Sukses

8 Cara Menghilangkan Komedo di Hidung dengan Cepat dan Aman

Liputan6.com, Jakarta Banyak sekali masalah yang bisa terjadi pada wajah, seperti jerawat, minyak berlebih, kulit wajah bersisik, bekas jerawat, wajah kusam, dan lainnya. Salah satu masalah wajah yang seringkali dialami oleh banyak orang adalah komedo. Meski kelihatan sepele, komedo bisa membuat orang menjadi kehilangan percaya diri. Jenis komedo ada banyak, ada komedo terbuka, komedo tertutup, mikrokomedo, makrokomedo, komedo raksasa, dan komedo solar.

Komedo sendiri merupakan sebuah benjolan atau papula kecil yang ada pada permukaan kulit. Perlu kamu tahu bahwa komedo juga termasuk dalam jenis jerawat namun yang ringan. Tidak hanya di wajah, komedo juga bisa terjadi di leher, dada, bahu, punggung, dan lengan. Komedo sendiri terjadi karena sel kulit mati dan minyak yang terkumpul pada ujung luar folikel rambut. Komedo nampak hitam karena kulit di atas komedo terbuka dan terpapar udara. Oleh karenanya perlu perawatan wajah khusus.

Bila kamu memaksa membersihkannya dengan memencet area yang berkomedo, maka akan menyebabkan luka dan iritasi pada kulit. Apalagi jika memencetnya dengan tangan kotor, luka dan iritasinya akan menjadi lebih parah bahkan menyebabkan peradangan. Bukannya membuat wajahmu tambah bersih, malah membuatnya semakin parah. Dirangkum liputan6.com dari berbagai sumber Jumat (19/10/2018), berikut tips menghilangkan komedo di hidung yang bisa kamu coba.

2 dari 9 halaman

1. Masker tanah liat

Masker tanah liat sering kali dianggap sebagai produk yang cocok untuk kulit berminyak. Hal itu berdasarkan pada manfaatnya yang dapat mengambil atau membuang kotoran, minyak, dan elemen lain dari pori-pori kamu. Selain itu, masker tanah liat menjadi alternatif cara menghilangkan komedo di hidung. Tidak hanya masker tanah liat, kamu juga bisa menggunakan masker arang yang cocok untuk mengeluarkan minyak, sel kulit mati, dan kotoran lainnya.

3 dari 9 halaman

2. Scrub oatmeal

Selama ini yang kita tahu, oatmeal hanya untuk sarapan. Namun, gandum juga menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan kulit, termasuk menghilangkan jerawat whitehead di hidung. Oatmeal mempunyai banyak manfaat bagi kulit karena kandungan lemak dan gulanya. Lemak dan gula polisakarida dari oatmeal dapat membantu melembapkan kulit kering.

Sementara itu, sebuah penelitian terbitan Journal of Drugs in Dermatology tahun 2010 menunjukkan bahwa kandungan avenanthramides dalam oatmeal dapat menghambat senyawa penyebab peradangan yang memicu timbulnya jerawat. Penelitian yang sama juga melaporkan bahwa avenanthramides dalam gandum membantu memerangi antihistamin sehingga membantu mengurangi rasa gatal pada kulit akibat jerawat. Caranya sebagai berikut:

1. Campurkan gandum dan yogurt dengan perbandingan 1:1.

2. Oleskan masker ke hidung.

3. Diamkan selama 10-15 menit

4. Bilas dengan air hangat

5. Ulangi penggunaan scrub oatmeal hingga beberapa kali setiap minggunya.

4 dari 9 halaman

3. Pasta Gigi

Cara menghilangkan komedo hitam di hidung yang pertama adalah menggunakan pasta gigi. Kandungan flouride pada pasta gigi sangat ampuh dalam menghilangkan blackheads dari hidungmu. Kamu bisa memilih pasta gigi yang memiliki kandungan mint, agar lebih menyejukkan dan menyegarkan di wajahmu.

Cara menghilangkan komedo hitam dengan pasta gigi sangatlah mudah dan murah. Pertama, jangan lupa untuk membersihkan wajah dan tanganmu terlebih dahulu. Kemudian oleskan pasta gigi pada bagian yang berkomedo sambil dipijat dengan perlahan.

