Sukses

Cara Membuat Jus Tomat untuk Diet, Enak dan Sekaligus Jadi Peluntur Lemak

Liputan6.com, Jakarta Tahukah kamu bahwa satu buah tomat dapat menyediakan sekitar 40 persen minimum vitamin C harian? Selain itu, buah yang bisa dijadikan jus maupun campuran sayur sup ini mengandung vitamin A yang dapat mendukung sistem imun tubuh, penglihatan, dan kesehatan kulit.

Vitamin K, yang bagus untuk tulang, dan kalium sebagai nutrisi penting untuk fungsi jantung, kontraksi otot, menjaga tekanan darah agar tetap sehat dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, juga terdapat di tomat. 

Cara Membuat Jus Tomat untuk diet ini dari tomat memiliki keunggulan tersendiri berkat kandungan likopen di dalamnya. Selain berkhasiat menghancurkan sel abnormal penyebab kanker, likopen juga bermanfaat membantu melunturkan lemak perut dan bagian tubuh lain. 

Cara membuat jus tomat untuk diet sebaiknya dicampur atau dikombinasikan dengan bahan lain seperti wortel, jeruk, dan lemon. Bahkan agar keampuhan jus peluntur lemak lebih cepat dalam menurunkan berat badan, kamu bisa menggunakan cabai merah sebagai campuran jus.

Waktu terbaik untuk meminum segelas jus tomat adalah saat kondisi perut masih kosong yaitu 30 - 60 menit sebelum makan. Tujuannya agar nutrisi dalam tomat untuk diet bisa diserap dan diedarkan sempurna oleh sistem peredaran darah dalam tubuh.

Sebenarnya tomat dikategorikan sebagai buah. Meskipun demikian, banyak orang menganggap buah berwarna merah merona ini sebagai sayuran. Vitamin A dan vitamin C merupakan dua jenis vitamin yang paling dominan dalam segelas jus tomat. 

Sedangkan likopen adalah senyawa unggulan yang berkhasiat anti-kanker. Sudah banyak penelitian yang menemukan fakta likopen mampu menghancurkan kanker, tertutama kanker payudara dan kanker prostat. Senyawa likopen ini sifatnya larut dalam lemak sehingga bermanfaat untuk membantu proses pelunturan lemak di perut maupun bagian tubuh lainnya.

Cara membuat jus tomat rendah kalori, dalam 100 gram tomat hanya terdapat 20 kalori dan mengandung serat sekitar 4,2 gram. Jumlah kalori yang tergolong rendah sangat membantu untuk program diet dengan jus. Cara membuat jus tomat mentah juga kaya vitamin A yang berkhasiat menyehatkan mata, merawat kulit agar tetap awet muda, dan menutrisi rambut dari akarnya.

2 dari 5 halaman

Manfaat Tomat Bagi Kesehatan

1. Melindungi kesehatan jantung.

Tomat mengandung antioksidan yang disebut likopen. Likopen adalah zat warna merah pada buah tomat yang matang. Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi tomat lebih efektif untuk menjaga kesehatan jantung daripada mengonsumsi suplemen yang mengandung likopen.

Penelitian lain menunjukkan bahwa kadar likopen yang lebih tinggi dalam darah meiliki risiko tingkat kematian yang lebih rendah terhadap orang-orang yang memiliki penyakit jantung, diabetes, dan stroke. 

2. Meningkatkan penglihatan mata.

Likopen pada tomat juga baik untuk mata. Selain likopen, tomat mengandung lutein dan betakaroten yang menurut penelitian, nutrisi tersebut memingkatkan penglihatan dan melindungi mata dari kondisi buruk termasuk katarak dan degenerasi makula. 

3. Meningkatkan kesehatan pencernaan.

Cairan dan serat dalam tomat dapat membantu orang yang rentan terhadap konstipasi. Menurut USDA satu tomat besar mengandung 6 ons cairan, dan 1,5 gram serat. Namun, ada beberapa orang keasaman tomat yang dimasak dapat memicu asam lambung dan gangguan pencernaan. 

4. Membantu menjaga gula darah.

Tomat dapat menjadi makanan pelindung bagi penderita diabetes tipe 2. Dalam sebuah penelitian, pengidap diabetes yang mengkonsumsi tomat matang selama 30 hari mengalami penurunan peroksidasi lipid, kondisi dimana radikal bebas menyerang lemak yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. 

5. Menjaga kesehatan kulit.

Kombinasi pasta tomat dan minyak zaitun dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, dan meningkatkan produksi pro kolagen yang membuat kulit tetap kuat dan awet muda. Para ilmuwan percaya bahwa lycopene pada tomat adalah kuncinya. Manfaat terbaik ketika tomat dimasak dengan minyak zaitun. Minyak zaitun dapat meningkatkan penyerapan ke aliran darah. 

Nah, setelah membaca segudang manfaat tomat, pasti kamu sudah nggak sabar pengen tahu caranya kan. Berikut cara membuat jus tomat untuk diet yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (14/11/2018).

3 dari 5 halaman

Cara membuat jus tomat campur wortel dan jeruk

Bahan cara membuat jus tomat:

- 1 buah tomat

- 1 buah wortel

- 1 buah jeruk manis

- 100 ml air es

Cara membuat jus tomat wortel untuk diet:

1. Kupas buah jeruk, peras dan ambil airnya.

2. Cuci bersih tomat dan wortel, potong-potong.

3. Masukkan semua bahan ke dalam blender.

4. Haluskan.

5. Sajikan jus tomat wortel untuk diet selagi masih dingin.

4 dari 5 halaman

Cara membuat jus tomat untuk diet detox

Bahan cara membuat jus tomat untuk diet detox:

- 5 buah tomat

- 1 potong sedang pepaya

Cara membuat jus tomat untuk diet detox:

1. Kukus tomat selama 5 - 10 menit hingga kulitnya terkelupas.

2. Kemudian, blender tomat bersama sedikit air matang. Saring dan ambil sari (airnya) saja.

3. Masukkan sari tomat dan pepaya ke dalam blender. Haluskan.

4. Sajikan jus diet detox segera

5 dari 5 halaman

Cara membuat jus tomat peluntur lemak

Bahan cara membuat jus tomat peluntur lemak:

- 150 g tomat merah

- 200 g wortel

- 20 g buah bit

- 2 buah cabai merah

- 1 sdm air jeruk lemon

Cara membuat jus tomat peluntur lemak:

1. Untuk mempercepat proses, ambil sari tomat, wortel, bit, dan cabai menggunakan mesin juice extractor.

2. Jika memakai blender, haluskan bahan-bahan tersebut dengan tambahan sedikit air. Saring jus, buang ampasnya dan ambil sari (airnya) saja.

3. Campur dengan air jeruk lemon, aduk-aduk sampai tercampur rata.

4. Jus tomat peluntur lemak siap disajikan.

Catatan :

Jus tomat untuk diet ini sebaiknya diminum malam hari menjelang tidur agar proses pelunturan lemak bisa berjalan saat anda tertidur.