Sukses

Inilah 6 Keuntungan Memakai BPJS

BPJS menyediakan banyak sekali keuntungan bagi masyarakat. Cari tahu, yuk!

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah telah membentuk badan usaha yang memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat, yaitu BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan sendiri merupakan bentuk transformasi dari layanan yang sebelumnya, Askes.

Bagi Anda yang telah memiliki BPJS tetapi belum mengetahui apa saja benefit-nya, artikel ini akan merangkum enam keuntungan memakai BPJS Kesehatan untuk Anda.

1. Semua penyakit ditanggung BPJS Kesehatan

Semua pelayanan kesehatan yang sifatnya pengobatan terhadap Peserta BPJS, maka dapat ditanggung BPJS Kesehatan. Intinya, penyakit yang masuk dalam indikasi medis sesuai dengan prosedur JKN. Sesuai dengan pedoman pelaksanaan JKN--Permenkes nomor 28 tahun 2014--semua ditanggung kecuali yang disebutkan secara eksplisit tidak masuk pertanggungan, seperti estetika, infertilitas, alternatif, dan komplementer.

2. BPJS Kesehatan menjamin penyakit yang dikecualikan

BPJS Kesehatan masih tergolong baru jika dibandingkan dengan jaminan kesehatan atau asuransi lainnya, sehingga mungkin masih banyak peraturan yang masih membuat para peserta bingung. Walau begitu, BPJS kesehatan merupakan premi termurah yang siap menanggung penyakit yang dikecualikan banyak asuransi pada umumnya, seperti kanker, penyakit hormonal, penyakit kongenital, hemodialisis, dan penyakit jiwa.

3. Menanggung tanpa melihat kondisi sebelumnya

BPJS Kesehatan merupakan asuransi yang menerapkan sistem gotong royong, yang sehat membantu yang lemah. Maka dari itu, BPJS Kesehatan akan membantu peserta BPJS yang sakit tanpa melihat kondisi sebelumnya dan tanpa batasan penyakit. BPJS juga membantu peserta yang mengalami sakit seumur hidup atau penyakit besar, seperti thalassemia, gaga ginjal kronis, kanker, penyakit jantung, dan penyakit lainnya yang tidak ada di asuransi lain.

4. Preminya murah

Premi BPJS Kesehatan sangatlah murah jika Anda bandingkan dengan yang lainnya. Murah bukan berarti murahan dengan keuntungan yang dapat diberikan BPJS Kesehatan kepada semua peserta. Adapun iuran BPJS Kesehatan untuk Kelas 1 Rp 80.000, Kelas 2 Rp 51.000 dan Kelas 3 Rp 25.500. Dengan iuran itu, Anda sudah bisa di-cover banyak penyakit, rawat inap, pembedahan, obat, dan melahirkan. Bahkan, cuci darah dapat ditanggung BPJS Kesehatan.

5. Berani menjamin seumur hidup

Hanya dengan iuran peserta atau premi yang tidak terlalu besar, seluruh peserta BPJS kesehatan memiliki proteksi hingga seumur hidup. Semua keuntungan tersebut menjadi hak bagi setiap peserta, tentunya semua dapat diberikan jika peserta memenuhi kewajibannya. Kewajiban perserta adalah membayar iuran premi tepat waktu dan mengikuti aturan berobat yang telah ditetapkan oleh BPJS Kesehatan.

6. Pembayaran mudah, bisa lewat Traveloka App

Saat ini Anda sudah tidak perlu memusingkan lagi soal pembayaran BPJS yang harus melalui mesin ATM, karena kini dengan fitur myBills dari Traveloka App, Anda bisa bayar BPJS online menggunakan satu platform saja. Kini, bayar BPJS bisa di mana saja dengan Traveloka. Sangat memudahkan Anda, bukan?

 

 

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.