Sukses

Didampingi Anies Baswedan, Jokowi Jajal MRT dari Bundaran HI ke Lebak Bulus

Presiden Jokowi jajal MRT dari Bundaran HI menuju Lebak Bulus didampingi Gubernur DKI Anies Baswedan. MRT ditargetkan beroperasi pada Maret 2019 dengan tarif Rp 8-9 ribu.

Liputan6SCTV, Jakarta - Presiden Jokowi mengikuti uji coba mass rapid transit atau MRT dari Bundaran HI menuju Lebak Bulus, Selasa pagi, 6 November kemarin. MRT yang ditargetkan mulai beroperasi Maret tahun depan itu bertarif antara Rp 8-9 ribu.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Rabu (7/11/2018), didampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Dirut MRT Jakarta William Syaabandar. Presiden berangkat dari Stasiun Bundaran HI menuju Stasiun Lebak Bulus sejauh sekitar 16 kilometer, dengan kecepatan rata-rata kereta 60 kilometer per jam.

Jokowi mengatakan, angkutan massal tersebut harus terintengrasi dengan moda angkutan lain sebagai salah satu langkah mengurai kemacetan di ibu kota, yang dibarengi dengan sejumlah kebijakan, di antaranya electronic road pricing, atau ERP.

Fase pertama, rute Stasiun Lebak Bulus-Bundaran HI, ditargetkan beroperasi pada Maret 2019 dengan tarif yang terjangkau.

Rencananya, pemerintah akan memulai pembangunan fase dua, rute Bundaran HI hingga Ancol, dan jalur pararel rute barat ke timur, pada 2019. Namun hal ini masih menunggu pembahasan dan persetujuan DPRD DKI Jakarta. (Galuh Garmabrata)