Sukses

8 Kuliner di Solo, Masakan dengan Cita Rasa Khas yang Wajib Dicoba

Liputan6.com, Jakarta Memiliki 34 provinsi yang tersebar dari Sabang sampai Merauke membuat Indonesia kaya budaya. Salah satunya dapat dilihat dari sajian kulinernya

Salah satu kota yang memiliki beragam kuliner unggulan adalah Solo. Kota yang berada di Jawa Tengah ini bahkan masuk dalam daftar kota wisata unggulan kuliner di Indonesia versi Kemenpar pada tahun 2015 lalu.

Kuliner di Solo memiliki deretan tempat-tempat wisata kuliner yang menarik. Bagi kamu yang sedang berencana liburan, bisa memasukkan Solo sebagai kota yang perlu kamu kunjungi.

Dilansir Liputan6.com, Jumat (1/3/2019) dari berbagai sumber, berikut deretan kuliner di Solo yang bisa kamu cicipi saat berkunjung ke kota kaya budaya, sejarah dan kuliner ini.

2 dari 5 halaman

Nasi Pecel dan sate kambing Hj Bejo

1. Nasi Pecel Khas Solo

Nasi pecel khas Solo sudah terkenal hingga luar kota Solo sendiri. Ciri khas dari nasi pecel di kota Solo ini adalah cita rasanya yang berbeda dari nasi pecel lainnya.

Campuran sayur-sayur yang direbus dan ditambah bumbu kacang yang disiram diatasnya membuat rasa nasi pecel ini memiliki cita rasa khas. Ditambah kacang goreng halus yang semakin nikmat.

Salah satu tempat yang menjual nasi pecel dengan mudah kamu temukan di Jalan Grogol, Solo. Di tempat ini kamu bisa menikmati nasi pecel dengan sajian sop matahari khas Solo. Nasi pecel khas Solo menjadi primadona bagikuliner di Solo yang patut dicoba.

2. Sate Kambing Hj. Bejo

Kuliner di Solo juga bisa kamu temukan sate buntel yang harus dicicipi. Berlokasi di Jalan Lojiwetan, sate kambing Hj. Bejo ini kuliner di Solo yang terkenal. Di tempat ini kamu bisa menikmati sate buntel daging kambing yang sudah dicincang kemudian dibungkus dengan lemak kambing lalu dibakar.

3 dari 5 halaman

Serabi dan Timlo Sastro

3. Serabi Notosuman

Kuliner di Solo yang cukup legendaris yakni Serabi Notosuman. Dikatakan legendaris karena kuliner ini sudah berdiri sejak 1923. Serabi ini masih eksis hingga sekarang karena memiliki rasa yang sangat lezat.

Serabi Notosuman dimasak dengan cara dan teknik tradisional yang menggunakan tungku kecil. Di tempat ini kamu bisa memilih dua varian rasa serabi, yaitu rasa original dan rasa coklat.

Berlokasi di Jalan Mohammad Yamin No 28 ini bisa kamu jadikan oleh-oleh khas Solo untuk keluarga dan kerabatmu.

4.  Timlo Sastro

Kuliner di Solo selanjutnya yang bisa kamu coba adalah kuliner sup berkuah kaldu bening dengan daging suwir. Kamu bisa menemukan kuliner ini di Jalan Kapten Mulyadi No 8, Solo dengan nama Timlo Sastro.

Tempat ini menjual timlo yang merupakan sup kaldu dengan daging suwir, hati dan ampela, sosis solo dan potongan telur pindang. Di lengkapi dengan sambal dan jeruk nipis serta nasi hangat membuat kuliner khas Solo ini cukup terkenal di beberapa kota di Jawa.

4 dari 5 halaman

Soto ayam dan Tengkleng

5. Nasi Soto Ayam Gading

Nasi soto ayam gading adalah kuliner di Solo yang cocok kamu jadikan santapan di pagi hari. Satu porsi soto ayam ini hanya Rp 12 ribu saja. Berlokasi di Jalan Gading Kidul, sekitar Alun-alun Selatan Kota Solo.

6. Tengkleng Bu Edi

Berlokasi di Jalan Dr. Radjiman, Gajahan, kamu bisa mampir ke Tengkleng Bu Edi. Kuliner di Solo yang mulai buka pukul 14.00 ini sangat ramai dikunjungi pembeli. Jadi bagi kamu yang ingin mencoba nikmatnya tengkleng Bu Edi ini sebaiknya datang lebih awal agar tak kehabisan.

Masakan tengkleng Bu Edi ini menyajikan nasi putih yang dicampur dengan olahan jeroan kambing serta balungan yang disiram kuah kuning dengan rasa yang nikmat. Perpaduan rasa segar, gurih dan sedikit pedas siap menggoyang lidahmu.

5 dari 5 halaman

Selat Solo dan nasi liwet

7. Selat Solo

Salad dengan olahan bumbu yang beda dari kebanyakan salad lainnya bisa kamu coba di Selat Solo Mbak Lies. Berlokasi di Gang II No 42 Serengan, Solo ini menyajikan potongan daging dengan rasa yang berbeda.

Kamu bisa mencicipi ‘fresh salad’ dengan daging yang dimasak semur ala Solo ini serta telur, kentang goreng, tambahan sayur seperti wortel dan buncis yang kemudian diberi saus dengan rasa gurih manis dengan tekstur yang encer.

 

8. Nasi Liwet Wongso Lemu

Kuliner di Solo selanjutnya adalah Nasi Liwet Wongso Lemu. Berada di Jalan Teuku Umar, Keprabon, tempat ini buka pada sore hari sekitar pukul 16.00 hingga pukul 01.00 dini hari. Nasi liwet Wongso Lemu telah berdiri sejak tahun 1950 dan selalu ramai pengunjung hingga kini.

Jika kamu sedang berada di Solo, kuliner di Solo ini wajib untuk kamu cicipi. Sensasi nasi yang diberi ayam suwir, sayur labu, telur rebus dan sambal ini menjadi kuliner yang terkenal asal Solo.

Pesan Kartika Affandi untuk Perempuan Indonesia
Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI, Memudahkan Kamu dalam Bertransaksi
Artikel Selanjutnya
7 Penyebab Ketombe Parah yang Harus Kamu Waspadai, Jangan Disepelekan