Sukses

8 Trik Cerdas Tingkatkan Keterampilan Presentasi di Kantor

Liputan6.com, Jakarta Apakah Ada tipe pemalu dan tidak percaya diri saat berbicara di depan umum?  takut berbicara atau presentasi di depan umum memang seringkali menjadi hambatan bagi banyak orang. Telebih ketika terjun ke dunia kerja, Anda akan dituntut untuk lebih berani berbicara di depan umum entah dalam bentuk diskusi maupun presentasi. Meski mencoba untuk melarikan diri, tidak selamanya hal tersebut membuat Anda terlepas dari tanggung jawab jika tidak ingin karier di kantor berakhir dengan buruk.

Agar berhasil dalam setiap presentasi di kantor, tenyata Anda bisa mencoba beberapa trik cerdas ini agar keterampilan presentasi Anda semakin meningkat seperti yang dikutip dari Myfatpocket, Rabu (15/08/2018),

Jadi Diri Sendiri

Tidak ada yang lebih baik dibandingkan tetap berusaha menjadi diri sendiri,  jujur terhadap keadaan dan isi materi Anda. Presentasi akan sangat efektif ketika Anda berhasil menunjukkan emosi asli dibandingkan mencoba untuk menjadi percaya diri, padahal Anda tidak dalam posisi tersebut. Tidak ada salahnya membuat lelucon tentang betapa gugupnya Anda sehingga para audiens dapat memahami keseriusan dan usaha Anda untuk tampil maksimal di kantor.

Lelucon

Agar membuat suasana presentasi tetap hangat, sesekali tidak ada salahnya untuk melemparkan lelucon agar perhatian audiens tetap tertuju pada Anda. Apabila tidak memiliki keahlian dalam hal itu, Anda bisa membaca referensi dari beberapa komik dan buku komedi. Pastikan seluruh presentasi memiliki narasi yang kuat dan kohesif sehingga presentasi terlihat alami.

Alternatif Pendapat

Dalam presentasi, merupakan sesuatu yang biasa ketika ide Anda tidak sepenuhnya diterima oleh audiens. Oleh sebab itu, perlu bagi Anda untuk menyediakan opsi lain sehingga Anda tetap terlihat profesional dan meyakinkan mereka.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

2 dari 3 halaman

Ubah Menjadi Percakapan

Kebanyakan orang-orang harus mendengarkan presentasi yang membosankan dalam waktu yang cukup lama. Tidak ada salahnya untuk membuat presentasi tersebut menjadi percakapan dua arah sehingga lebih menyenangkan dan menutupi kegugupan Anda saat presentasi. Mintalah pendapat audiens dan usahakan agar mereka terlibat dalam presentasi tersebut.

Siapkan Energi

Satu lagi hal yang paling penting yag harus dipersiapkan sebelum Anda melakukan presentasi. Nutrsi yang cukup akan membantu Anda untuk tetap konsentrasi terhadap isi materi yang akan disampaikan. Jika tidak ingin mengkonsumsi makanan berat dan terlalu mengenyangkan, cobalah untuk mengkonsumsi pisang atau kacang-kacangan.

Hindari Stres

Saat berada di bawah tekanan, tubuh akan mengeluarkan banyak hormon kirtosol yang akan menghalangi kemampuan Anda untuk memproses informasi yang kompleks. Oleh sebab itu sangat penting untuk menghindari stres sebelum presentasi. Lalu bagaimana caranya?

Yang perlu dilakukan adalah berolahraga atau melakukan aktivitas fisik yang ringan dalam keseharian seperti berjalan kaki atau bersepeda.  

 

3 dari 3 halaman

Persiapkan kemungkinan terburuk

Sebelum memulai presentasi, Anda harus mempersiapkan kemungkinan terburuk dari apa yang disampaikan sehingga mampu menghindari pertanyaan yang di luar dugaan.

Latihan

Salah satu cara untuk menghindari terlalu banyak kesalahan dalam presentasi adalah berlatih atau mempraktekkan sendiri dirumah. Anda bisa berlatih didepan kaca atau orang-orang terdekat sehingga keterampilan akan semakin terasah.

 

*(Latifah Gusri)

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Ingin Karier Maju, Miliki 7 Kemampuan Dasar Ini
Artikel Selanjutnya
Kalau Punya Sifat ini, Anda Tak Cocok Jadi Pekerja Lepas