Sukses

2 Cara Atasi Anak yang Tak Suka Makan Buah dan Sayur

Jika anak tidak suka mengonsumsi sayur dan buah, cobalah untuk menariknya dengan dua cara ini

Liputan6.com, Jakarta Apabila anak tak suka buah dan sayur , orangtua sesungguhnya bisa mengakalinya dengan cara yang kreatif.

Hal pertama yang bisa ayah atau ibu lakukan adalah berkreasi membuat makanan atau minuman berbahan buah dan sayur dalam aneka sajian. 

"Sekarang banyak resep-resepnya. Misalnya sayur dijadikan nugget. Dibuat nugget sayur supaya tidak terlihat bentuk sayurnya. Lalu buah, mungkin diajarkan dulu dengan mengonsumsi buah dalam bentuk jus atau dibikin es krim," kata dokter spesialis gizi klinik Dian Permatasari dalam acara Minute Maid Nutriforce "Berikan Inspirasi Kebaikan Gizi Bekal Sekolah Anak".

Dian mengatakan, yang pasti anak-anak harus dikenalkan terlebih dahulu tentang pentingnya mengonsumsi buah dan sayur. orangtua juga harus menunjukkan bahwa mereka mengonsumsi buah dan sayuran juga.

"Orangtua juga harus menyukai sayur. Kalau orangtua tidak suka sayur, ya otomatis anak pasti akan melihat," jelas dokter Dian di Jakarta. Ditulis Jumat (20/7/2018).

"Orangtua harus jadi role model dulu buat anak-anaknya. Bahwa setiap hari, sayur dan buah itu penting dikonsumsi selalu setiap makan," tambah Dian.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tokoh Favorit

Selain itu, orangtua juga bisa membuat sayuran dan buah-buahan dibentuk menyerupai tokoh favorit sang anak. Hal ini dilakukan Inta Heruwanto seorang ibu dua anak yang juga pengusaha katering.

Anak-anak Inta rupanya begitu menyukai film animasi Moana. Ia pun kemudian berkreasi 

"Biasanya brokoli itu dijadikan rambutnya Moana atau Maui. Jadi kalau bawa bekal sekolah, malamnya kutanya, besok mau makan tema apa? Dia cari bukunya, dia mau Moana, kita hias bekalnya. Walaupun mukanya tidak mirip, yang penting usahanya kan sudah ada," kata Inta.

Marketing Manager Minute Maid, Andrew Soendjojo juga mengatakan, dia sering mengaitkan sayuran dengan superhero favorit putranya.

"Kebetulan anak saya cowok, sukanya Avengers seperti Hulk. Pokoknya yang lebih besar dari dia. Termasuk saya karena saya lebih tinggi," kata Andrew.

"Dia pasti penasaran kenapa ayah dan Hulk bisa sebesar itu. Karena mereka makan sayur dan buah," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.