Sukses

Mahabarata: Asmara Raja Dewa, Persembahan Manis Teater Koma

Liputan6.com, Jakarta - Usai menggelar Gemintang bulan Juni dan Juli 2018, Teater Koma kembali hadir lewat persembahan manis lainnya, yakni pementasan bertajuk Mahabarata: Asmara Raja Dewa yang dilaksanakan di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta pada 16-25 November 2018.

Pementasan yang didukung Bakti Budaya Djarum Foundation ini mengangkat kisah mengenai kehidupan para dewa, juga wayang. Mahabarata: Asmara Raja Dewa juga jadi pembuka semesta lakon-lakon Mahabarata lainnya.

Renitasari Adrian selaku Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation menyebut, pementasan Teater Koma ini memberi nyawa pada cerita klasik dewa dan pewayangan yang dibalut nuansa modern. Kolaborasi apik hadir dalam tata rias, kostum, desain artistik panggung, multimedia, dan musik.

"Teater Koma terus berproses kreatif tiada henti, karya demi karya mengalir sangat produktif. Konsistensi yang dilakukan menjadi inspirasi bagi kami untuk melakukan eksplorasi gagasan dalam menghasilkan karya kreatif," jelas Renitasari.

Sementara, Mahabarata: Asmara Raja Dewa berkisah mengenai Sang Hyang Wenang yang mencipta Tiga Dunia, yakni Mayapada (dunia atas), Madyapada (dunia gelap), Marcapada (dunia bawah), dan semua penghuninya. Terjadi perang dahsyat perebutan kekuasaan antara Idajil dan Hyang Tunggal, pewaris Wenang.

Idajil kalah dan diasingkan. Hingga Hyang Tunggal lengser digantikan Batara Guru. Kisah tentang Rajadewa, Batara Guru dalam menjaga kedamaian Tiga Dunia yang selalu diusik penghuni Dunia Gelap.

"Ini lakon lama, kisah lama, tapi sangat memikat. Ini lakon para Dewa dan kemudian lakon penciptaan manusia. Lakon ini tidak masuk kepada pakem dan sumbernya dari mana saja, tidak heran kali ini Tanah Batak, Bugis, Toraja, Bali, Yunani, Mesopotamia, dan Afrika jadi sumber yang menciptakan berbagai jenis seni," jelas N. Riantiarno, penulis naskah dan sutradara Teater Koma.

Harga tiket Mahabarata: Asmara Raja Dewa untuk weekday Rp 400 ribu (Kat 1), Rp 300 ribu (Kat 2), Rp 225 ribu (Kat 3), Rp 150 ribu (Kat 4), Rp 100 ribu (Kat 5), dan Rp 75 ribu (Kat 6). Sedangkan untukĀ weekend Rp 500 ribu (Kat 1), Rp 400 ribu (Kat 2), Rp 300 ribu (Kat 3), Rp 225 ribu (Kat 4), Rp 150 ribu (Kat 5), dan Rp 100 ribu (Kat 6). Ada pula diskon sebesar 20 persen khusus hari Senin.

Mahabarata: Asmara Raja Dewa merupakan produksi ke-154 Teater Koma. Pementasan ini akan berlangsung setiap hari mulai 16-25 November 2018 pukul 19.30 WIB kecuali Minggu, 18-25 November 2018 pukul 13.30 WIB.

Saksikan video pilihan di bawah ini: