Sukses

4 Cara Menghitamkan Rambut Secara Alami, Tampak Sehat dan Terawat

Memiliki rambut hitam dan sehat merupakan dambaan bagi setiap orang.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki rambut hitam dan sehat merupakan dambaan bagi setiap orang. Gaya hidup tidak sehat dan polusi akan membuat rambut terlihat kusam.

Selain itu bertambahnya umur dan tingkat stres yang tinggi akan membuat rambut mudah beruban. Rambut beruban terjadi ketika melanosit di sekitar folikel rambut berkurang atau berhenti memproduksi melanin.

Keratin adalah protein utama yang membangun rambut. Tidak adanya atau kurangnya melanin dalam keratin menyebabkan rambut beruban. Kekurangan melanin dapat disebabkan karena genetika, usia dan perubahan hormon dalam tubuh.

Pewarna rambut kimiawi untuk menghitamkan rambut memang membuat nampak berkilau. Namun jika digunakan dalam jangka panjang, pewarna rambut kimia tak baik untuk kesehatan rambut. Apalagi jika Anda memiliki alergi pada beberapa bahan kimia di pewarna rambut.

Namun tak perlu khawatir, Anda tetap dapat memiliki rambut hitam berkilau bebas uban dengan bahan-bahan alami. Bahan-bahan ini aman untuk kesehatan rambut dan dapat digunakan untuk jangka panjang. Berikut 3 cara menghitamkan rambut secara alami seperti dilansir Liputan6.com dari Stylecrazer, Selasa (19/2/2019).

Selain dengan menggunakan bahan alami, kamu juga bisa loh memperoleh rambut yang hitam dan lebat dengan penggunaan rangkaian produk perawatan rambut yang tepat, seperti shampo dan kondisioner dari PANTENE Gold Series Black and Glossy.

Dengan kandungan Vitamin E yang diperkaya dengan Pro-Vitamin dan antioksidan, shampo dan kondisioner PANTENE Gold Series Black and Glossy membantu menjaga hitam alami rambut dan merawat rambut dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar UV. Formula terbaik ini membantu mengunci nutrisi di setiap helai rambut, sehingga membantu rambutmu menjadi kuat dan sehat serta lebih fleksibel dan tidak mudah patah.

Kalau kamu masih ingin mencoba cara alami untuk menghitamkan rambut, bahan-bahannya jugamudah. Bahan-bahan ini aman untuk kesehatan rambut dan dapat digunakan untuk jangka panjang.Berikut 3 cara menghitamkan rambut secara alami seperti dilansir Liputan6.com dari Stylecrazer, Selasa(19/2/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Teh Hitam

Teh hitam dapat menghitamkan rambut Anda dan membuatnya gelap. Teh hitam juga menambah kilau pada rambut Anda, menjadikannya obat yang sangat baik untuk menghidupkan kembali rambut kusam dan kering.

Bahan:

- 2 sdt Daun Teh Hitam

- 1 gelas air

Cara Pengaplikasian:

- Rebus teh hitam dengan secangkir air dan diamkan selama beberapa menit.

- Sisihkan ampas dan larutannya hingga dingin.

- Setelah teh mendingin, oleskan ke rambut Anda dan biarkan selama satu jam.

- Bilas rambut Anda dengan air dingin yang mengalir.

- Jangan keramas setelah melakukan hal ini.

- Ulangi ritual ini sekali dalam dua minggu.

3 dari 5 halaman

Minyak Kelapa dan Lemon

Minyak kelapa kaya akan mineral dan buah lemon mengandung vitamin C. Kombinasi sempurna ini dapat menyulap rambut uban Anda terlihat lebih gelap. Menggunakannya secara rutin akan mengatasi rambut kusam dan menjadi hitam berkilau.

Kelapa dan lemon akan mencegah berubahnya warna pada rambut. Kandungan dalam kelapa dan lemon dapat menjaga sel-sel pigmen di folikel rambut Anda.

Bahan:

- 2 sdm Minyak Kelapa

- 1 sdm Jus Lemon

Cara pengaplikasian:

- Campurkan bahan dalam mangkuk dan aplikasikan pada rambut Anda.

- Pijatkan campuran itu ke kulit kepala Anda dan ratakan sampai ke ujung rambut Anda.

- Setelah semua rambut Anda tertutup, biarkan selama 30 menit.

- Cuci rambut Anda dengan sampo ringan bebas sulfat.

- Lakukan selama dua kali seminggu.

4 dari 5 halaman

Kulit Kentang

Larutan kulit kentang membantu menyamarkan uban dengan menambahkan pigmen rambut. Ini adalah salah satu solusi termudah untuk menyamarkan uban Anda.

Bahan:

- Kulit kentang dari 6 kentang.

- 2 gelas air

Cara pengaplikasian:

- Rebus kulit kentang sampai Anda mendapatkan larutan tepung yang agak kental.

- Biarkan larutan dingin lalu saring kulit kentang dan kumpulkan hasil larutan dalam cangkir.

- Cuci rambut Anda dan kemudian tuangkan larutan kulit kentang untuk membilas rambut Anda.

- Lakukan hal ini 1-2 kali seminggu.

5 dari 5 halaman

Kopi Hitam

Kopi memang bukan solusi permanen untuk rambut kusam. Namun dengan penggunaan teratur, ini dapat menghitamkan rambut Anda hingga rambut terlihat gelap dan menutupi kekusamannya.

Bahan:

1 cangkir kopi murni yang telah diseduh

Cara pengaplikasian:

- Seduh kopi hitam murni lalu diamkan hingga dingin.

- Setelah dingin, tuangkan kopi ke rambut Anda sambil memijatnya.

- Setelah Anda menuangkan semua kopi ke rambut Anda, biarkan rambut Anda selama 20 menit.

- Bilas rambut Anda dengan air mengalir dan tak perlu keramas lagi.

- Ulangi ini dua kali seminggu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini