Sukses

Cara Memakai Hijab Segi Empat Simple, Mudah dan Fashionable

Dengan semakin banyaknya wanita muslim yang berkesadaran untuk menutup aurat, tentu tak mengherankan jika cara memakai jilbab dewasa ini semakin variatif.

Liputan6.com, Jakarta Perkembangan gaya dan trend wanita muslim di Indonesia saat ini sudah semakin maju dan stylish. Dengan semakin banyaknya wanita muslim yang memiliki kesadaran untuk menutup aurat, tak mengherankan jika saat ini jenis hijab dan mencari cara memakai hijab atau jilbab simple, mudah dan fashionable.

Secara etimologi hijab sendiri berarti penutup atau penghalang. Maknanya sangat luas, tidak terbatas pada kain penutup kepala. Hijab lebih mencakup semua aspek yang menutupi aurat wanita dari ujung rambut sampai kaki.

Berhijab atau menutupp aurat pada dasarnya merupakan kewajiban bagi wanita yang sudah tertulis dalam Al-Qur’an QS. An Nur: 30-31 yang artinya: “Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak- budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita”.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Hadist yang mewajibkan wanita untuk berhijab

Adapun hadist yang mewajibkan wanita untuk berhijab atau menutup aurat Dari Ummu ‘Athiyyah, ia berkata, “Pada dua hari raya, kami diperintahkan untuk mengeluarkan wanita-wanita haid dan gadis-gadis pingitan untuk menghadiri jamaah kaum muslimin dan doa mereka. Tetapi wanita-wanita haid harus menjauhi tempat shalat mereka. Seorang wanita bertanya: “Wahai Rasulullah, seorang wanita di antara kami tidak memiliki jilbab (bolehkan dia keluar)?” Beliau menjawab, “Hendaklah kawannya meminjamkan jilbabnya untuk dipakai wanita tersebut.” (HR. Bukhari no. 351 dan Muslim no. 890).

Setelah mengetahui kewajiban bagi seseorang wanita untuk memakai hijab, penting juga untuk mengetahui cara memakai hijab atau jilbab. Salah satu gaya berhijab yang trend dan paling banyak digunakan perempuan saat ini yaitu model hijab segi empat yang simple dan mudah digunakan sehari-hari namun tetap fashionable.

Saat ini kreasi dan cara memakai hijab segi empat mulai beragam. Jilbab segi empat termasuk salah satu jenis kain hijab yang populer di antara hijaber dan jilbaber modern. Kalau dulu banyak orang kebingungan mencari model jilbab segi empat yang tidak monoton, yang terjadi kini justru sebaliknya. Kerudung seperti ini disukai karena mudah dikenakan dan bisa dimodifikasi dengan berbagai cara. Sebenarnya ada banyak cara memakai jilbab segi empat yang bisa dicoba, baik untuk harian maupun acara resmi. Nah, berikut ini Liputan6.com, Rabu (9/1/2019) ulas cara memakai hijab segi empat yang simple serta macam-macam hijab segi empat.

3 dari 5 halaman

Macam-macam hijab segi empat

Sebelum menengok cara memakai hijab segi empat, alangkah baiknya kamu mengetahui dulu macam-macam hijab segi empat. Ini perlu karena beda macam, beda pula cara memakai hijabnya.

- Hijab rawis

Hijab ini memiliki bahan yang dingin dan lembut sehingga nyaman dipakai dan tidak licin.

- Hijab segi empat satin

Sesuai dengan namanya, hijab ni menggunakan bahan satin yang permukaannya mengkilap sehingga memberi kesan mewah pada pemakainya.

- Hijab segi empat paris

Jenis hijab satu ini sangat populer dan digemari banyak kaum Hawa. Pasalnya, hijab ini bahannya halus dan perawatannya tidak sulit. Bahkan hijab ini tidak mudah kusut.

- Hijab segi empat syar'i

Dibanding hijab lainnya, hijab syar'i hadir dengan bentuk yang lebih lebar sehingga dapat menutupi area lebih panjang. HIjab ini biasanya terbuat dari bahan katun yang tebal dan tidak menerawang.

- Hijab segi empat tassel

Berbeda dengan hijab biasanya, hijab ini memiliki hiasan tassel pada tepiannya. Tassel biasanya terbuat dari bahan woll yang diikat menyerupai hiasan ujung tasbih.

- Hijab segi empat cassablanca

Hijab ini menggunakan bahan polyster atau kain sintetis. Hijab ini memiliki tekstur tebal dan halus.

4 dari 5 halaman

Cara memakai hijab segi empat yang simple dan mudah

Sesuai dengan namanya, cara memakai hijab segi empat ini nggak ribet dan pengaplikasiannya simple. Sehingga mudah dipraktikkan oleh siapa aja.

1. Sebelumnya pakailah ciput atau inner jilbab terlebih dahulu.

2. Pasang kerudung segi empat di kepala. Pastikan agar bagian kanan lebih panjang daripada bagian kiri. Bagian kuri cukup sepanjang dada atas.

3. Sematkan tepi kerudung yang dekat dengan kedua telinga dengan jarum.

4. Sematkan ujung hijab segi empat yang pendek (kiri) dengan jarum di bagian dada atas.

5. Ambil bagian kerudung yang panjang (kanan), kemudian tarik ujung dalamnya menyilang hingga ke telinga kiri.

6. Tarik terus ujung kerudung hingga kembali ke sebelah kanan.

7. Terakhir sematkan sisa kain yang menjuntai dengan jarum agar menempel pada inner. Letaknya di dekat mata kanan.

5 dari 5 halaman

Cara memakai hijab segi empat yang fashionable dan kreatif

Bosan dengan cara memakai hijab segi empat yang gitu-gitu mulu? Maka cara memakai hijab ini cocok buat kamu yang berjiwa kreatif.

1. Lipat jilbab menjadi bentuk segitiga.

2. Kerudungkan dengan kedua sisi sama panjang.

3. Bawa kain sisi kanan ke arah sisi kiri melewati depan.

4. Sematkan ujung sisi kanan yang ditarik tadi dengan jarum pentul.

5. Sematkan beberapa sentimeter di belakang pelipis kiri agar inner terlihat.

6. Rapikan sisa kain dari sebelah kanan yang sudah disematkan di dekat pelipis kiri tadi dengan membawanya ke arah pundak sebelah kiri.

7. Sematkan kain dengan jarum pentul di pundak kiri agar terlihat rapi.

8. Tarik sedikit kain dari sisi kiri yang menempel pada pelipis untuk memperlihatkan inner.

9. Setelah itu sematkan dengan menciptakan efek kerutan.

10. Lipat sedikit sisa kain sebelah kiri ke arah belakang.

11. Kemudian sematkan dengan jarum atau tambahkan pin yang cantik.

Nah, itu tadi cara memakai hijab yang simple dan mudah namun tetap fashionable. Selamat mencoba. Semoga hari-harimu semakin lebih percaya diri.

 

Reporter: Heri Setiawan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini