Sukses

Cara Membuat Tahu Crispy Super Lezat, Renyah dan Kriuk Banget

Tahu crispy kini sangat digandrungi karena rasanya yang gurih dan harganya yang terjangkau.

Liputan6.com, Jakarta Tahu merupakan salah satu lauk favorit masyarakat Indonesia. Harganya yang terjangkau dan mudah untuk diolah menjadi apa saja membuat tahu sangat digemari. Berbagai makanan olahan tahu pun begitu disukai, mulai dari sebagai camilan seperti tahu bulat, tahu crispy hingga menjadi lauk sehari-hari.

Tahu yang merupakan makanan yang tidak asing bagi masyarakat Indonesia ternyata bukan berasal dari Indonesia, lho. Tahu ternyata berasal dari Tiongkok. Nama tahu berasal dari bahasa Hokkian yaitu tauhu yang berarti kedelai yang difermentasi. Hal ini merupakan gambaran dari pembuatan tahu. Kemudian kata tauhu berubah menjadi tahu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Jenis-Jenis Tahu

Pada awalnya, tahu hanya berwarna putih. Akan tetapi seiring berkembangnya zaman, tahu pun muncul dengan aneka tekstur dan rasa. Berikut beberapa jenis tahu:

1. Tahu putih

Cara membuat tahu ini berwarna putih seperti namanya, padat, dengan pori-pori yang lumayan besar. Tahu putih biasanya bertekstur sangat lunak sehingga mudah hancur. Karena teksturnya yang lunak inilah tahu putih dapat diolah menjadi apa saja. Dipotong lalu digoreng biasa dan dihancurkan untuk dijadikan campuran perkedel, kroket, atau nugget juga bisa.

2. Tahu sutera

Tahu sutera juga dikenal dengan nama tofu. Nama ‘sutera’ diberikan karena tahu ini bertekstur sangat lembut dan rapuh. Tahu sutera biasanya berwarna putih, tetapi juga ada yang berwarna sedikit kuning. Salah satu komposisi dari tahu sutera yang sedikit kuning ini adalah telur, maka dari itu tahu ini disebut dengan egg tofu. Sedangkan cara membuat tahu sutera yang memiliki komposisi udang disebut dengan shrimp tofu.

3. Tahu kuning

Cara membuat tahu kuning juga dikenal dengan nama tahu takwa atau tahu Kediri karena asal produksinya adalah dari Kediri. Sesuai dengam namanya, tahu ini berwarna kuning sehingga mudah untuk mengenalinya. Cara membuat tahu ini bertekstur sangat padat, lembut, kenyal, dan berpori halus.

4. Tahu kulit

Cara membuat tahu kulit yang paling populer adalah tahu Sumedang. Ciri khas tahu ini yaitu kulitnya yang berwarna cokelat ketika digoreng dan bagian dalamnya yang berongga. Cara membuat tahu ini sudah siap untuk disantap, sehingga kamu tidak perlu mengolahnya lagi. Menikmati tahu kulit sangat cocok jika ditemani cabai hijau.

5. Tahu air

Tampilan tahu air sekilas seperti tahu putih karena keduanya memiliki warna yang sama-sama putih. Akan tetapi, tekstur tahu air lebih lunak dan lembut karena terbuat dari gumpalan susu kedelai yang kemudian dipadatkan. Cara membuat tahu air sangat cocok jika diolah menjadi sapo. Kamu juga dapat memotongnya kecil-kecil lalu digoreng untuk dijadikan camilan yang gurih dan sedap.

6. Tahu susu

Cara membuat tahu susu ini memiliki tekstur yang mirip dengan tahu air. Bedanya, tahu susu lebih padat daripada tahu air dan rasanya pun lebih gurih.

3 dari 8 halaman

Manfaat tahu bagi tubuh

1. Memperlambat proses penuaan

Tahu mengandung isoflavon yang berfungsi untuk menangkal pengaruh buruk radikal bebas. Isoflavon ini juga berperan sebagai zat anti-aging yang dapat menghambat proses penuaan dini.

2. Mengurangi risiko diabetes

Kedelai pada tahu mengandung protein yang bebas lemak. Protein bebas lemak tersebut dapat membantu kamu menekan kadar gula berlebih dalam darah sehingga kamu dapat terhindar dari risiko diabetes.

3. Mengurangi kadar kolesterol dalam darah

Asam linoleat lagi yang memiliki peran penting dalam tahu. Asam linoleat berperan sebagai sumber lesitin yang dapat menjaga metabolisme dari kerusakan akibat serangan radikal bebas.

4. Bersifat antikanker endometrium

Kedelai yang merupakan bahan dasar tahu dapat menghambat pertumbuhan sel kanker endometrium pada wanita. Khususnya bagi wanita lanjut usia yang telah mengalami menopause.

