Sukses

Trik Jaga Diet Meski Tetap Makan Banyak

Liputan6.com, Jakarta - Menurunkan berat badan erat kaitannya dengan mengurangi porsi makan. Banyak orang yang terpaksa mengurangi porsi makan sehari-hari demi mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan atau ideal.

Padahal tanpa mengurangi porsi makan sekalipun, keinginan untuk mendapatkan bentuk tubuh langsing tetap bisa terwujud asalkan diimbangi dengan pola makan sehat, teratur, dan bergizi seimbang.

Selain baik untuk tubuh, makanan bergizi tinggi membuat Anda merasa kenyang dan bertenaga setiap hari. Berat badan ideal, tubuh tetap sehat.

Agar perut tidak sengsara karena menahan rasa lapar, berikut beberapa rahasia diet yang perlu Anda terapkan tanpa mengurangi porsi makan sedikitpun, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Konsumsi Makanan Kaya Serat

Makanan berserat tinggi memperlancar pencernaan manusia sehingga baik dikonsumsi saat diet. Dengan mengonsumsi serat setiap hari, sisa makanan yang tidak diperlukan oleh tubuh dapat segera dikeluarkan, sehingga lemak yang ada pada tubuh tidak menumpuk.

Makanan seperti kacang-kacangan, agar-agar, dan paprika juga bahan makanan lain yang memiliki kandungan serat tinggi dan dapat disantap setiap hari, baik sebagai menu utama ataupun tambahan makanan.

2 dari 5 halaman

Minum Banyak Air Putih

Air putih juga ampuh untuk menurunkan berat badan. Apabila kandungan air di dalam tubuh terpenuhi, proses pembuangan sisa-sisa makanan menjadi lebih lancar, kesehatan kulit Anda juga lebih terjaga.

Meskipun dampaknya Anda sering bolak-balik ke kamar mandi, tetapi percayalah bahwa kebiasaan ini sangat baik untuk menurunkan berat badan. Minum air putih setidaknya 2 liter per hari agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

3. Perbaiki Jam Tidur Malam

Masih sering begadang? Sebaiknya jangan lakukan lagi. Begadang tanpa disadari dapat memicu meningkatnya berat badan secara perlahan. Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian yang pernah dilakukan di Harvard University dan National Sleep Foundation.

Maka itu, segera perbaiki jam tidur Anda di malam hari. Tingkatkan jam tidur minimal 7-8 jam per hari untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

3 dari 5 halaman

4. Fokus Mengonsumsi Makanan Sehat

Berat badan dapat turun dengan cepat apabila Anda mau fokus terhadap makanan yang dikonsumsi. Artinya, perhatikan takaran gizi yang ada di dalam makanan tersebut. Pastikan makanan tersebut tidak hanya enak di mulut saja, tetapi juga baik bagi tubuh.

Hindari makanan yang mengandung gula, lemak, dan karbohidrat yang tinggi, seperti gorengan, nasi putih, kentang, dan jeroan. Ganti makanan ini dengan makanan yang kaya akan protein, lemak baik, dan vitamin, seperti alpukat, salmon, kacang-kacangan, buah, dan sayur-sayuran hijau.

5. Hindari Tidur Setelah Makan

Tidur di kala perut terasa kenyang memang sangat enak, seperti tidak ada beban hidup. Jika kebiasaan ini tidak segera diubah, yang ada perut Anda akan bertambah buncit.

Sebab, makanan tidak dapat turun secara sempurna jika Anda berada dalam posisi tidur. Sebaiknya hindari kebiasaan ini agar bentuk tubuh menjadi ideal dan perut tetap rata, atau malah six pack seperti yang Anda dambakan.

4 dari 5 halaman

6. Minum Perasan Air Jeruk Lemon

Air jeruk lemon mengandung rasa asam yang baik untuk membakar lemak. Tidak hanya itu, air asamnya juga baik untuk melancarkan pencernaan, jadi sangat bagus jika dikonsumsi setiap hari dalam takaran yang sesuai.

Minumlah segelas air jeruk lemon di pagi hari setelah bangun tidur untuk mengeluarkan racun yang tersisa pada hari sebelumnya. Anda juga bisa meminumnya di malam hari sebelum tidur, sehingga keesokan paginya, racun tersebut dapat dikeluarkan ketika Anda ke kamar kecil.

7. Jangan Memikirkan Makanan yang Dikonsumsi

Makanan apapun yang Anda konsumsi, sebaiknya jangan dipikirkan. Sebab apa yang Anda pikirkan akan tersugesti ke seluruh tubuh. Misalnya, karena takut gemuk, Anda melewatkan jam makan malam karena makanan yang tersaji terbuat dari kacang-kacangan atau daging merah.

Anda tidak seharusnya melewatkan makan malam agar asupan gizi dalam tubuh tetap terpenuhi. Selagi makanan itu sehat, bobot tubuh Anda tidak akan membengkak. Antisipasi hal seperti ini dengan berolahraga dahulu untuk membakar karbohidrat yang lama sebelum akhirnya memasukkan karbohidrat yang baru.

5 dari 5 halaman

8. Hindari Olahraga yang Terlalu Berat

Pilihlah jenis olahraga yang ringan setiap kali Anda pergi ke gym atau fitness. Olahraga yang terlalu berat dapat memicu rasa lapar, sehingga makanan yang dikonsumsi menjadi lebih banyak.

Sebaiknya lakukan olahraga yang ringan saja, seperti lari, squat, atau senam yang tak kalah ampuh untuk menurunkan berat badan.

9. Perhatikan Kualitas Makanan, Bukan Kuantitas

Sebelum menyantap sesuatu, coba perhatikan kualitas makanan tersebut. Apakah makanan tersebut mengandung protein, lemak baik, dan vitamin yang tinggi atau sebaliknya.

Makanan yang berkualitas tentu memberi efek yang baik bagi tubuh. Selain memenuhi takaran gizi yang dibutuhkan, makanan tersebut lebih mengenyangkan dan tidak menyebabkan rasa kantuk. Alhasil, aktivitas harian Anda tidak terganggu, melainkan menjadi lebih produktif.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Tunangan, Katy Perry dan Orlando Bloom Unggah Foto Kembar

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Ingin Jadi Digital Marketer? Kursus Online Ini Bisa Jadi Pilihan
Artikel Selanjutnya
Sudahkah Anda Jadi Pemimpin Keluarga yang Baik? Lakukan Cara Ini