Sukses

5 Tempat Prosesi Dhaup Ageng Putra Mahkota Paku Alam X

Mana saja tempat yang digunakan untuk penyelenggaraan prosesi Dhaup Ageng tahun ini?

Liputan6.com, Jakarta - Upacara pernikahan agung atau Dhaup Ageng BPH Kusumo Bimantoro dan Maya Lakshita Noorya mencapai puncaknya saat akad nikah besok, Sabtu, 5 Januari 2019. Lokasinya tentu saja berada di Pura Pakualaman. Namun, setiap prosesi memiliki tempatnya sendiri yang masih berada di dalam dan sekitar lingkungan Pura Pakualaman.

Ada beragam prosesi yang dijalani oleh kedua mempelai, sesuai adat turun-temurun di lingkungan Istana Pakualaman. Dilansir dari Instagram @kadipatenpakualaman, berikut adalah tempat diselenggarakannya prosesi Dhaup Ageng Putra Mahkota Paku Alam X.

1. Bangsal Sewatama

Bangunan ini adalah bangunan besar berupa pendopo yang terletak di dalam Pura Pakualaman. Atapnya berbentuk limas berjajar tiga yang membujur ke arah utara dan selatan.

Bangunan Bangsal Sewatama digunakan sebagai pusat acara, seperti panggih kedua mempelai, sungkeman dan resepsi yang diselenggarakan di beberapa ruangan. Selain acara Dhaup Ageng, bangunan ini juga biasa digunakan untuk beberapa pertemuan resmi kenegaraan.

2. Kagungan Dalem Bangsal Parangkarsa

Terletak di bagian barat Bangsal Sewatama, bangunan ini berfungsi sebagai tempat persiapan putra dan putri Paku Alam kala mereka hendak menikah. Untuk Dhaup Ageng kali ini, tempat ini dipakai sebagai tempat upacara siraman Calon Pengantin Pria. Bagian-bagian dari bangunan ini adalah kamar tidur, ruang pertemuan, dan bangunan Sewabujana, tempat terbuka untuk jamuan makan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ruang Pingitan hingga Ruang Akad Nikah

3. Gedhong Ijem

Sebelah utara bangunan Kagungan Dalem Bangsal Parangkarsa, ada Gedhong Ijem. Gedung ini menjadi kamar Calon pengantin pria. Bangunan ini menyatu pula dengan Gedhong Maerakaca. Calon pengantin pria juga dipingit di bangunan ini hingga akad nikah.

4. Kepatihan

Kepatihan terletak di luar istana Pakualaman. Bangunan inilah yang ditempati oleh calon pengantin wanita beserta keluarganya untuk menginap. Upacara siraman calon pengantin wanita, midodareni, dan sengkeran dilaksanakan di Kepatihan.

Di hari-hari biasa, Kepatihan menjadi kantor Pakualaman. Gedung Kepatihan ini memiliki aula yang digunakan sebagai tempat pertemuan yang bersifat resmi maupun sosial budaya.

5. Masjid Besar Pakualaman

Ketika melaksanakan prosesi akad nikah, Kusumo Bimantoro dan Maya Lakshita Noorya akan menikah di masjid ini. Letaknya hanya berada di sisi barat daya Pura Pakualaman. Di masjid ini ada ruang Pengulon, di mana pada prosesi akad nikah, calon pengantin wanita menempati ruang tersebut. (Esther Novita Inochi)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.