Sukses

10 Cara Memakai Jilbab Segi Empat Kekinian yang Sederhana

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak tahu jilbab? Berjilbab lazimnya digunakan oleh wanita yang beragama islam. Fungsi jilbab sendiri bukan hanya sebagai penutup aurat tapi juga sebagai identitas bagi wanita muslim.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, jilbab adalah kerudung lebar yang dipakai wanita muslim untuk menutupi kepala dan leher sampai dada. Saat ini, makin banyak perempuan muslim yang sadar untuk menutup aurat, salah satu cara yang dianjurkan adalah dengan memakai jilbab.

Di Indonesia sendiri, mayoritas perempuan muslim mengenakan kain yang dipakai untuk menutup bagian kepala hingga dada ini seperti model jilbab segi empat, scraft, atau bahkan selendang atau biasa disebut pashmina.

Semakin berjalannya waktu, penggunaan model jilbab pun juga semakin bervariasi. Saat ini, rata-rata perempuan mengenakan jilbab ingin tampil sederhana namun tetap stylish dengan jilbabnya. Hal itu didasari oleh beberapa faktor seperti kesibukan dari masing-masing perempuan atau bahkan memang tidak ingin terlihat ribet. Model jilbab segi empat dengan berbagai bahan pun dipilih untuk soal kepraktisan.

Oleh karena itu, kamu yang aktif bergerak dan menggunakan hijab juga butuh sampo dan kondisioner yang tepat untuk membantu menjaga kesehatan dan kesegaran rambut di balik hijab. Salah satunya dengan REJOICE 3-in-1 Perfect Cool Shampoo dan REJOICE 3-in-1 Perfect Conditioning Conditioner.

Dua rangkaian produk ini mampu membantu merawat rambut dan memberikan kesejukan dari subuh hingga isya. Selain itu, formula yang terkandung di dalamnya juga memberikan kesegaran dan keharuman bunga kasturi sepanjang hari. Sehingga memungkinkan kamu terbebas dari bau apek selama menggunakan hijab walaupun bebas bergerak aktif.

Nah, kali ini Liputan6.com, rangkum dari berbagai sumber beberapa cara memakai jilbab segi empat kekinian yang sederhana, Kamis (17/1/2019) . Tutorial ini bisa Anda contek untuk kegiatan sehari-hari atau untuk menghadiri acara-acara tertentu. Semoga bisa menjadi referensi gaya Anda dalam berhijab, ya.

2 dari 4 halaman

Ragam cara memakai jilbab segi empat

1. Anti Ribet

Cara memakai jilbab yang ini sangat mudah sekali. Anda cukup sampirkan saja sisa jilbab ke bahu kanan dan kiri. Model ini paling banyak digunakan, soalnya simple dan praktis sekali. Kalau takut jilbabnya tidak rapi, Anda bisa sematkan peniti ke bagian baju.

2. Simpel dan Rapi

Jika Anda memiliki banyak kegiatan, cara memakai jilbab segi empat ini bisa jadi model andalan. Tinggal ikat ujung jilbab ke belakang dan dimasukkan ke bagian dalam. Ikatan tadi tidak terlihat dari luar, jadi Anda akan terlihat rapih dengan model jilbab ini.

3. Tampil Syar’i

Siapa bilang jilab segi empat tidak bisa dijadikan model jilbab syar’i. Buat Anda yang ingin berpenampilan syar’i dengan jilbab segi empat, cukup memilih jilbab yang lebih lebar dan julurkan satu sisinya ke bagian dada. Agar model jilbabnya tidak berubah bentuk, bisa sematkan peniti atau bros, ya.

4. Model Ikat

Cara memakai jilbab segi empat ini juga sangat mudah. Cukup mengikatkan ujung jilbab. Atur ikatan sedemikian rupa agar tetap terlihat rapih. Ikatannya dibuat longgar saja, agar tidak terlalu kaku.

5. Rapi dan Formal

Kalau Anda tipe orang yang serba rapi dalam berbusana, cara memakai jilbab segi empat ini bisa menjadi pilihan. Caranya, sisa jilbab di bagian depan dililitkan ke leher dan ikat ujungnya hingga terlihat ketat rapi. Pas banget untuk menghadiri acara formal.

3 dari 4 halaman

Simpel dan modis

6. Buat dengan Simpul

Anda bisa juga membuat simpul dengan sisa jilbab di bagian depan. Caranya, lilitkan ke bagian samping dan ikat hingga membentuk simpul. Cara memakai jilbab segi empat ini bisa Anda gunakan untuk ke pesta atau acara formal.

7. Syar’i tapi Simpel

Kalau Anda ingin menutupi bagian dada dengan jilbab, bisa coba cara ini. Model anak pesantren ini cukup mudah cara mengaplikasikannya. Cukup buat ikatan kecil di bagian ujung bawah. Dengan begini, jilbab mu akan terjaga agar tidak terbang kemana-mana.

8. Simpel dan Modis

Style berhijab yang simple bukan berarti nggak bisa fashionable. Bahkan dengan cara yang simple Anda bisa menunjang penampilan menjadi lebih modis. Berikut ini caranya:

1. Pasang kerudung segi empat di kepala. Sebelumnya pakailah ciput atau inner jilbab terlebih dahulu. Pastikan agar bagian kanan lebih panjang daripada bagian kiri. Bagian kiri cukup sepanjang dada atas.

2. Sematkan tepi kerudung yang dekat dengan kedua telinga dengan jarum.

3. Sematkan ujung hijab segi empat yang pendek (kiri) dengan jarum di bagian dada atas.

4. Majukan kerudung sampai menutupi sebagian pipi.

5. Ambil bagian kerudung yang panjang (kanan), kemudian tarik ujung dalamnya menyilang hingga ke telinga kiri.

6. Tarik terus ujung kerudung hingga kembali ke sebelah kanan.

7. Terakhir sematkan sisa kain yang menjuntai dengan jarum agar menempel pada inner. Letaknya di dekat mata kanan.

4 dari 4 halaman

Jilbab kreasi

9. Tampil dengan Kreasi

Ada banyak cara untuk mengkreasikan jilbab segi empat. Anda bisa menyesuaikannya sesuai dengan outfit harian atau keperluan.

- Lipat jilbab menjadi bentuk segitiga, kemudian kerudungkan dengan kedua sisi sama panjang.

- Bawa kain sisi kanan ke arah sisi kiri melewati depan seperti di dalam gambar.

- Sematkan ujung sisi kanan yang ditarik tadi dengan jarum pentul. Sematkan beberapa sentimeter di belakang pelipis kiri agar inner terlihat.

- Rapikan sisa kain dari sebelah kanan yang sudah disematkan di dekat pelipis kiri tadi dengan membawanya ke arah pundak sebelah kiri.

- Sematkan kain dengan jarum pentul di pundak kiri agar terlihat rapi.

- Tarik sedikit kain dari sisi kiri yang menempel pada pelipis untuk memperlihatkan inner. Setelah itu sematkan dengan menciptakan efek kerutan.

- Lipat sedikit sisa kain sebelah kiri ke arah belakang, kemudian sematkan dengan jarum atau pin yang cantik.

 

10. Untuk Pesta Pernikahan

Tak cuma untuk menunjang OOTD, jilbab segi empat juga bisa digunakan untuk mempermanis tampilan saat menghadiri acara pesta. Agar tampilanmu makin glamor Anda bisa menambahkan beberapa aksesori.

- Bentuk hijab segi empat menjadi segitiga.

- Kerudungkan jilbab dengan bagian kiri dan kanan sama panjang.

- Sematkan jarum di bagian pipi bawah sebelah kiri.

- Sematkan juga bagian kanan dengan jarum.

- Pastikan kedua sisi benar benar sama panjang.

- Tarik kedua sisi jilbab ke bagian kanan belakang.

- Ambil ujung kain yang paling panjang.

- Tarik ke puncak kepala hingga membentuk layer cantik. Sematkan dengan jarum pentul.

 

Itu tadi ragam cara memakai jilbab segi empat yang sederhana namun tetap bisa menunjang penampilan. Selamat mencoba.

 

Reporter: Nisa Mutia sari