejumlah kendala apabila mengupas jagung.

Jika mengupas bawang akan membuat mata perih, maka mengupas kulit jangung akan membuat banyak rambutnya menempel di sela-sela bijinya.

Namun, dengan memasakan jagung utuh dalam microwave akan membuat proses pengupasan lebih mudah dan bersih.

Loading
Artikel Selanjutnya
Microwave Bisa Bikin Mesin Lebih Irit, Begini Cara Kerjanya