Sukses

Mengenal Alfito Deannova dan Putri Ayuningtyas, Moderator Debat Cawapres 2019

Sebelum di Debat Cawapres 2019, Alfito Deannova pernah menjadi moderator Debat Cagub DKI 2017.

Liputan6.com, Jakarta - Gelaran debat ketiga Pemilihan Presiden atau Debat Pilpres 2019 akan dilaksanakan pada Minggu, 17 Maret 2019. Debat antar calon wakil presiden (cawapres) ini akan dilakukan di Hotel Sultan, Jakarta Pusat dan dipandu oleh Alfito Deannova Gintings dan Putri Ayuningtyas.

Mereka akan menjadi moderator debat yang diikuti KH Ma’ruf Amin (Cawapres nomor urut 01) dan Sandiaga Uno (Cawapres nomor urut 02). Alfito Deannova merupakan mantan pembawa acara berita televisi yang kini menjabat Pemimpin Redaksi sebuah media online.

Sedangkan Putri Ayuningtyas merupakan pembawa acara berita (news anchor) CNN Indonesia. Alfito sebelumnya pernah menjadi penyiar radio saat masih kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada 1996.

Dilansir dari Antara dan Fimela, ayah dari tiga orang putri ini pernah bergabung dengan beberapa stasiun televisi swasta yaitu SCTV (Liputan 6), TV One dan CNN Indonesia. Kariernya sebagai jurnalis diawali di SCTV pada 2000, tak lama setelah lulus kuliah.

Alfito sudah punya pengalaman menjadi moderator acara debat, yaitu Debat Cagub dan Cawagub DKI Jakarta putaran ketiga pada Februari 2017.

Saat itu ia menjadi moderator tunggal dan mengaku sempat tegang dan gugup. Saat rasa gugup melanda, pria berusia 42 tahun ini berusaha untuk mengendalikannya.

Hal lain yang tak kalah penting adalah persiapan fisik dan mental. Saat itu ia rajin menyantap makanan bergizi dan olahraga yang cukup. "Saya pernah beberapa kali memandu debat Pilkada dan itu bisa dua jam berdiri. Itu sudah risiko jadi moderator," jelas Alfito.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Putri Ayuningtyas

Sementara itu, Putri Ayuningtyas mengawali kariernya di MetroTV pada 2008. Selama setahun ia menjadi reporter dan kemudianbaru menjadi News Anchor di tahun berikutnya.

Perempuan kelahiran Bali ini sempat membawakan program Wide Shot pada 2012. Pada 2015, ia pindah ke CNN Indonesia yang masih dijalaninya sampai saat ini.

Menjelang debat Cawapres, Putri berusaha menjaga kesehatan dan makanan agar badan tetap fit. Untuk penampilan, ia hanya ke salon untuk menata rambutnya agar terlihat lebih fresh.

Seperti apa penampilan dan pembawaan Alfito Deannova dan Putri Ayuningtyas saat menjadi moderator Debat Cawapres, kita tunggu saja besok, Minggu, 17 Maret 2019.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.