Sukses

Menyimpan Tepung agar Awet dan Tak Berkutu, Begini Caranya

Liputan6.com, Jakarta – Tepung merupakan salah satu bahan yang paling biasa ditemukan di dapur. Walau sudah biasa, tapi banyak orang yang masih tak mengetahui cara menyimpan tepung dengan baik.

Salah-salah, tepung bisa berbau tengik, bahkan ditumbuhi jamur dan berkutu. Dilansir dari Thespruceeats, Senin, 19 November 2018, berikut cara menyimpan tepung agar tahan lama, awet, dan tak berkutu.

Simpan dalam Freezer

Untuk membunuh kumbang atau telur serangga yang ada di dalam tepung, masukan tepung yang masih di dalam plastik dan diamkan di dalam freezer selama tak kurang dari 48 jam.

Wadah Plastik atau Kaca Tertutup

Selanjutnya, keluarkan dan pindahkan tepung ke dalam wadah plastik atau kaca yang bisa tertutup rapat. Cara ini dilakukan agar mencegah tepung menjadi lembap dan memastikan serangga tidak bisa masuk. Ini juga cara terbaik menjaga baunya tidak berubah.

Simpan di Tempat Sejuk

Sebaiknya, tepung disimpan di tempat yang sejuk dan jauh dari sinar matahari. Tidak disimpan dalam tempat lembab dan gelap, apalagi di dalam lemari terlalu lama.

Tepung Baru dan Lama

Jangan mencampur tepung lama dengan yang baru. Pisahkan dan habiskan dulu tepung lama sebelum memakai tepung baru. Selain itu, jika ingin mencampurkannya, pastikan kondisi tepung lama masih baik, tak berbau, berubah warna, bahkan berkutu. (Febi Anindya Kirana)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.