Sukses

5 Fakta Sultan Muhammad V, Raja Malaysia yang Menikahi Ratu Kecantikan Rusia

Liputan6.com, Jakarta - Kabar pernikahan Raja Malaysia, Sultan Muhammad V, dengan Miss Moscow 2015, Oksana Voevodina di Barvikha Concert Hall Moskow pada Jumat, 23 November 2018, mengundang perhatian. Salah satunya adalah perbedaan usia yang cukup jauh. Mereka terpaut jarak 24 tahun.

Putra sulung Sultan Ismail Petra itu diketahui pernah menikah dengan Tengku Zubaidah binti Tengku Noorudin. Mereka bercerai pada 2008 lalu dan belum memiliki keturunan. 

Putra sulung Sultan Ismail Petra itu sebelumnya dikenal sebagai Pangeran Kelantan dengan nama lengkap Tengku Muhammad Faris Petra bin Sultan Ismail Petra. Pada 2010, pria kelahiran 6 Oktober 1969 di Kota Bharu itu diangkat menjadi Sultan Kelantan. 

Selain fakta di atas, Liputan6.com merangkum lima fakta Raja Malaysia ini seperti dilansir dari AsiaOne, Senin (26/11/18).

Sultan Termuda di Malaysia

Sultan Muhammad V menjadi Raja Malaysia termuda yang dilantik pada 2016 lalu. Usianya ketika itu adalah 47 tahun. Hampir setengah dari usia para pendahulunya, yaitu Sultan Abdul Halim Mu’adzam Shah dari Kedah yang kala itu sudah berusia 89 tahun.

Penggemar Olahraga Ekstrem

Dari muda hingga saat ini, Sultan kerap menggemari olahraga ekstrem, seperti balapan offroad. Selain itu, ia juga sering menunggang kuda, menembak, memanah, bermain bulu tangkis, sepak bola, bowling, dan golf.

 

2 dari 2 halaman

Penyuka Binatang

Agama yang Kental

Sebagai pemimpin umat Islam Malaysia, Sultan Muhammad V dikenal sebagai muslim yang taat. Ia sering terlihat di masjid-masjid Kelantan untuk salat berjemaah. Setiap Ramadan, ia menggelar program “Qiyam With Me” dan mengajak rakyat untuk iktikaf bersamanya di masjid.  Jika keluar negeri misalnya, ia selalu ditemani guru agamanya, lho. 

Sultan menempuh pendidikan diplomat dan studi Islam di St Cross College, University of Oxford dan Oxford Centre for Islamic Studies. Pada waktu bersamaan, ia juga sempat belajar di bidang Pengurusan Perniagaan Eropa di European Business School London.

Konsisten dengan Gaya Busana

Sultan dikenal oleh masyarakat Negeri Jiran, yang gemar dan konsisten dalam gaya berpakaiannya. Sederhana dengan setelan khas Melayu lengkap, berkain pelekat dan juga berkopiah, begitulah gaya busana Sultan Malaysia

Menyukai Hewan Peliharaan

Sebagai Kepala Monarki sekaligus Kepala Negara Malaysia, rupanya Sultan juga menyukai hewan peliharaan. Di antaranya adalah kuda, ayam, burung, dan kucing. (Mariany)

Saksikan video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Hasil Kualifikasi Piala Eropa 2020: Rusia Susul Belgia dan Italia
Artikel Selanjutnya
HUT ke-67, Vladimir Putin Daki Pegunungan Siberia hingga Cari Bunga Langka