Sukses

Cara Membuat Saus Asam Manis Nanas yang Sederhana dan Lezat Menggoda

Liputan6.com, Jakarta Saus atau saos begitu beragam di Indonesia. Rasanya tanpa saus makanan terasa kurang lengkap. Saus sendiri menjadi bahan makanan paling penting saat menyantap bakso, mi ayam dan lainnya. Salah satu saus yang biasanya menjadi pelengkap wajib bagi olahan masakan adalah saus asam manis.

Saus asam manis berfungsi serbaguna dan multi fungsi, seperti untuk bahan campuran aneka olahan dan masakan, sebagai siraman, dan untuk cocolan berbagai makanan goreng-gorengan biasa maupun goreng tepung crispy renyah, misal ayam goreng, ikan goreng, udang goreng, cumi goreng, dan lain-lain.

Sauce dalam bahasa Indonesia saus adalah cairan yang dikentalkan dengan salah satu bahan pengental sehingga menjadi semi liquid (setengah cair), dan disajikan bersama dengan ikan, unggas, daging maupun kue-kue dengan maksud untuk mempertinggi cita rasa dari bahan makanan yang disajikan.

2 dari 5 halaman

Fungsi saus pada makanan:

Menambah rasa dan kelezatan suatu masakan.

Memberikan kelembaban pada makanan sehingga makanan yang agak kering bisa kelihatan agak basah, seperti fried chicken diberi tartar sauce atau sandwich dioles mayonaise.

Memperkaya aroma makanan, tetapi perlu diingat bahwa penambahan sauce tidak boleh menutupi aroma asli dari hidangan utamanya.

Meningkatkan penampilan, pemberian sauce dapat menambah daya tarik dan merangsang nafsu makan dan pemberian saus yang benar adalah berwarna dan kontras tidak kusam agar makanan lebih menarik.

Mempertinggi nilai gizi, nilai gizi suatu makanan dapat ditingkatkan dengan memberikan saus, misalnya sayuran diberi mayonaise artinya diberi tambahan protein dan lemak dalam hidangan tersebut. Nama saus dicantumkan dalam makanan supaya lebih menarik.

Kriteria saus yang baik:

Licin (smooth) semi liquid, sauce disebut berkualitas apabila memiliki kelembutan tertentu tidak ada gumpalan/ jendalan dan dalam keadaan panas masih bias mengalir dan meninggalkan lapisan tipis pada senduk.

Mengkilap (glossy), memiliki warna khusus dan berkilau tidak kusam.Kaya rasa dan tidak berlemak, sauce mempunyai ciri khas rasa yang diperoleh dari bahan utamanya yang berkualitas serta harus mampu meningkatkan atau melengkapi rasa dari hidangan utamanya.

3 dari 5 halaman

Saus dapat dikelompokan berdasar suhu penyajian/penghidangan, yaitu:

Saus dingin (cold sauce), saus yang dihidangkan dingin atau setidaknya dalam temperature normal ± 60ºC ada juga sauce beku disebut matre d’hotel sauce. Saus ini juga bisa dihidangkan dengan hidangan yang panas.

Saus panas (warm sauce), saus yang dihidangkan dalam keadaan panas untuk hidangan panas, tetapi tidak cocok dihidangkan untuk hidangan yang dingin.

Cara membuat saus asam manis adalah saus yang berasal dari masakan Tionghoa, dibuat dari air, cuka, saus tomat, gula, garam, dan tepung sebagai pengental yang dimasak di atas penggorengan. Tepung yang digunakan untuk pengental umumnya tepung sagu atau tepung kentang.

Penggunaan cara membuat saus asam manis pada masakan Indonesia sering dibuat dengan tambahan bawang putih dan sambal botol sebagai bumbu. Cara membuat saus asam manis menggunakan daun bawang dan wortel agar menarik ada juga yang menambahkan buah nanas dan menambahkan cabe rawit pedas untuk saus asam manis pedas versi lain. Masakan Indonesia yang memakai saus asam manis misalnya ikan asam manis (ikan kakap atau gurame, ikan nila), udang asam manis atau kepiting asam manis.

Cara membuat saus asam manis juga digunakan pada masakan ayam, daging sapi, atau daging babi yang digoreng tidak sampai garing, ditambah sayur-sayuran seperti bawang bombay, nanas, paprika, kol dan tomat. Cara membuat saus asam manis siap pakai dan serba guna untuk berbagai masakan juga dijual dalam kemasan sachet, kemasan plastik atau kemasan botol yang tinggal dimasak dengan ditambah air yang sering disebut saus asam manis instan kemasan.

Pada masakan Tionghoa seperti ayam saus asam manis, pada mulanya saus asam manis adalah saus untuk babi asam manis (gǔlǎoròu dalam bahasa Tionghoa atau gulouyuk dalam bahasa Kantonis). Sedangkan pada masakan Tionghoa Amerika dengan saus asam manis yang terkenal adalah babi asam manis (sweet and sour pork), ayam asam manis, dan udang asam manis untuk disantap dengan nasi putih.

Berikut cara membuat saus asam manis nanas yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (5/12/2018).

4 dari 5 halaman

1. Cara Membuat Saus Asam Manis Nanas

Bahan cara membuat saus asam manis nanas:

7 sendok makan saus sambal

7 sendok makan saus tomat

150 gr nanas, potong kecil

100 gram wortel

4 siung bawang putih, cincang halus

1/2 butir bawang bombai

2 sendok makan tepung maizena, encerkan

1/2 buah paprika hijau, iris tipis

5 buah cabe merah besar

3 sendok makan gula pasir

1 sendok teh garam

1 sendok teh merica

350 ml air

 

Cara Membuat Saus Asam Manis:

1. Pertama tumis bawang putih dan bawang bombay dengan menggunakan sedikit minyak goreng.

2. Tambahkan saus tomat dan juga saus sambal, aduk sampai rata.

3. Masukan wortel, nanas, paprika dan juga cabe. Jika kurang encer bisa menambahkan sedikit air.

4. Tambahkan gula, merica dan juga juga garam. Aduk terus sampai merata.

5. Selanjutnya tambahkan tepung maizena yang sudah diecerkan dengan menggunakan air.

5 dari 5 halaman

2. Cara Membuat Saus Asam Manis Sederhana

Bahan cara membuat saus asam manis sederhana:

1 sdm minyak goreng

1 siung bawang putih, memarkan

2 buah cabai merah, buang bijinya lalu iris tipis

250 ml air kaldu

2 sdm saus tomat

1 sdm gula pasir

1/4 sdt minyak wijen

1 sdm cuka

1 sdt tepung kanji, larutkan dengan 1 sdm air

 

Cara membuat saus asam manis sederhana:

1. Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih dan cabai merah hingga harum.

2. Tuangi kaldu dan masukkan bahan-bahan yang lain, kecuali larutan tepung kanji.

3. Aduk hingga mendidih, lalu tuangi larutan tepung kanji.

4. Aduk-aduk hingga kental dan meletup-letup. Angkat, dinginkan.

5. Sajikan sebagai siraman atau campuran dengan berbagai masakan seafood, udang, ikan, ikan fillet, kerang baik kerang darah dan kerang hijau, cumi, kepiting, ayam, ayam fillet, daging sapi, dan lain-lain. Selain itu bisa juga untuk hidangan tahu dan tempe serta aneka sayur-sayuran dan untuk dimsum.

BERANI BERUBAH: Lepas Gengsi, Jemput Rezeki