Sukses

6 Negara yang Andalkan MRT Sebagai Sarana Transportasi

Liputan6.com, Jakarta – Transportasi MRT atau Mass Rapid Transit merupakan salah satu angkutan cepat terpadu yang mengangkut lebih banyak penumpang. MRT terhubung dengan rel listrik otomatis tanpa masinis, sehingga dikendalikan di pusat kendali. MRT pertama di dunia ada di London Underground di tahun 1863.

Diberi nama Underground karena angkutan massal ini berada di bawah tanah. Di beberapa negara ada yang menyebutnya dengan Subway dan Metro Systems. Sampai tahun 2000-an ini, sudah banyak negara yang mengoperasikan MRT dengan sistem yang canggih dan modern, didukung fasilitas di setiap stasiunnya,

Jalur MRT pun beragam, ada yang di bawah tanah, maupun di atas konstruksi jalur layang atau di atas tanah. Seperti dilansir dari wikipedia, sampai dengan Desember 2017, sudah 178 kota di 56 negara di seluruh dunia yang mempunyai fasilitas MRT. Dan di Indonesia, tepatnya di Jakarta juga akan mempunyai MRT dalam waktu dekat ini.

Sampai saat ini jalur MRT terpanjang ada di Cina yaitu Shanghai Metro, sedangkan yang mempunyai stasiun terbanyak ada di New York City Subway, Amerika Serikat. Berikut sejumlah fakta menarik dari enam negara yang menggunakan fasilitas MRT di seluruh dunia, yang dilansir dari CNN International dan berbagai sumber lainnya.

2 dari 4 halaman

1. Inggris

Sistem MRT dari Inggris yang disebut The London Tube merupakan yang tertua di dunia yang awalnya hanya berupa kereta uap dan berada di bawah tanah. Saat ini, Tube melayani 270 stasiun dengan panjang rute keseluruhan 402 km.

2. Singapura

Angkutan cepat massal di Singapura ini membentang di seluruh penjuru negara ini. MRT Singapura atau disebut dengan Singapore Mass Rapid Transit (SMRT) dibuka pada 1987 dan merupakan angkutan cepat tertua di Asia Tenggara. SMRT melayani sampai sekitar 600 juta penumpang per tahun, dengan 113 stasiun, dan panjang total lintasan 152,9 km.

3 dari 4 halaman

3. Amerika Serikat

Fasilitas MRT yang paling terkenal di Amerika Serikat (AS) terdapat di New York yang disebut dengan NYC Subway atau MTA New York City Transit. Ini merupakan angkutan cepat terpadu terluas dan tertua di dunia.

Terdiri dari 468 stasiun dan masih jadi yang terbanyak di dunia. MTA Subway beroperasi 24 jam penuh, sesuai dengan julukan kota New York yaitu ‘Kota yang Tak Pernah Tidur’. NYC Subway pun jadi MRT yang tersibuk di dunia.

4. Jepang

MRT di Tokyo, Jepang, termasuk yang tercepat di seluruh dunia. Mereka mempunyai 102 jalur dan diperkirakan mengangkut 14 miliar penumpang per tahun. Tak hanya yang tercepat, MRT di Tokyo juga disebut-sebut yang terbaik dalam segala hal.

4 dari 4 halaman

5. Prancis

Di Paris, Prancis, MRT biasa disebut dengan Paris Metro yang mempunyai 245 stasiun dan terdiri dari 14 jalur hanya dalam jarak 87 kilometer persegi. Karena itu, ada anekdot kalau warga Paris tak suka berjalan kaki karena banyak tempat bisa ditempuh dengan menaiki MRT. Paris Metro mengangkut lebih dari 1,5 miliar penumpang per tahun dan termasuk lima besar yang tersibuk di dunia.

5. Korea Selatan

Di Korea Selatan, tepatnya di Seoul, mempunyai fasilitas terbaik di Asia bahkan di dunia. MRT di Seoul dijalankan oleh tiga perusahaan berbeda yang dua di antaranya dibiayai oleh negara, dan mengangkut hampir 7 juta penumpang dalam sehari yang terdiri dari 9 jalur.

Mereka punya banyak fasilitas yang membuat para penumpang MRT di Seoul merasa nyaman seperti layanan ponsel, Wi-Fi, dan dilengkapi dengan pesawat televisi serta pengatur suhu udara.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Dirut MRT: Rata-Rata Minta Tarif Rp 8.500 Setiap 10 Kilometer
Artikel Selanjutnya
Menhub: Proyek MRT Fase II dari Bundaran HI Sampai Ancol