Sukses

Pesona di Balik Sosok Pendiam Putra Sulung Paku Alam X, Calon Pengantin Dhaup Ageng

Liputan6.com, Jakarta - Bendara Pangeran Harya (BPH) Kusumo Bimantoro, yang merupakan Putra sulung penguasa Pura Pakualaman KGPAA Paku Alam X akan menikah dengan Maya Lakshita Noorya pada Sabtu, 5 Januari 2019.

Keduanya kini sedang menjalani prosesi "nyengker" atau pingitan sebelum mereka menikah nanti. Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dijadwalkan menghadiri pernikahan agung 'Dhaup Ageng' tersebut. Lalu siapa sebenarnya sosok sang calon pengantin ini?

Kusumo Bimantoro atau akrab disapa Suryo dilahirkan dan besar di lingkungan Pura Pakualaman, DIY. Putra pertama dari Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (K.G.P.A.A.) Paku Alam X dan G.K.B.R.Ay.A. Paku Alam ini tergolong sosok pendiam.

Dia tetap diajarkan untuk tetap ramah, sopan dan berbaur dengan para kerabat. Tumbuh di lingkungan Pura Pakualaman, Suryo kecil bersekolah di TK dan SD Puro dan sangat menyukai pelajaran Matematika dan Fisika.

Ia termasuk murid cerdas, terbukti pernah menjuarai Olimpiade Fisika saat duduk di bangku SMP 5 Yogyakarta. Pria kelahiran 26 tahun lalu ini sempat juga mengambil program akselerasi selama 2 tahun.

Lulus SMP, putra dari Paku Alam X ini melanjutkan ke SMA 5 Yogyakarta. Di sekolah inilah, Suryo bertemu dan menjalin kasih dengan Maya Lakshita Noorya atau biasa disapa Shita. Jalinan asmara tersebut berlanjut saat ia kuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM). 

2 dari 2 halaman

Hobi Traveling

Di waktu luang, Suryo kerap bermain dengan sang adik, Bismo yang usianya lima tahun di bawahnya. Suryo dan keluarganya juga sering pergi berlibur. Ia pernah mengunjungi beberapa kota, seperti ke rumah sang Eyang di Semarang, dan kota lain Jakarta, Bandung, hingga Pulau Bali. Keluarga Suryo ternyata memang suka traveling.

Sementara itu, Maya Lakhsita Noorya merupakan putri dari Mandiyo Prio dan Rini Wijayanti. Ia lahir di Sleman pada 27 April 1991. Jenjang pendidikan yang ditempuhnya dimulai dari TK Masjid Syuhada Yogyakarta, SD Muhammadiyah Sukonandi Yogyakarta, SMP N 5 Yogyakarta, dan SMA N 5 Yogyakarta.

Shita yang akan menikah dengan putra pertama Paku Alam X ini kuliah di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Meningkatkan Performa Laptop Gaming
Artikel Selanjutnya
Sehatnya Bersepeda Pagi Keliling Yogyakarta