Diamkan pasta gigi menempel pada wajahmu selama kurang lebih 15 menit. Bila sudah 15 menit, cuci wajahmu dengan bersih. Untuk hasil yang lebih maksimal, ulangi cara menghilangkan komedo hitam di hidung dengan pasta gigi ini dua kali seminggu.

5 dari 9 halaman

4. Scrub kopi dan gula

Cara menghilangkan komedo di hidung dengan cepat ini pun sangat mudah. Langkah pertama, bersihkan terlebih dahulu wajahmu, kemudian siapkan dua sendok makan bubuk kopi. Tambahkan sedikit demi sedikit air bersih ke dalam bubuk kopi hingga membentuk pasta.

Setelah itu, tambahkan satu sendok makan gula pasir. Aplikasikan campuran gula dan kopi tersebut secara merata pada area yang berkomedo. 

Gosok atau skrub secara perlahan selama dua menit agar komedomu hilang dari wajahmu. Untuk hasil yang lebih maksimal gunakan perawatan ini selama dua kali seminggu.

6 dari 9 halaman

5. Lemon

Asam sitrat dalam lemon terbukti bisa mengecilkan pori pori sehingga mencegah masuknya kotoran pada wajah. Selain itu, lemon juga mengandung alpha hydroxy yang mampu mengangkat sel kulit mati dan blackhead.

Cara menghilangkan komedo hitam di hidung dan pipi menggunakan lemon sangatlah mudah. Langkah pertama adalah memeras air lemon. Lalu oleskan pada hidung dan area lain yang berkomedo.

Diamkan selama kurang lebih 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Gunakan perawatan dengan buah ini sebanyak 3 kali dalam seminggu.

7 dari 9 halaman

6. Madu Manuka

Madu manuka memiliki pH rendah juga agen antibakteri yang dapat menghilangkan komedo. Selain itu, madu asal Selandia Baru ini juga mengandung asam amino dan sejumlah vitamin dan mineral yang ampuh mengangkat mengangkat sel-sel kulit mati dan menyeimbangkan pH kulit.

Cara menggunakannya pun mudah. Ambil sedikit madu dengan sendok bersih dan oleskan langsung ke permukaan kulit hidung, tentunya dengan tangan yang juga bersih. Diamkan selama 15-30 menit, dan bilas dengan air hangat. Ulangi pemakaian madu manuka beberapa kali dalam seminggu sampai hasilnya terlihat memuaskan.

8 dari 9 halaman

7. Kacang Kedelai

Bahan utama dari makanan tempe dan tahu ini ternyata bagus untuk kulit wajahmu. Kedelai kaya akan kandungan vitamin, protein, antioksidan, dan magnesium. Sifatnya sebagai antioksidan terbukti dapat mencegah penuaan dini, membuat wajah menjadi cerah, bersih dari komedo.

Cara menghilangkan komedo hitam di hidung memang agak sedikit ribet. Tetapi jangan menyerah, karena prosesnya yang ribet akan terbayarkan dengan hasil yang memuaskan.

Langkah yang pertama adalah merendam kedelai dalam air bersih selama satu hari. Kemudian pisahkan air rendaman dan kedelainya. Setelah itu blender sampai halus. 

Oleskan kedelai yang sudah diblender pada wajah yang berkomedo atau seluruh wajah. Diamkan selama 30 menit dan bersihkan dengan air hangat. Untuk hasil yang lebih maksimal, gunakan perawatan ini rutin 2 hari seminggu.

9 dari 9 halaman

8. Lidah buaya

Si hijau ini memang memiliki banyak manfaat untuk wajah. Sehingga banyak produk-produk kecantikan yang mengandung lidah buaya. Tak heran kini ada banyak produk dari Korea yang mengandung lidah buaya dan sangat populer di kancah internasional.

Tidak ingin membeli skincare impor yang mahal, kamu bisa membuatnya di rumah. Caranya sangat mudah, petik dan bersihkan daun lidah buaya secukupnya. Ambil gel yang ada di tengah menggunakan sendok atau tanganmu.

Setelah itu, oleskan secara merata pada area yang berkomedo. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air bersih. Kamu bisa menggunakan perawatan alami ini setiap hari.

Loading