5. Menjaga kesehatan jantung

Minyak yang berasal dari kedelai yang juga merupakan bahan dasar tahu merupakan bahan makanan yang bebas kolestrol dan juga merupakan sumber yang baik dari lemak tak jenuh. Cara membuat tahu membantu mengatur tekanan darah dan kontraksi otot jantung. Selain itu, tahu juga memiliki serat larut yang membantu dalam menurunkan kadar kolestrol.

6. Mencegah kanker payudara

Kandungan isoflavon pada tahu mengandung hormon estrogen yang dapat mencegah tumbuhnya sel kanker payudara. Cara membuat tahu juga memiliki senyawa anti kanker seperti genistein dan saponin yang membantu melawan kanker. Tahu juga mengandung asam fenolat yang dapat mencegah menyebarnya sel kanker.

7. Mempercantik kulit tubuh

Asam linoleat pada kedelai dapat mencegah kulit menjadi kusam dan kering karena akibat paparan sinar matahari pada siang hari. Asam linoleat ini juga mampu menjaga kelembaban alami yang ada di bawah kulit, sehingga kulit tubuh tetap lembab dan sehat. Cara membuat tahu juga mengandung kolagen yang baik untuk kulit.

8. Menyehatkan jaringan otak

Omega 3, asam linoleat, dan kalsium yang terdapat pada tahu memiliki fungsi untuk memperbaiki jaringan otak yang kurang sehat akibat benturan, hantaman atau karena asupan gizi yang tidak mencukupi.

4 dari 8 halaman

Tips Menyimpan Tahu

1. Cek tahu sebelum membeli

Pastikan tahu masih dalam keadaan yang baik ketika kamu membelinya. Perhatikan apakah permukaan tahu berlendir atau tidak. Jika permukaan tahu berlendir, itu artinya tahu sudah dalam keadaan yang tidak bagus.

2. Periksa aroma tahu

Sebelum membeli tahu, ada baiknya kamu mencium aroma tahu untuk memastikan bahwa tahu tidak mengandung aroma obat-obatan. Jika tercium aroma obat-obatan sebaiknya urungkan membeli tahu itu.

3. Cuci tahu

Sebelum disimpan, cucilah tahu dengan menggunakan air mengalir. Kemudian tiriskan.

4. Rendam tahu

Letakkan tahu dalam wadah kemudian rendam tahu dengan air hingga seluruh permukaan tahu terendam dengan sempurna. Tutup wadah dengan rapat. Jangan lupa untuk mengganti air rendaman tahu setiap hari agar tahu lebih tahan lama.

5. Simpan tahu secara utuh

Jangan potong tahu terlebih dahulu. Simpan tahu dalam keadaan utuh. Potong cara membuat tahu ketika kamu akan memasaknya.

5 dari 8 halaman

Cara Membuat Tahu Crispy

Siapa yang tidak pernah mencicipi jajanan yang satu ini? Tahu crispy kini sangat digandrungi karena rasanya yang gurih dan harganya yang terjangkau. Kamu bahkan dapat menemukan tahu crispy di pusat-pusat perbelanjaan. Mau tahu bagaimana cara membuat tahu crispy yang enak dan renyah? Berikut cara membuat tahu crispy yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (11/11/2018).

6 dari 8 halaman

Bahan cara membuat tahu crispy:

10 buah tahu putih. Kukus sekitar 15 menit

3/4 kg tepung terigu merek cakra untuk hasil terbaik

1 bungkus penyedap rasa

2 sdt backing powder

Garam secukupnya

Minyak secukupnya

7 dari 8 halaman

Bumbu halus cara membuat tahu crispy:

1 bungkus penyedap rasa

Merica bubuk secukupnya

4 siung bawang putih

Garam secukupnya

Air secukupnya (digunakan untuk merendam bumbu yang sudah di haluskan)

8 dari 8 halaman

Cara membuat tahu crispy:

1. Haluskan semua bumbu halus lalu campur dengan air.

2. Potong tahu yang sudah dikukus dengan bentuk kotak ukuran 4 cm.

3. Rendam tahu yang sudah dipotong ke dalam air campuran bumbu yang sudah di haluskan tadi.

4. Setelah itu, masukkan ke dalam Chest Freezer selama kurang lebih 1 jam.

5. Campurkan tepung terigu, baking powder, garam dan penyedap rasa ke dalam wadah berukuran sedang lalu aduk hingga tercampur rata.

6. Keluarkan tahu dari lemari pendingin lalu campurkan tahu kedalam campuran adonan yang sudah di buat tadi sambil ditekan pelan-pelan agar saat di goreng membentuk kulit yang renyah.

7. Panaskan minyak pada penggorengan, lalu goreng tahu sampai matang hingga kuning kecokelatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini