Sukses

Naik Kapal Pesiar Tetap Bisa Tidur Nyenyak, Ini 4 Tipsnya

Berikut ini adalah beberapa tips untuk tetap bisa tidur nyenyak ketika berpergian menggunakan kapal pesiar, penasaran?

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda belum pernah atau tidak terbiasa berpergian menggunakan kapal pesiar, mungkin kebiasaan tidur juga akan mengalami gangguan. Faktanya, berpergian menggunakan kapal pesiar bisa menjadi solusi untuk keluar sementara dari ketegangan sehari-hari dan beristirahat.

Dari pertemuan tim Liputan6.com dengan Dr. Michael Breus, seorang psikolog klinis, sekaligus dokter spesialis tidur, ada beberapa tips untuk tetap tidur nyenyak selama berada di atas kapal pesiar. Anda bisa mencobanya ketika merencanakan untuk berpergian menggunakan kapal pesiar dalam waktu dekat.

1. Memiliki jadwal tidur dan bangun yang konsisten

Aturlah jadwal tidur yang masuk akal untuk diri Anda sendiri, termasuk jadwal bangun. Setelah memiliki jadwal tidur, Anda harus rutin melakukannya.

Namun, bukan berarti Anda tidak bisa bersenang-senang saat liburan. Waktu terbaik untuk mengganti waktu tidur yang hilang di hari biasa adalah pada Sabtu pagi.

Jangan lakukan hal ini di hari Minggu pagi. Di hari Minggu, sebaiknya tidur siang selama 25 dan jangan lebih, karena Anda hanya akan terbangun dalam keadaan yang lebih lelah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips tidur nyenyak ketika berpergian menggunakan kapal pesiar

2. Jangan terlalu banyak makan dan minum

Hal yang paling diinginkan saat berpergian adalah menikmati kuliner khas daerah yang dikunjungi. Namun, hindari makan atau minum di waktu yang terlalu berdekatan dengan waktu tidur.

Khususnya kafein. Anda harus berhenti mengonsumsi kafein di jam 2 siang, karena kafein membutuhkan waktu selama 6 sampai 8 jam untuk dapat dicerna tubuh.

3 dari 3 halaman

Tips tidur nyenyak ketika berpergian menggunakan kapal pesiar

3. Menjaga fisik tetap aktif

Fisik yang aktif dapat membantu mempercepat transisi tubuh dan proses menuju tidur lelap. Sebaiknya, Anda menghindari melakukan olahraga 3 sampai 4 jam sebelum tidur, karena dapat menstimulasi pikiran dan tubuh, justru membuat sulit tidur.

4. Bersantai sebelum tidur

Ini adalah hal yang umum, Anda bisa memilih antara mandi air hangat atau membaca buku. Namun, hindari peggunaan alat elektronik karena cahaya birunya hanya akan menstimulasi otak untuk tetap terjaga. Masih khawatir sulit tidur saat berada di atas kapal pesiar?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.