Sukses

BERITA TERKINIPARA MENTERI JOKOWI-MA'RUF DI KABINET INDONESIA MAJU

Cara Memasak Cumi Goreng Tepung agar Tidak Alot, Renyah Menggoda

Liputan6.com, Jakarta Bagi kamu yang hobi makan seafood, pasti sudah merasakan kelezatan cumi goreng tepung renyah yang crispy dan gurih. Tidak hanya untuk cemilan, cumi goreng juga enak untuk teman makan nasi. Apalagi di tambah dengan saus mayonise atau saus sambal yang pedas, pasti bikin kamu semakin ketagihan.

Ada banyak sekali variasi masak cumi yang kita kenal, seperti cumi asam manis, cumi goreng tepung saus mentega atau cumi goreng saus asam manis. Mulai dari restoran yang cukup ternama sampai warung kaki lima banyak kita jumpai dengan mudah penjual variasi masakan seafood ini. Selain direbus, cara memasak cumi bisa juga dengan di goreng crispy seperti ayam goreng. Tetapi memang mungkin tidak semua orang bisa membuatnya. Ada beberapa tips yang harus diketahui untuk bisa memasak cumi goreng tepung renyah yang enak dan gurih dengan sempurna. 

Beberapa masalah yang ditemui dalam cara memasak cumi goreng tepung biasanya adalah bau amis dan hasil jadinya yang keras atau alot dan tidak bisa renyah. Hal ini sebenarnya wajar, mengingat karateristik hewan laut ini memang begitu. Selain itu, pilihlah cumi yang segar dan tidak berbau amis, beri sedikit perasan jeruk nipis setelah dibersihkan. Untuk menjaga kesegaran dagingnya, sebaiknya cuci cumi menggunakan air dingin.

Daging cumi yang kenyal memang jadi salah satu faktor hasil gorengannya nanti menjadi keras. Untuk itu, sebaiknya dagingnya agak diempukkan terlebih dahulu menggunakan bahan pengempuk daging atau bisa juga sedikit dipukul-pukul (jangan terlalu keras karena bisa merusak tekstur dagingnya). Selain itu, daging cumi sebelum dimasak juga bisa di bekukan terlebih dahulu. Teman teman juga bisa merendamnya terlebih dahulu ke dalam susu sebelum digoreng selama kurang lebih 1 jam. Dalam proses cara memasak cumi goreng tepung, sebaiknya juga menggunakan minyak yang benar-benar sudah panas dan jangan menggoreng terlalu banyak cumi dalam satu gorengan.

2 dari 6 halaman

Tips cara memasak cumi goreng

Berikut tips cara memasak cumi goreng agar empuk dan tidak alot seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (2/11/2018).

- Pakai metode deep fry atau menggoreng dengan minyak banyak sehingga seluruh bagian cumi akan terendam dengan sempurna.

- Masukkan cumi ke dalam penggorengan saat minyak panas sekitar 180 derajat Celcius. Ini biasanya ditandai dengan minyak yang mulai berasap.

- Goreng cumi selama 1-2 menit saja. Menggoreng cumi terlalu lama akan menyebabkannya jadi alot.

- Untuk menghindari bau yang amis bersihkan cumi dari selaputnya dan lumuri dengan air jeruk.

3 dari 6 halaman

Bahan cara memasak cumi goreng tepung:

- 500 gram cumi (dipotong bulat seperti cincin tebal 1 centi meter)

- 2 cm jahe (diparut)

- 2 siung bawang putih (diparut)

- 1/4 sdt garam

- 1/4 sdt merica bubuk

- 1/2 sdt minyak wijen

- Minyak secukupnya untuk menggoreng

4 dari 6 halaman

Bahan-bahan pencelup:

- 100 gram tepung terigu

- 1/2 sdt bubuk bawang putih

- 1/2 sdt garam

- 1/4 sdt merica bubuk

- 1/4 sdt gula pasir

- 1/2 sdt baking powder

- 200 ml air es

5 dari 6 halaman

Bahan Pelapis:

- 300 gram tepung terigu

- 2 sdm tepung sagu

- 1 sdt kaldu ayam bubuk

- 1 sdt garam

- 1 sdm wijen

6 dari 6 halaman

Cara memasak cumi goreng tepung agar tidak alot:

1. Pertama-tama lumuri cumi dengan jahe, bawang putih, garam, merica bubuk dan minyak wijen. Lalu diamkan selama 20 menit.

2. Aduk-aduk hingga rata bahan pencelup.

3. Selanjutnya celupkan cumi ke dalam bahan pencelup, gulingkan di bahan pelapis yang sudah diayak sambil diangkat-angkat, lalu ulangi sekali lagi .

4. Kemudian goreng dalam minyak panas yang mengunakan api sedang hingga cumi berwarna kecokelatan dan jangan terlalu lama.

5. Angkat lalu tiriskan, sajikan di dalam piring saji.

Loading