Sukses

Cara Memasak Sarden yang Enak, Praktis dan Mudah Dibuat di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Sarden kalengan, tentunya kamu sudah tidak asing lagi dan sering menikmati rasa yang tersaji dari sarden kalengan ini kan. Makanan yang tergolong murah meriah, gampang mengolahnya dan bernilai gizi tinggi ini dapat kamu temui di mana-mana. Dari warung biasa, minimarket ataupun tempat belanja yang biasa dikunjungi. Cara memasak sarden kalengan biasanya disajikan dengan ukuran kaleng yang mini, sedang dan besar.

Cara memasak sarden kaleng yang biasa dijajakan di aneka tempat belanja berisi beberapa buah ikan yang sudah dimasak dengan sedemikian rupa dengan bumbu yang lumayan enak. Sehingga akan menjadi masakan yang sangat praktis jika dalam kondisi darurat. Kamu hanya memanaskan sarden kalengan di atas kompor sebentar saja dan sudah dapat menikmati lezatnya sarden kalengan.

Pasti sebagian besar dari kita sudah mengetahui bahwa banyak sekali kandungan gizi yang ada di tubuh ikan. Memang paling mudah dan praktis memasak sarden kaleng yang memang dengan mudah bisa kita beli di toko kelontong ataupun minimarket dekat rumah. Tidak butuh banyak tambahan bumbu sarden, walaupun tetap harus memakai bumbu tambahan supaya hasilnya enak dan lebih lezat, sudah bisa kita masak, tetapi kalau dibandingkan dengan resep sarden ikan yang akan kita buat nanti pasti kalah enak. Selain itu, bumbu untuk membuat ikan sarden juga lebih komplet dan zat gizi, protein, omega 3 dan kandungan gizi lainnya lebih terjaga kalau kita masak sarden sendiri di rumah.

Cara memasak sarden kalengan jauh lebih praktis dan menghemat waktu dan tenaga. Selain enak dan praktis untuk dimasak, ikan sarden juga mengandung banyak protein yang baik untuk tubuh. Tapi karena makanan kalengan itu sebaiknya tidak sering dikonsumsi, jadi kamu hanya memasak sarden kalengan pada saat mendesak saja, misalnya ketika bangun sahur kesiangan atau buru-buru tapi harus membuat sarapan.

 

2 dari 4 halaman

Sarden akan lebih lezat jika dikreasikan dengan tambahan bumbu

Agar rasanya lebih enak, kamu biasanya berkreasi dengan olahan sarden. Sarden kalengan merupakan makanan kalengan dari olahan daging yang sudah diolah hingga matang dan lunak. Sehingga dalam pengelolaan atau memasak sarden, tidak diperlukan keterampilan khusus.

Selain itu dalam pengelolaannya pun tidak perlu ribet dan tidak memerlukan waktu yang lama. Cara memasak sarden agar sardennya terasa lebih enak dan lezat, kamu perlu menambahkan sedikit bumbu pada masakan sarden kamu.

Bagi kamu yang mau memasak sarden tapi masih bingung bagaimana cara mengelolanya. Berikut cara memasak sarden sederhana yang Liputan6.om rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (10/11/2018).

3 dari 4 halaman

Bahan cara memasak sarden:

1 kaleng sarden ukuran besar

2 buah bawang merah/ 1/2 bawang bombay (iris tipis)

1 siung bawang putih (iris tipis)

3- 5 buah cabe rawit atau merah (iris serong)

Garam & penyedap rasa secukupnya

Minyak goreng secukupnya

200 cc air (1 gelas)

4 dari 4 halaman

Cara memasak sarden kalengan yang gurih dan lezat:

1. Semua bumbu ditumis hingga layu dan harum.

2. Buka kaleng sarden dengan alat pembuka kaleng/pisau secara hati-hati dan tuangkan ke penggorengan & tambahkan air 200 cc. Jangan sering diaduk agar ikan tidak hancur.

3. Beri bumbu penyedap, garam masak hingga mendidih dan matang.

4. Siapkan piring untuk penyajian sarden.

5. Semua proses di atas bisa selesai kurang dari 15 menit lho, karena pada dasarnya ikan sarden (ikan kaleng) adalah ikan olahan yang sudah matang.