Sukses

Fakta-Fakta Menarik tentang Tampang Boyolali

Mulai dari alam, sampai manusianya sendiri, berikut sederet fakta untuk mengenal Boyolali lebih dekat.

Liputan6.com, Jakarta - Wajahnya boleh saja berada di bawah bayang nama-nama besar seperti Semarang, Solo, Magelang, bahkan Wonosobo. Namun, bukan berarti Boyolali tak memiliki keunikan tersendiri untuk Anda simak.

Wilayah yang diapit Gunung Merbabu dan Merapi ini diam-diam memiliki deretan fakta tak kalah menarik. Mulai dari potensi daerah, kuliner menggugah selera, sampai panorama yang cantiknya tak kalah dari tanah tertinggi di Jawa, semua ada di Boyolali.

Dikutip dari berbagai sumber, Senin (5/11/2018), berikut beberapa di antaranya.

Penghasil susu segar

Belum ke Boyolali kalau belum meneguk minimal segelas susu sapi segar. Ya, kawasan ini sudah lama terkenal sebagai penghasil susu sapi segar. Saking terkenalnya, Anda tak akan kesulitan menemukan deretan tempat nyusu di sepanjang jalan di seantero kota.

Format kafe, kedai pinggir jalan, sampai food truck, semua ada. Tinggal pilih saja mau yang mana. Dengan kualitas yang tak perlu diragukan, minuman satu ini tak akan membuat kantong Anda kering, lantaran harganya cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp 5 ribu.

Pusat kerajinan tembaga

Tak hanya susu segar, Boyolali juga terkenal lewat pusat kerajinan tembaga yang sebagian besar berada di Desa Tumang.

Mulai dari lampu hias, lampu gantung, hingga bathtub, semua ada. Kalau tengah berada di wilayah ini, jangan lupa mampir untuk melihat langsung prosesnya dan membawa pulang kerajian asli Boyolali.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mulai Dilirik Traveler

Sempat jadi anak bawang, perlahan Boyolali ikut menyemarakkan euforia traveling di beberapa tempat baru di Jawa. Memanfaatkan kecantikan alam yang begitu memanjakan mata, kawasan ini kemudian berhasil membuat tak sedikit pasang mata melirik.

Mulai dari Bukit Gancik yang memperlihatkan pemandangan spektakuler 360 derajat dengan Merbabu di satu sisi, sementara Merapi di sisi lain, sampai Kedung Goro, tempat Anda bisa berenang menikmati segar air terjun, semua menunggu untuk disambangi.

Kuliner yang tak kalah menggugah selera

Mengingat Boyolali, sebagian orang mungkin langsung terbayang lezat marning dan aambal tumpang yang menggugah selera. Ada satu lagi kuliner asli Boyolali yang tak hanya populer di kota tersebut, yakni soto seger.

Awalnya hanya merambah Yogyakarta, kedai yang menyajikan soto seger Boyolali akhirnya sampai juga di kota-kota lain, termasuk Jakarta. Sesuai dengan namanya, soto ini memiliki kuah cenderung bening dengan sensasi segar yang langsung pecah sejak suapan pertama, mau coba?

Rumah bagi sejumlah tokoh ternama

Potensi Boyolali tak hanya soal alam, namun juga manusianya. Ya, beberapa tokoh kenamaan nyatanya berasal dari wilayah penghubung Semarang dan Solo tersebut. Jenderal TNI Wiranto, salah satunya.

Tokoh militer berusia 71 tahun itu pernah menjadi ajudan Presiden Soeharto tahun 1987 hingga 1991. Di luar karier militernya, Wiranto juga sempat maju sebagai kandidat presiden bersama Salahuddin Wahid sebagai calon wakil presiden pada 2004.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.